Selasa, 30 Nov 2021
Radar Bali
Home / Ekonomi
icon featured
Ekonomi
Pengabdian Masyarakat

MDK Poltekpar Bali Genjot SDM Agar Turis Betah ke Desa Bedulu

18 Oktober 2021, 13: 45: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

MDK Poltekpar Bali Genjot SDM Agar Turis Betah ke Desa Bedulu

DESA SEJAHTERA: Prodi Manajemen Divisi Kamar Politeknik Pariwisata Bali sukses jalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Desa Bedulu, Gianyar. (Istimewa)

Share this      

GIANYAR, Radar Bali- Program Studi Manajemen Divisi Kamar (Prodi MDK) Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Desa Bedulu, Gianyar.

Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Prodi MDK berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pariwisata, khususnya bagi karyawan maupun masyarakat yang bekerja di bidang kantor depan dan tata graha sehingga mampu bersaing di era globalisasi.

Peningkatan sumber daya manusia ini dilakukan melalui sosialiasi bidang divisi kamar di Desa Bedulu. Sosialiasi yang berlangsung, Senin (18/10) hingga Selasa (19/10) mengusung tema “Sosialisasi Layanan Divisi Kamar Bagi Masyarakat Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar”.

Baca juga: Guru Besar UIN Harap Partai Golkar Angkat Isu Pendidikan

Desa Bedulu merupakan salah satu desa kuno dan unik di Gianyar dan pernah menjadi pusat pemerintahan di Bali pada Dinasti Warmadewa.

Desa Bedulu memiliki banyak peninggalan sejarah dan purbakala seperti Goa Gajah, relief Yeh Pulu, Candi Tebing dan Pura Samuan Tiga serta sumber daya alam berupa Sungai Pekerisan yang ditetapkan menjadi warisan dunia serta Sungai Petanu yang terkait dengan keberadaan Kerajaan Bedulu.

Di samping itu, Desa Bedulu terdapat banyak sarana akomodasi seperti hotel, homestay, maupun villa.

Putu Gede Eka Darmaputra, S.E., M.Si. selaku Koordinator Program Studi MDK menyampaikan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa sosialisasi layanan divisi kamar.

Materi disampaikan oleh para dosen Prodi MDK Poltekpar Bali. Di antaranya terkait pelayanan prima di divisi kamar, kantor depan (operasional pemesanan kamar), housekeeping pembersihan area umum, housekeeping penyiapan ruangan, dan housekeeping florist.

Pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan pemahaman lebih detail mengenai lingkup layanan divisi Kamar, pengetahuan dasar front office, serta pengetahuan dasar housekeeping pada sarana akomodasi kepada masyarakat di Desa Wisata Bedulu.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan sosialisasi kegiatan florist, kegiatan penyiapan ruangan, pembersihan ruangan, kegiatan penerimaan tamu, dan pemesanan kamar kepada masyarakat di Desa Wisata Bedulu.

Dr. Luh Yusni Wiarti, Wakil Direktur 3 Poltekpar Bali menegaskan Poltekpar Bali merupakan sebagai salah satu pentahelix pembangunan pariwisata Bali wajib berperan serta dalam meningkatkan kualitas SDM pariwisata.

 “Dalam situasi pandemi, bukan berarti kita berdiam diri, melainkan harus bersiap dengan cara menambah pengetahuan salah satunya di bidang layanan divisi kamar,” tegas Dr. Wiarti.

Sementara itu, Bendesa Adat Desa Bedulu, Ketut Reman menyampaikan terima kasih kepada Prodi MDK Poltekpar Bali yang memberikan sosialisasi kepada masyarakat Desa Bedulu. Ia berharap para peserta dapat mengikuti sosialisasi dengan baik.

Hal senada juga disampaikan oleh Putu Ariawan. Ia mengapresiasi Prodi MDK Poltekpar Bali yang bersedia berbagi ilmu dengan masyarakat Desa Bedulu.

Dalam sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Perbekel Desa Bedulu dan diikuti oleh 30 peserta ini, Dewa Gede Dwipayana mengungkapkan rasa antusiasnya karena ilmu yang didapat bermanfaat bagi pengembangan usahanya.(rba)

(rb/ken/pra/JPR)




 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia