Selasa, 30 Nov 2021
Radar Bali
Home / Dwipa
icon featured
Dwipa

Bupati Karangasem Dorong Warga Positif Untuk Jalani Isoter di Desa

18 Oktober 2021, 15: 45: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

Bupati Karangasem Dorong Warga Positif Untuk Jalani Isoter di Desa

Bupati Karangasem I Gede Dana (Dok Radar Bali)

Share this      

AMLAPURA-Bupati Karangasem I Gede Dana mendorong agar warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 bisa melakukan isolasi terpusat (isoter) di tempat-tempat yang telah disiapkan di tingkat desa.

Isoter di tingkat desa perlu dilakukan untuk menekan terjadinya penularan virus yang lebih meluas.

Mengingat jumlah atau angka warga yang kini terkonfirmasi positif Covid-19 terus mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Baca juga: 1039 Rumah dan 111 Tempat Ibadah Rusak, Korban Gempa Akui Masih Trauma

“Sudah semakin terkendali,”terang Bupati Gede Dana belum lama ini.

Lebih lanjut, bupati yang sebelumnya pernah menjabat sebagai ketua DPRD Karangasem ini memiliki alasan mengapa masyarakat yang terkonfirmsi positif diimbau untuk tetap menjalani Isoter di tingkat desa.

Pertama selain karena pihak hotel tidak mau untuk menerima satu atau dua orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan alasan rugi, juga karena alasan isoter dinilai murah dan efektif

“Jadi, nanti semisal ada satu desa ada warga masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka petugas akan menyediakan tempat kosong untuk melaksanakan isolasi terpusat,” kata Gede Dana.

Dia menambahkan, penanganan bisa juga dengan cara lain, yakni anggota keluarga yang terkonfirmasi positif Covid-19 melakukan isolasi di rumah. Sedangkan anggota keluarga yang sehat tinggal dulu untuk beberapa lama di rumah kerabat terdekat.

Selanjutnya, dengan menurunnya jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam beberapa pekan ini, Gede Dana berharap warga atau masyarakat tetap disiplin menerapkan protocol kesehatan (prokes) dengan selalu memakai masker dengan benar, menjaga jarak/tidak melakukan kerumunan, dan rutin mencuci tangan dengan sabun.

Sehingga dengan terus disiplin menerapkan prokes, selain kasus terkonfirmasi positif Covid bisa ditekan, Kabupaten Karangasem juga secepatnya bisa menjadi zona hijau.

“Terkait syarat-syarat untuk menjadi zona hijau itu, Dinas Kesehatan yang lebih tahu. Tapi saya berharap dengan terus menurunnya jumlah warga yang terkonfirmasi positif, Kabupaten Karangasem akan turun menjadi zona hijau,” tukas Dana berharap. (zulfika Rahman/didik dwi praptono)

(rb/zul/pra/JPR)




 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia