Selasa, 30 Nov 2021
Radar Bali
Home / Dwipa
icon featured
Dwipa
Penolakan Ranperda APBD Tabanan 2022

Ditolak Golkar dan Nasdem, Ketua DPRD Tabanan: Itu Hak Mereka!

25 November 2021, 14: 15: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

Ditolak Golkar dan Nasdem, Ketua DPRD Tabanan: Itu Hak Mereka!

Ketua DPRD Tabanan, I Made Dirga. (JULIADI/ RADAR BALI)

Share this      

TABANAN – Adanya penolakan Fraksi Golkar dan NasDem di DPRD Tabanan yang menolak penetapan rancangan Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) 2022 akhirnya disikapi Ketua DPRD Tabanan, I Made Dirga, Rabu (24/11). Dirga pun menyatakan itu hak mereka menolak Ranperda Tabanan 2022.

Dirga mengaku bahwa sikap politik kedua fraksi itu merupakan hak dan sah-sah saja. Apapun alasannya. Yang jelas, kata Dirga, proses pembahasan rancangan APBD telah dijalankan sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku.

Politikus dari Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, itu pun menjelaskan, pembahasan Ranperda 2022 sudah melewati seluruh rangkaian yang diatur. Dimulai dari pidato pengantar bupati, kemudian dijawab dengan pandangan fraksi-fraksi.

Baca juga: Terkait Zero Wisatawan Asing ke Bali, Ini Kata PT Angkasa Pura I

"Termasuk NasDem dan Golkar sudah. Kenapa setuju untuk melanjutkan pembahasan sesuai mekanisme," bebernya.

Setelah pandangan umum fraksi, ada tanggapan bupati. Setelah itu pembahasan dalam rapat kerja antara Badan Anggaran dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

"Di rapat banggar membahas dua hal. Pendapatan dan belanja. Dalam pembahasan mereka menyetujui untuk ditetapkan. Itu bagaimana," jelasnya seraya merunut tahapan-tahapan pembahasan yang sudah dilakukan.

Bahkan pembahasan di tingkat banggar, menurutnya, disampaikan lagi di dalam rapat paripurna internal sebelum digelar sidang paripurna. Diawali dengan rapat komisi-komisi dan dilanjutkan dengan rapat fraksi-fraksi.

"Kenapa di pandangan komisi-komisi semua menyetujui? Mestinya harus ada yang bicara dahulu memang ada masalah. Kan di sana? Kenapa di komisi-komisi menyetujui? Begitu juga di fraksi-fraksi," tegasnya.

Kemudian menjelang sidang paripurna tiba-tiba, lanjut Dirga, ada penolakan. Pihaknya selaku pimpinan dewan tentu tidak serta-merta bisa mengakomodasinya.

Karena kedua fraksi tersebut menolak, tentu pihaknya menjalankan mekanisme pengambilan keputusan melalui voting.

"Karena ditolak, tidak bisa menetapkan musyawarah mufakat, ya, kami tetapkan dengan suara terbanyak," lanjutnya lagi.

Dari daftar hadir, lanjutnya, sidang itu dihadiri 35 anggota, lima absen. Dari 35 anggota yang hadir, 29 setuju, 6 menolak.

Tak heran bila yang setuju lebih banyak. Karena dari 40 kursi di DPRD Tabanan, 28 kursi dimiliki PDIP. Sedangkan Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya merupakan ketua DPC PDIP Tabanan.

Karena itu, pihaknya tidak mempersoalkan sikap politik kedua fraksi tersebut. "Itu hak mereka menolak. Entah apa pun alasannya," tandasnya.

Seperti diketahui pengesahan ranperda tentang anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2022 di Kabupaten Tabanan mendapat penolakan dua fraksi di DPRD Tabanan.

Penolakan dua fraksi itu termuat dalam pandangan fraksi Golkar dan Fraksi Nasdem. Hanya Fraksi PDIP yang menyetujui.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Fraksi Golkar I Made Asta Dharma dan Ketua Fraksi Nasdem Ida Ayu Ketut Candrawati.

Ada beberapa pertimbangan yang mendasarkan Fraksi Golkar menolak. Di antaranya proses perencanaan dan penganggaran harus sesuai peraturan perundang-undangan. Usulan dalam proses perencanaan harus berasal dari masyarakat melalui Musrembang dan perencanaan dan pengangaran berasal dari perangkat daerah dan anggota DPRD berupa pokok-pokok pikiran hasil reses disampaikan sebelum RKPD ditetapkan dan mengacu pada rencana pembangunan jangka menengah daerah.

“Dengan tidak ada kejelasan yang pasti tentang pokok-pokok pikiran dari fraksi Golkar DPRD Tabanan yang tidak diakomodir soal pandangan RAPBD tahun anggaran 2022. Kami tegas menolak pengesahan ranperda tentang anggaran pendapatan belanja daerah tahun anggaran 2022 di Kabupaten Tabanan,” tegas Ketua Fraksi Golkar I Made Asta Dharma.

(rb/jul/yor/JPR)




 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia