alexametrics
26.8 C
Denpasar
Monday, June 27, 2022

Mengenal Software Akunting, Manfaat, Tujuan, dan Rekomendasinya

DENPASAR, radarbali.id – Aplikasi komputer atau yang lebih dikenal dengan perangkat lunak (aplikasi) memiliki berbagai macam bentuk. Ada yang digunakan untuk mengedit foto seperti photoshop dan lainnya.

Software akunting sendiri adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memudahkan pencatatan dan aktivitas lain dari akuntansi.

Namun, masih banyak yang belum paham mengenai Pengertian dan Manfaat Software akunting bagi perusahaan. Berikut ini kami mencoba untuk merangkumnya.

Software akunting ini memanfaatkan konsep modularitas dimana serangkaian aktivitas yang serupa diubah kedalam modul-modul yang spesifik.

Seperti misalnya pembelian (account payable), penjualan (account receivable), penggajian, buku besar dan lainnya.

Perusahaan besar biasanya memiliki bagian sendiri untuk mengembangkan software akunting ini.

Namun tidak jarang perusahaan ataupun UKM yang menggunakan pihak ketiga untuk mendapatkan software akunting.

Pihak ketiga ini menyediakan aplikasi yang akan digunakan sering kali juga perusahaan tersebut bekerja sama dengan pihak ketiga tadi.

Berbicara jenisnya sendiri, software akunting sendiri dapat terdiri dari software akunting paketan, custom ataupun hingga menjadi aplikasi ERP.

Karena perbedaan lingkup penggunaan aplikasi ini seperti perusahaan hingga UKM maka kompleksitas dan kapabilitas aplikasi ini pun bermacam-macam tergantung lingkungan perusahaan atau UKM yang akan menggunakan.

Manfaat dan Kegunaan Software Akunting

1.           Meningkatkan Produktivitas Akuntan

Dengan adanya dukungan teknologi informasi berupa software akunting, maka kinerja akuntan juga akan lebih cepat. Dalam kata lain, aplikasi ini mampu meningkatkan produktivitas karyawan yang pastinya akan berdampak positif bagi perusahaan.

Seperti misalnya ketika akuntan hendak mencatat laporan dalam buku, maka sekarang tidak perlu lagi menyiapkan buku-buku yang menumpuk. Karena semua itu akan dikelola secara otomatis dengan satu kali ‘klik’ lewat software akunting.

2.           Keamanan Data

Seluruh data pada perusahaan, mulai dari data karyawan, data keuangan, data penjualan dan riwayat transaksi adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh tersebar ke publik yang tidak bersangkutan.

Oleh karena itu dengan menggunakan program accounting ini, seluruh data tersebut akan tersimpan ke dalam file server. Dan dalam mengaksesnya pun Anda memerlukan kode tersendiri sehingga data-data tersebut jauh lebih aman.

3.           Meminimalisir Biaya

Umumnya dalam satu perusahaan, apabila ingin mengelola data keuangan dengan baik, akan dibutuhkan lebih dari 3 orang akuntan. Hal itu pastinya cukup membebani perusahaan dari segi pembayaran gaji.

Namun dengan menggunakan software akunting, seluruh pekerjaan yang rumit itu bisa dikerjakan dengan lebih mudah. Pendataan akan berjalan secara otomatis dan kinerja akuntan juga lebih minim, sehingga Anda bisa mempekerjakan satu atau dua akuntan saja.

4.           Proses Bisnis Lebih Mudah

Kesalahan dalam memasukkan data adalah hal yang paling dihindari dalam perusahaan. Walau terkesan remeh, tetapi kesalahan kecil seperti ini bisa membebai keberhasilan bisnis.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan software akunting karena program ini akan mencatat data dengan valid dan sangat minim kesalahan.

Dengan pendataan yang tepat, produktivitas perusahaan pastinya akan meningkat. Dan penyerapan tenaga sumber daya manusia di perusahaan juga bisa dimaksimalkan untuk sektor lainnya.

Sehingga secara tidak langsung iklim organisasi perusahaan juga akan membaik dan hal ini sangatlah positif bagi kemajuan perusahaan.

Tujuan Software Akunting

Tujuan dan manfaat paling besar dari software akunting ini adalah membantu akuntan untuk menghasilkan laporan akuntansi keuangan seperti Neraca (Balance Sheet), Rugi Laba (Profit Lost Statement), Cash Flow dan Laporan Akhir Keuangan.

Laporan tersebut diperoleh dari langkah awal seperti menyusun perkiraan atau account atau ledger atau buku besar.

Setiap ledger ini kode dan nama tertentu yang biasa digunakan serta memiliki pos-pos yang jelas dalam posisi laporan keuangan seperti misalnya pos ledger untuk Neraca, rugi laba, biaya fabrikasi dan manufaktur (pabrik).

Nah jika kita menggunakan software akunting hal-hal yang diatas tadi dapat dilakukan dengan sangat cepat sehingga menghemat waktu.

Bayangkan misalnya untuk laporan keuangan sebuah perusahaan besar dilakukan secara manual yang rentan kesalahan dan juga lama tentu akan sangat kerepotan.

Rekomendasi Software Akunting Terbaik

  1. Jurnal by Mekari

Rekomendasi software akuntansi terbaik yang pertama adalah Jurnal by Mekari. Ya, software akuntansi adalah salah satu dari sejumlah software yang ditawarkan Jurnal untuk memudahkan pengelolaan keuangan perusahaan/bisnis di segala sektor.

Jurnal telah dikenal banyak perusahaan/pebisnis kecil, menengah maupun atas di Indonesia. Memang, semua software yang ditawarkannya, termasuk software di bidang akuntansi.

Software ini dirancang dengan memperhatikan kebutuhan sebagian besar perusahaan/pebisnis di Indonesia. Ini-lah salah satu keunggulan software karya anak bangsa dibandingkan besutan luar negeri.

Selain itu, sedikitnya ada enam keunggulan yang akan Anda peroleh jika menggunakan Jurnal by Mekari, di antaranya: bisa diakses di perangkat yang berbeda karena berbasis cloud, cek laporan keuangan secara real-time kapan dan di mana saja, ada 11 jenis faktur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, cek jumlah inventory secara real-time kapan dan di mana saja, mudah dalam pencatatan bukti transaksi dan tersedia modul manajemen aset yang mumpuni.

Dijamin deh, urusan akuntansi bakal lebih mudah dengan software terbaik di Indonesia besutan Mekari ini. Bagi Anda yang belum menggunakan software akuntansi, yuk migrasi ke Jurnal by Mekari.

Apa saja yang mampu diberikan oleh aplikasi pencatatan keuangan satu ini? Jawabannya cukup bervariasi, tetapi di sini Anda tidak hanya mendapatkan alat bantu untuk mencatat keuangan perusahaan, melainkan juga inventarisnya.

Terlebih lagi, semua itu bisa diakses dengan akurat dan real-time tanpa perlu repot diperbarui secara manual oleh karyawan.

Jurnal by Mekari adalah model transformasi perangkat lunak akuntansi yang berjalan beriringan dengan perkembangan zaman.

Kecanggihan teknologi memang mau tidak mau memaksa manusia untuk menjalankan berbagai macam aktivitas secara daring. Kemudian, orisinalitas aplikasi ini terjamin dimana telah banyak digunakan oleh akuntan profesional.

Beberapa keuntungan spesifik yang bisa Anda peroleh antara lain mengurangi kesalahan pencatatan manual oleh karyawan, melacak dan memonitoring transaksi online, merekonsiliasi akun bank pada laporan pembukuan, hingga membuat invoice relatif lebih cepat karena telah diotomatisasi.

Hal-hal di atas pada akhirnya akan menciptakan kepuasan pelanggan yang berpotensi mempercepat laju perkembangan bisnis Anda.

Jika pelanggan merasa puas terhadap suatu merek, maka tinggal menunggu waktu saja hingga mereka bersedia memberikan loyalitas.

Karena itu, alih-alih Anda repot mencari aplikasi serupa lainnya, akan lebih mudah jika segera berlangganan Jurnal by Mekari, mengingat tarifnya saat ini masih terbilang bersahabat. Jangan sia-siakan kesempatan dan segera raih beragam manfaatnya!

  1. Fresh Books

Selanjutnya jika ingin memperoleh alternatif lain yang tidak kalah menarik, maka dapat juga mempertimbangkan penggunaan Fresh Books.

Aplikasi ini mendukung pencatatan keuangan perusahaan baik pemasukan hingga pengeluaran secara tepat dan akurat.

Sehingga tim keuangan perusahaan dapat melakukan pencatatan secara optimal dengan efektif dan efisien.

Belum lagi manfaat perhitungan otomatis yang meminimalkan resiko terjadi kesalahan akibat input keuangan perusahaan secara manual. Sehingga dapat menjamin akurasi informasi yang diberikan terkait kondisi keuangan perusahaan tersebut.

Fresh Books juga kompatibel untuk digunakan dengan Windows. Selain itu tampilannya juga sederhana dan tidak sulit untuk dipahami baik untuk para akuntan pemula sekalipun.

Sehingga tidak mengherankan jika aplikasi ini termasuk yang paling banyak digemari oleh berbagai perusahaan yang tersebar di dunia.

Belum lagi fitur integrasi invoice yang sangat membantu perusahaan dalam membuat invoice hingga melakukan penagihan invoice dan menerima pembayarannya.

Semua terintegrasi dengan baik sehingga memudahkan perusahaan melakukan pengaturan terkait dengan hal invoicing tersebut.

  1. Wave

Wave adalah software akuntansi yang bisa diakses selama terkoneksi dengan internet. Yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs tersebut dan menggunakan email Anda untuk mendaftar akun baru.

Tidak perlu mendaftar dengan kartu kredit, karena program ini dapat digunakan secara gratis tanpa batasan apapun.

Setelah mendaftar, Anda dapat menikmati fitur-fiturnya yang keren. Misalnya pembayaran tagihan otomatis, kwitansi pembayaran dan pembukuan untuk melacak pemasukan dan pemasukan.

Anda dapat menghubungkan akun Wave Anda dengan rekening bank dan dompet digital yang tersedia. Bahkan satu akun dapat digunakan untuk beberapa bisnis.

  1. Zipbooks

Software akuntansi yang patut mendapat perhatian adalah Zipbooks. Program ini dirancang untuk membantu mengelola aliran keuangan perusahaan, membuat faktur, dan menerima pembayaran konsumen melalui PayPal dan kartu kredit.

Tentu saja, versi gratisnya masih terbatas. Beberapa fitur lanjutan tidak tersedia tanpa berlangganan.

Aplikasi ini membutuhkan koneksi internet untuk mengakses akun Anda. Keuntungannya adalah semua data disimpan di cloud, bahkan jika ada masalah dengan komputer Anda, itu tidak akan hilang.

  1. Manager

Bagi yang sedang mencari software akuntansi offline bisa mencoba Manager. Ini adalah perangkat lunak open source.

Agar legal tentunya tidak perlu menggunakan bantuan program cracking yang biasanya mengandung virus atau malware berbahaya.

Manajer memiliki banyak fungsi yang sangat membantu para pebisnis. Hanya saja UI-nya sangat basic dan lebih cocok untuk orang yang mahir dalam HTML.

Aplikasi ini juga menyediakan layanan cloud berbayar bagi yang ingin melindungi data selain menyimpan data.

Keuntungan lainnya adalah setelah proses instalasi berhasil, Anda dapat mengakses produk tanpa koneksi internet. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sulitnya Pengelola untuk terhubung ke rekening bank.

  1. Akaunting

Perusahaan jasa software akuntansi ini selalu berada di halaman pertama halaman pencarian. Tidak perlu membayar sepeserpun untuk mengakses dan menggunakan akun.

Beberapa fungsi dasar dapat membantu Anda melakukan pembukuan, manajemen tagihan, dan pembuatan faktur.

Ada beberapa keunggulan yang hanya bisa digunakan ketika Anda berlangganan layanan pihak ketiga, yaitu fungsi pembayaran online untuk pelanggan.

Jika ini bukan masalah bagi Anda, mengunduh dan menggunakan perangkat lunak akuntansi gratis seperti Akunting tidak menjadi masalah.

  1. SlickPie

Versi gratis dari perangkat lunak akuntansi perusahaan jasa mencakup pembuatan faktur tanpa batas dan dukungan email untuk menjadikan bisnis Anda lebih profesional.

Satu akun dapat digunakan untuk 10 perusahaan berbeda. SlickPie juga dapat melakukan sinkronisasi dengan akun dompet digital seperti PayPal dan Stripe.

Salah satu kelemahannya adalah versi gratis dari SlickPie tidak menyediakan pelaporan keuangan, yang tidak diragukan lagi penting untuk perusahaan besar dan kecil.

Untuk ini, Anda dapat meningkatkan ke akun berbayar atau menggunakan versi lengkap perangkat lunak akuntansi gratis lainnya.

  1. GnuCash

GnuCash adalah perangkat lunak akuntansi offline selain Manager, yang diterima dengan baik. Seperti perangkat lunak open source, produk ini tidak memiliki tampilan modern, sangat mendasar dan terlihat sangat kuno.

Tapi jangan terintimidasi. Karena perangkat lunak ini berfungsi penuh, dapat membantu perusahaan memecahkan masalah keuangan. Anda dapat menyelesaikan tagihan, faktur, pelacakan pelanggan dan pemasok, dan tentu saja laporan pembukuan.

  1. CloudBooks

Tidak hanya menyediakan manajemen faktur dan pembayaran online, tetapi juga memiliki banyak fungsi pembukuan yang sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis untuk kelangsungan bisnis.

Cloudbooks dapat diakses secara online di browser apa pun tanpa masalah. Perangkat lunak ini juga menyediakan laporan keuangan reguler dan fungsi manajemen proyek.

Selama 30 hari pertama, Anda dapat menikmati versi lengkap secara gratis hingga Anda diminta untuk berlangganan. Jika tidak ada modal untuk berlangganan, fungsi-fungsi di akun dasar sudah cukup berguna. (rba/ken)



DENPASAR, radarbali.id – Aplikasi komputer atau yang lebih dikenal dengan perangkat lunak (aplikasi) memiliki berbagai macam bentuk. Ada yang digunakan untuk mengedit foto seperti photoshop dan lainnya.

Software akunting sendiri adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memudahkan pencatatan dan aktivitas lain dari akuntansi.

Namun, masih banyak yang belum paham mengenai Pengertian dan Manfaat Software akunting bagi perusahaan. Berikut ini kami mencoba untuk merangkumnya.

Software akunting ini memanfaatkan konsep modularitas dimana serangkaian aktivitas yang serupa diubah kedalam modul-modul yang spesifik.

Seperti misalnya pembelian (account payable), penjualan (account receivable), penggajian, buku besar dan lainnya.

Perusahaan besar biasanya memiliki bagian sendiri untuk mengembangkan software akunting ini.

Namun tidak jarang perusahaan ataupun UKM yang menggunakan pihak ketiga untuk mendapatkan software akunting.

Pihak ketiga ini menyediakan aplikasi yang akan digunakan sering kali juga perusahaan tersebut bekerja sama dengan pihak ketiga tadi.

Berbicara jenisnya sendiri, software akunting sendiri dapat terdiri dari software akunting paketan, custom ataupun hingga menjadi aplikasi ERP.

Karena perbedaan lingkup penggunaan aplikasi ini seperti perusahaan hingga UKM maka kompleksitas dan kapabilitas aplikasi ini pun bermacam-macam tergantung lingkungan perusahaan atau UKM yang akan menggunakan.

Manfaat dan Kegunaan Software Akunting

1.           Meningkatkan Produktivitas Akuntan

Dengan adanya dukungan teknologi informasi berupa software akunting, maka kinerja akuntan juga akan lebih cepat. Dalam kata lain, aplikasi ini mampu meningkatkan produktivitas karyawan yang pastinya akan berdampak positif bagi perusahaan.

Seperti misalnya ketika akuntan hendak mencatat laporan dalam buku, maka sekarang tidak perlu lagi menyiapkan buku-buku yang menumpuk. Karena semua itu akan dikelola secara otomatis dengan satu kali ‘klik’ lewat software akunting.

2.           Keamanan Data

Seluruh data pada perusahaan, mulai dari data karyawan, data keuangan, data penjualan dan riwayat transaksi adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh tersebar ke publik yang tidak bersangkutan.

Oleh karena itu dengan menggunakan program accounting ini, seluruh data tersebut akan tersimpan ke dalam file server. Dan dalam mengaksesnya pun Anda memerlukan kode tersendiri sehingga data-data tersebut jauh lebih aman.

3.           Meminimalisir Biaya

Umumnya dalam satu perusahaan, apabila ingin mengelola data keuangan dengan baik, akan dibutuhkan lebih dari 3 orang akuntan. Hal itu pastinya cukup membebani perusahaan dari segi pembayaran gaji.

Namun dengan menggunakan software akunting, seluruh pekerjaan yang rumit itu bisa dikerjakan dengan lebih mudah. Pendataan akan berjalan secara otomatis dan kinerja akuntan juga lebih minim, sehingga Anda bisa mempekerjakan satu atau dua akuntan saja.

4.           Proses Bisnis Lebih Mudah

Kesalahan dalam memasukkan data adalah hal yang paling dihindari dalam perusahaan. Walau terkesan remeh, tetapi kesalahan kecil seperti ini bisa membebai keberhasilan bisnis.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan software akunting karena program ini akan mencatat data dengan valid dan sangat minim kesalahan.

Dengan pendataan yang tepat, produktivitas perusahaan pastinya akan meningkat. Dan penyerapan tenaga sumber daya manusia di perusahaan juga bisa dimaksimalkan untuk sektor lainnya.

Sehingga secara tidak langsung iklim organisasi perusahaan juga akan membaik dan hal ini sangatlah positif bagi kemajuan perusahaan.

Tujuan Software Akunting

Tujuan dan manfaat paling besar dari software akunting ini adalah membantu akuntan untuk menghasilkan laporan akuntansi keuangan seperti Neraca (Balance Sheet), Rugi Laba (Profit Lost Statement), Cash Flow dan Laporan Akhir Keuangan.

Laporan tersebut diperoleh dari langkah awal seperti menyusun perkiraan atau account atau ledger atau buku besar.

Setiap ledger ini kode dan nama tertentu yang biasa digunakan serta memiliki pos-pos yang jelas dalam posisi laporan keuangan seperti misalnya pos ledger untuk Neraca, rugi laba, biaya fabrikasi dan manufaktur (pabrik).

Nah jika kita menggunakan software akunting hal-hal yang diatas tadi dapat dilakukan dengan sangat cepat sehingga menghemat waktu.

Bayangkan misalnya untuk laporan keuangan sebuah perusahaan besar dilakukan secara manual yang rentan kesalahan dan juga lama tentu akan sangat kerepotan.

Rekomendasi Software Akunting Terbaik

  1. Jurnal by Mekari

Rekomendasi software akuntansi terbaik yang pertama adalah Jurnal by Mekari. Ya, software akuntansi adalah salah satu dari sejumlah software yang ditawarkan Jurnal untuk memudahkan pengelolaan keuangan perusahaan/bisnis di segala sektor.

Jurnal telah dikenal banyak perusahaan/pebisnis kecil, menengah maupun atas di Indonesia. Memang, semua software yang ditawarkannya, termasuk software di bidang akuntansi.

Software ini dirancang dengan memperhatikan kebutuhan sebagian besar perusahaan/pebisnis di Indonesia. Ini-lah salah satu keunggulan software karya anak bangsa dibandingkan besutan luar negeri.

Selain itu, sedikitnya ada enam keunggulan yang akan Anda peroleh jika menggunakan Jurnal by Mekari, di antaranya: bisa diakses di perangkat yang berbeda karena berbasis cloud, cek laporan keuangan secara real-time kapan dan di mana saja, ada 11 jenis faktur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, cek jumlah inventory secara real-time kapan dan di mana saja, mudah dalam pencatatan bukti transaksi dan tersedia modul manajemen aset yang mumpuni.

Dijamin deh, urusan akuntansi bakal lebih mudah dengan software terbaik di Indonesia besutan Mekari ini. Bagi Anda yang belum menggunakan software akuntansi, yuk migrasi ke Jurnal by Mekari.

Apa saja yang mampu diberikan oleh aplikasi pencatatan keuangan satu ini? Jawabannya cukup bervariasi, tetapi di sini Anda tidak hanya mendapatkan alat bantu untuk mencatat keuangan perusahaan, melainkan juga inventarisnya.

Terlebih lagi, semua itu bisa diakses dengan akurat dan real-time tanpa perlu repot diperbarui secara manual oleh karyawan.

Jurnal by Mekari adalah model transformasi perangkat lunak akuntansi yang berjalan beriringan dengan perkembangan zaman.

Kecanggihan teknologi memang mau tidak mau memaksa manusia untuk menjalankan berbagai macam aktivitas secara daring. Kemudian, orisinalitas aplikasi ini terjamin dimana telah banyak digunakan oleh akuntan profesional.

Beberapa keuntungan spesifik yang bisa Anda peroleh antara lain mengurangi kesalahan pencatatan manual oleh karyawan, melacak dan memonitoring transaksi online, merekonsiliasi akun bank pada laporan pembukuan, hingga membuat invoice relatif lebih cepat karena telah diotomatisasi.

Hal-hal di atas pada akhirnya akan menciptakan kepuasan pelanggan yang berpotensi mempercepat laju perkembangan bisnis Anda.

Jika pelanggan merasa puas terhadap suatu merek, maka tinggal menunggu waktu saja hingga mereka bersedia memberikan loyalitas.

Karena itu, alih-alih Anda repot mencari aplikasi serupa lainnya, akan lebih mudah jika segera berlangganan Jurnal by Mekari, mengingat tarifnya saat ini masih terbilang bersahabat. Jangan sia-siakan kesempatan dan segera raih beragam manfaatnya!

  1. Fresh Books

Selanjutnya jika ingin memperoleh alternatif lain yang tidak kalah menarik, maka dapat juga mempertimbangkan penggunaan Fresh Books.

Aplikasi ini mendukung pencatatan keuangan perusahaan baik pemasukan hingga pengeluaran secara tepat dan akurat.

Sehingga tim keuangan perusahaan dapat melakukan pencatatan secara optimal dengan efektif dan efisien.

Belum lagi manfaat perhitungan otomatis yang meminimalkan resiko terjadi kesalahan akibat input keuangan perusahaan secara manual. Sehingga dapat menjamin akurasi informasi yang diberikan terkait kondisi keuangan perusahaan tersebut.

Fresh Books juga kompatibel untuk digunakan dengan Windows. Selain itu tampilannya juga sederhana dan tidak sulit untuk dipahami baik untuk para akuntan pemula sekalipun.

Sehingga tidak mengherankan jika aplikasi ini termasuk yang paling banyak digemari oleh berbagai perusahaan yang tersebar di dunia.

Belum lagi fitur integrasi invoice yang sangat membantu perusahaan dalam membuat invoice hingga melakukan penagihan invoice dan menerima pembayarannya.

Semua terintegrasi dengan baik sehingga memudahkan perusahaan melakukan pengaturan terkait dengan hal invoicing tersebut.

  1. Wave

Wave adalah software akuntansi yang bisa diakses selama terkoneksi dengan internet. Yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs tersebut dan menggunakan email Anda untuk mendaftar akun baru.

Tidak perlu mendaftar dengan kartu kredit, karena program ini dapat digunakan secara gratis tanpa batasan apapun.

Setelah mendaftar, Anda dapat menikmati fitur-fiturnya yang keren. Misalnya pembayaran tagihan otomatis, kwitansi pembayaran dan pembukuan untuk melacak pemasukan dan pemasukan.

Anda dapat menghubungkan akun Wave Anda dengan rekening bank dan dompet digital yang tersedia. Bahkan satu akun dapat digunakan untuk beberapa bisnis.

  1. Zipbooks

Software akuntansi yang patut mendapat perhatian adalah Zipbooks. Program ini dirancang untuk membantu mengelola aliran keuangan perusahaan, membuat faktur, dan menerima pembayaran konsumen melalui PayPal dan kartu kredit.

Tentu saja, versi gratisnya masih terbatas. Beberapa fitur lanjutan tidak tersedia tanpa berlangganan.

Aplikasi ini membutuhkan koneksi internet untuk mengakses akun Anda. Keuntungannya adalah semua data disimpan di cloud, bahkan jika ada masalah dengan komputer Anda, itu tidak akan hilang.

  1. Manager

Bagi yang sedang mencari software akuntansi offline bisa mencoba Manager. Ini adalah perangkat lunak open source.

Agar legal tentunya tidak perlu menggunakan bantuan program cracking yang biasanya mengandung virus atau malware berbahaya.

Manajer memiliki banyak fungsi yang sangat membantu para pebisnis. Hanya saja UI-nya sangat basic dan lebih cocok untuk orang yang mahir dalam HTML.

Aplikasi ini juga menyediakan layanan cloud berbayar bagi yang ingin melindungi data selain menyimpan data.

Keuntungan lainnya adalah setelah proses instalasi berhasil, Anda dapat mengakses produk tanpa koneksi internet. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sulitnya Pengelola untuk terhubung ke rekening bank.

  1. Akaunting

Perusahaan jasa software akuntansi ini selalu berada di halaman pertama halaman pencarian. Tidak perlu membayar sepeserpun untuk mengakses dan menggunakan akun.

Beberapa fungsi dasar dapat membantu Anda melakukan pembukuan, manajemen tagihan, dan pembuatan faktur.

Ada beberapa keunggulan yang hanya bisa digunakan ketika Anda berlangganan layanan pihak ketiga, yaitu fungsi pembayaran online untuk pelanggan.

Jika ini bukan masalah bagi Anda, mengunduh dan menggunakan perangkat lunak akuntansi gratis seperti Akunting tidak menjadi masalah.

  1. SlickPie

Versi gratis dari perangkat lunak akuntansi perusahaan jasa mencakup pembuatan faktur tanpa batas dan dukungan email untuk menjadikan bisnis Anda lebih profesional.

Satu akun dapat digunakan untuk 10 perusahaan berbeda. SlickPie juga dapat melakukan sinkronisasi dengan akun dompet digital seperti PayPal dan Stripe.

Salah satu kelemahannya adalah versi gratis dari SlickPie tidak menyediakan pelaporan keuangan, yang tidak diragukan lagi penting untuk perusahaan besar dan kecil.

Untuk ini, Anda dapat meningkatkan ke akun berbayar atau menggunakan versi lengkap perangkat lunak akuntansi gratis lainnya.

  1. GnuCash

GnuCash adalah perangkat lunak akuntansi offline selain Manager, yang diterima dengan baik. Seperti perangkat lunak open source, produk ini tidak memiliki tampilan modern, sangat mendasar dan terlihat sangat kuno.

Tapi jangan terintimidasi. Karena perangkat lunak ini berfungsi penuh, dapat membantu perusahaan memecahkan masalah keuangan. Anda dapat menyelesaikan tagihan, faktur, pelacakan pelanggan dan pemasok, dan tentu saja laporan pembukuan.

  1. CloudBooks

Tidak hanya menyediakan manajemen faktur dan pembayaran online, tetapi juga memiliki banyak fungsi pembukuan yang sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis untuk kelangsungan bisnis.

Cloudbooks dapat diakses secara online di browser apa pun tanpa masalah. Perangkat lunak ini juga menyediakan laporan keuangan reguler dan fungsi manajemen proyek.

Selama 30 hari pertama, Anda dapat menikmati versi lengkap secara gratis hingga Anda diminta untuk berlangganan. Jika tidak ada modal untuk berlangganan, fungsi-fungsi di akun dasar sudah cukup berguna. (rba/ken)



Artikel Terkait

Most Read


Artikel Terbaru


/