Selasa, 30 Nov 2021
Radar Bali
Home / Radar Buleleng
icon featured
Radar Buleleng
Dari Penerapan Parkir Elektronik di Pasar

Pendapatan Langsung Melonjak, Sehari Rp 7 Juta

10 Oktober 2021, 00: 15: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

Pendapatan Langsung Melonjak, Sehari Rp 7 Juta

Penerapan parkir elektronik di Pasar Banyuasri. (Eka Prasetya/Radar Bali)

Share this      

SINGARAJA– Pendapatan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Argha Nayottama Buleleng langsung melonjak, sejak menerapkan parkir elektronik. Pendapatan dari sektor parkir langsung melonjak hingga 70 persen.

Sejak Jumat (1/10) pekan lalu, Perumda Pasar menerapkan sistem parkir elektronik di Pasar Banyuasri. Penerapan itu dilakukan untuk efisiensi sumber daya pengelola parkir, sekaligus mencegah kebocoran yang berpotensi terjadi.

Dirut Perumda Pasar Argha Nayottama, Made Agus Yudiarsana mengatakan, pihaknya telah melakukan evaluasi penerapan parkir elektronik. Selama sepekan terakhir, pendapatan parkir mengalami lonjakan hingga 70 persen.

Baca juga: Penerbangan Internasional Dibuka, Pemkab Optimistis PHR Bisa Digenjot

“Awalnya kami pakai manual, pendapatannya paling hanya berkisar antara angka Rp 2,5 juta sampai Rp 4 juta per hari. Angka Rp 4 juta itu sudah maksimal sekali,” kata Agus Yudi.

Setelah menerapkan parkir digital, ternyata pendapatan langsung melonjak tajam. Pendapatan parkir kini mencapai Rp 7 juta per hari. Pendapatan itu hanya didapat dari pengunjung pasar. Sementara karyawan pasar di Unit Banyuasri, ojek, dan pedagang, diberikan kartu akses khusus.

Menurutnya kenaikan terjadi karena areal parkir telah dilengkapi portal otomatis. Sehingga masyarakat lebih disiplin saat membayar parkir. Selain itu petugas yang dikerahkan menjaga pintu masuk juga semakin sedikit.

“Kalau dulu kan ada yang nyelonong masuk. Pura-pura jadi pedagang. Ada yang masuk lewat pintu belakang. Sekarang semua kami pasangi gate elektronik. Sedangkan pedagang kami beri kartu akses. Jadi semuanya lebih tertib, dan pendapatan kami ternyata bisa meningkat,” tegas Agus Yudi.

(rb/eps/don/yor/JPR)




 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia