Selasa, 30 Nov 2021
Radar Bali
Home / Metro Denpasar
icon featured
Metro Denpasar

Menarik, KPU Badung Validasi Data Pemilih hingga Kuburan

12 Oktober 2021, 03: 15: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

Menarik, KPU Badung Validasi Data Pemilih hingga Kuburan

KPU Badung saat koordinasi dengan pihak Taman Makam Umat Kristiani, Mumbul, Nusa Dua, Kuta Selatan belum lama ini. (Istimewa)

Share this      

MANGUPURA - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) masih lama, tahun 2024. Namun, KPU Badung sudah melakukan berbagai persiapan yakni validasi data pemilih.

Yang menarik, validasi data pemilih dilakukan sampai menyasar ke tempat pemakaman. Hal ini dilakukan untuk memastikan jumlah pemilih yang ada di kabupaten Badung, Bali.

Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta mengakui untuk Pilkada 2024 jadwal hari dan tanggal pelaksanaan belum ditentukan oleh KPU pusat. “Namun dari KPU proses pendataan pemilih menjadi program berkelanjutan,” kata Semara Cipta, Senin kemarin (11/10).

Baca juga: Kiprah 59 Tahun Fakultas Peternakan Universitas Udayana

Semara Cipta mengatakan, KPU Badung juga melakukan berbagai gebrakan dalam validasi data. KPU sampai melakukan pendataan ke Taman Makam Umat Kristiani, Mumbul, Nusa Dua, Kuta Selatan. "Jadi kami sampai koordinasi ke Pemakaman Mumbul untuk memastikan pemilih yang meninggal kita minta datanya dan sandingkan dengan data yang kita miliki, “ jelas pria yang akrab disapa Kayun ini.

Selain itu petugas juga turun ke tingkat Desa Adat. Salah satunya ke Desa Adat Jimbaran dan Darmasaba untuk validasi data. “Setiap tiga bulan sekali kita lakukan pleno pemutakhiran data pemilih,” beber pria asal Banjar Cabe, Darmasaba ini.

Sebelumnya petugas juga ke sekolah-sekolah  untuk mendata pemilih pemula. Siswa 17 tahun bisa mengisi linknya dan dibawah 17 tahun juga dipersiapkan. “Jadi kita punya data basenya,” tegasnya.

Sementara hasil pleno pemutakhiran data pada 28 September 2021. Yakni terdapat pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 3.179 pemilih dengan kategori meninggal dunia sebanyak 1.702 pemilih dan pindah domisili 1.477 pemilih, perbaikan elemen data sebanyak 3 pemilih dan tidak terdapat penambahan pemilih baru.

Adanya perubahan data pemilih ini menyebabkan jumlah total pemilih pada PDPB bulan September 2021 menjadi 360.083 pemilih dari sebelumnya 363.262 pemilih pada penetapan PDPB bulan Agustus 2021.

“ Pendataan terus berkelanjutan dan ini bentuk upaya kami di KPU untuk menvalidasi data pemilih,” pungkasnya.

(rb/don/dwi/yor/JPR)




 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia