Rabu, 26 Jan 2022
Radar Bali
Home / Radar Jembrana
icon featured
Radar Jembrana

Warga di Jembrana Kecewa, Sudah Datang ternyata Stok Vaksin Kosong

05 Agustus 2021, 13: 15: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

Warga di Jembrana Kecewa, Sudah Datang ternyata Stok Vaksin Kosong

Warga di Jembrana datang untuk vaksinasi kedua, Rabu (4/8). Namun mereka karena stok vaksin Sinovac kosong. (RADAR BALI)

Share this      

NEGARA – Warga yang akan menjalani vaksin dosis kedua yang dipusatkan di kantor desa di Jembara, Rabu (4/8) kecewa karena ternyata vaksinasi dosis kedua yang sudah dijadwalkan di beberapa desa ditunda.

Penyebabnya, vaksin dosis kedua untuk jenis vaksin Sinovac kosong. Padahal warga sudah datang sesuai dengan jadwal vaksin kedua yang telah ditentukan.

Kondisi tersebut terjadi di beberapa desa yang sudah dijadwalkan untuk vaksinasi dosis kedua. Seperti di Desa Pohsanten, Desa Yehembang, Desa Budeng dan Desa Perancak. 

Baca juga: Disapu Hujan dan Angin Kencang, Satu Rumah di Mendoyo Ambruk

Karena vaksin sinovac untuk dosis keduanya, maka warga yang sudah datang ke tempat vaksinasi terpaksa harus pulang dan menunggu jadwal ulang setelah vaksin datang.

Kepala Dinas Kesehatan Jembrana I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata mengatakan, vaksinasi dosis kedua untuk warga yang sudah menjalani vaksin pertama Sinovac, memang ada kendala stok sejak Senin (2/8) lalu.

Karena itu, warga yang dijadwalkan vaksin dosis kedua di beberapa desa yang sudah dijadwalkan untuk sementara ditunda.

“Hanya vaksin dosis kedua yang dengan vaksin sinovac saja yang ditunda di beberapa desa,” jelasnya.

Vaksin Sinonac sementara diutamakan untuk dosis pertama bagi usia di atas 12 tahun atau pelajar yang jumlahnya lebih banyak. Sambil lalu vaksin dosis kedua masyarakat umum yang sudah menjalani vaksinasi dosis pertama.

Parwata memastikan warga yang sudah dijadwalkan untuk dosis kedua, tetap akan divaksin. Karena, Dinas Kesehatan Provinsi Bali Rabu (4/8) sudah mendistribusikan vaksin Sinovac sebanyak 15 ribu dosis.  

“Besok (Kamis, 5/8) sudah bisa vaksin keduanya. Karena tadi sudah ada kiriman stok lagi dari provinsi,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Parwata menyampaikan bahwa vaksinasi dosis pertama untuk seluruh target sasaran di Jembrana sebanyak 230.654 orang sudah mencapai 88 persen.

Percepatan vaksinasi dosis pertama ini salah satu upaya untuk mewujudkan kekebalan kelompok. Sehingga, vaksinasi masih terus digelar di setiap fasilitas kesehatan dan desa yang sudah dijadwalkan.

“Kami mengajak masyarakat untuk vaksinasi di tempat-tempat yang sudah dijadwalkan,” terangnya.

(rb/bas/yor/JPR)


 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia