alexametrics
28.7 C
Denpasar
Saturday, August 13, 2022

Pengertian, Pentingnya, dan Keuntungan Menggunakan Absen Online

DENPASAR, Radar Bali – Absen online menjadi salah satu hal sudah sering didengar oleh kalangan masyarakat yang sudah bergabung dengan sebuah perusahaan.

Sayangnya, untuk sampai dengan sekarang masih banyak dari kalangan masyarakat yang belum mengenal lebih banyak lagi dengan absen online

.Satu hal harus diketahui oleh kalangan masyarakat yang bekerja di perusahaan dan sudah menggunakan sistem absen secara online adalah semua data yang berhubungan absen akan tersimpan secara otomatis.

Sehingga, untuk masalah jumlah hari kerja dan gaji yang sudah diperhitungkan oleh perusahaan tidak bisa diganggu gugat.

Pada kesempatan kali ini akan jelaskan secara tuntas mengenai absen online. Sedangkan untuk anda yang penasaran dengan pembahasan mengenai absen online bisa langsung saja simak lebih lengkap dan jelasnya di bawah ini.

Pengertian Absen Online

Sebelum membahas lebih jauh lagi tentang absen online lebih baik dimulai dulu dari segi pengertian.

Secara sederhana untuk pengertian dari absen online adalah sistem yang digunakan oleh perusahaan sebagai mengelola kehadiran para karyawannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) absen secara online adalah kehadiran karyawan. Jadi, untuk perusahaan yang ingin tahu tentang kehadiran para karyawannya sering disebut dengan absen.

Mengapa sebuah perusahaan juga membutuhkan absen online? Untuk jawabannya adalah, karena dengan adanya sistem absen secara online memudahkan perusahaan untuk menilai karyawan tersebut mempunyai produktivitas yang meningkat atau tidak.

Saat ini absen online juga sangat penting untuk menilai perkembangan bisnis pada sebuah perusahaan pada tingkat produktivitas.

Bahkan, dengan hanya melihat pada absen online sudah bisa langsung melakukan penilaian terhadap kalangan masyarakat.

Mengapa Absen Online Menjadi Salah Satu Hal yang Sangat Penting?

Sebuah perusahaan yang mempunyai sistem absen secara online kini bukan menjadi salah satu tanpa alasan lagi. Dengan adanya absen online ini dapat membuat karyawan perusahaan lebih disiplin.

Selain itu, ada beberapa alasan lagi, kenapa absen secara online kali ini sangat penting. Untuk beberapa alasan yang harus diketahui oleh para pemilik perusahaan adalah:

  1. Sebagai Alat untuk Mencatat Kehadiran Para Karyawan

Alasan utama perusahaan menggunakan absen secara online yaitu dapat mencatat kehadiran para karyawannya. Anda tentu saja dapat membayangkan ketika perusahaan yang mempunyai banyak karyawan, rasanya tidak mungkin ketika proses absen dilakukan secara manual.

Semua karyawan yang akan melakukan pekerjaan di sebuah perusahaan akan diminta untuk melakukan absen online. Untuk proses absen ini juga dilakukan oleh para karyawan ketika waktu pulang.

Data absen yang ada di sistem online tersebut akan dijadikan dasar untuk berbagai keperluan perusahaan. Salah satu keperluan pada data absen ini adalah untuk membayar gaji para karyawan.

Bahkan, dengan adanya data absen yang sudah tercatat oleh sistem absen ini bisa dijadikan untuk proses kenaikan gaji. Maka dari itu, para karyawan jangan pernah beranggapan bahwa melakukan absen ini menjadi hal yang sepele.

  1. Sebagai Dasar untuk Menghitung Gaji Karyawan

Alasan penting dari absen online adalah sebagai dasar penghitungan gaji para karyawan perusahaan. Meski penggajian karyawan dilakukan pada setiap bulan, akan tetapi untuk setiap karyawan mempunyai nominal gaji yang jumlahnya berbeda-beda.

Bahkan, terkadang perusahaan juga bisa melakukan perhitungan jumlah yang didapat dari gaji pokok dibagi dengan jumlah hari kerja di dalam kurun waktu satu bulan.

Maka dari itu, pihak HR sebuah perusahaan harus mempunyai jumlah kehadiran karyawan supaya dapat menghitung berapa gaji yang harus dibayarkan.

Baca Juga:  KLIR! Abaikan Ngedumel, Guru di Badung Tetap Absen saat Libur Sekolah

Apabila terjadi pengurangan pada gaji yang akan dilakukan oleh perusahaan akan dijelaskan secara rinci di dalam slip gaji. Sehingga, karyawan bisa mengerti lebih jelas dan detail apa saja pengurangan biaya yang sudah dilakukan oleh perusahaan.

  1. Dapat Melihat Sisa Cuti yang Dimiliki Oleh Karyawan

Seperti yang anda ketahui, bahwa setiap karyawan pasti akan diberikan beberapa hari jumlah cuti. Akan tetapi, untuk karyawan yang ingin melakukan cuti lebih baik bisa konfirmasi terlebih dahulu oleh pihak perusahaan.

Ada satu alasan kenapa karyawan yang ingin cuti harus izin terlebih dahulu pada perusahaan, untuk jawabannya adalah supaya data pada absen online ini tidak berbeda dengan jumlah hari kerja.

Selain itu, dengan adanya absen online juga dapat mengetahui berapa sisa cuti yang dimiliki oleh karyawan tersebut.

  1. Memberikan Catatan Administrasi Supaya Lebih Rapi

Perusahaan yang mempunyai catatan administrasi, tentu akan membantu para HR ketika akan melakukan beberapa perhitungan penting. Untuk beberapa perhitungan penting yang bisa dilakukan pada absen online adalah gaji, cuti, bonus dan masih banyak lainnya.

  1. Sebagai Alat Untuk Meminimalisir Terjadinya Kecurangan

Karyawan melakukan perbuatan yang curang kini bukan menjadi salah satu hal asing lagi bagi para perusahaan. Akan tetapi, di saat perusahaan sudah menerapkan absen online semua karyawan tidak bisa melakukan manipulasi di dalam hal kehadiran.

Kecurangan yang sering terjadi oleh kalangan karyawan perusahaan adalah “titip absen”. Akan tetapi, untuk sistem absen secara online yang sudah diterapkan oleh perusahaan ini sudah tidak bisa lagi melakukan kecurangan dalam bentuk apapun.

Keuntungan Menggunakan Absen Online

Setiap melakukan sesuatu hal tentu saja mempunyai keuntungan masing-masing. Untuk masalah keuntungan juga bisa didapatkan oleh perusahaan yang menggunakan sistem absen online.

Pada saat menggunakan sistem absen online ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh para penggunanya. Untuk beberapa keuntungan yang bisa didapatkan adalah:

  1. Menggunakan Absen Sistem Online Dapat Mempermudah Para Penggunanya

Tentu saja dengan adanya teknologi yang terus mengalami peningkatan seperti sekarang semua kegiatan bisa dilakukan secara mudah dan cepat. Sama halnya ketika menggunakan absen secara online tidak perlu lagi karyawan perlu antri di depan mesin fingerprint.

Pihak perusahaan pun juga bisa menentukan seberapa jauh radius mana saja karyawan bisa melakukan input kehadiran. Bahkan, untuk saat ini sistem absen secara online sudah dilengkapi dengan GPS.

Sehingga dengan adanya fitur tersebut mempunyai perusahaan bisa melihat posisi karyawan di mana ketika melakukan live attendance. Sistem absen secara online ini sangat berguna dan membantu perusahaan yang memberlakukan karyawannya WFH.

Dengan adanya sistem absen secara online, pihak perusahaan bisa memastikan bahwa karyawan tetap berada di rumah dan bekerja.

Adanya sistem absen secara online juga tidak ada lagi kecurangan yang dapat dilakukan oleh perusahaan ketika sedang diberlakukan WFH.

  1. Semua Data Mempunyai Keakuratan Lebih Terjamin

Keuntungan kedua yang bisa didapatkan ketika menggunakan absen online adalah semua data mempunyai tingkat keakuratan lebih terjamin.

Dengan adanya sistem absen secara online tidak perlu HR perusahaan meluangkan banyak waktu untuk melakukan verifikasi data kehadiran kepada masing-masing karyawan.

Semua data yang berhubungan absen karyawan akan terupdate secara otomatis oleh sistem. Pihak HR perusahaan tinggal menanyakan kembali kepada karyawan yang tidak melakukan input kehadiran pada sistem tersebut.

  1. Bisa Melakukan Integrasi dengan Payroll
Baca Juga:  Gak Ada Libur Kerjaan Ditambah, Absen Online di Badung Diprotes Guru

Payroll kini menjadi salah satu fitur pada sistem absen secara online. Sampai dengan saat ini semua sistem absen secara online sudah terhubung langsung pada payroll.

Data yang berhubungan dengan payroll ini akan terupdate secara cepat atau real time. Pihak HR perusahaan juga bisa melakukan rekapan gaji karyawan dengan cepat, karena semua data kehadiran sudah disediakan pada sistem absen tersebut.

  1. Dapat Lebih Menghemat Budget

Keuntungan yang paling pada saat menggunakan absen online adalah dapat menghemat budget.

Selain itu, untuk sistem absen secara online seperti fingerprint dan mesin biometrik ini bukan menjadi hal yang murah ketika diaplikasikan secara langsung.

Bentuk absen yang sudah menggunakan dua fitur tersebut biasanya berupa seperti perangkat keras. Sehingga, untuk biaya yang dibutuhkan oleh perusahaan juga lebih ekstra.

Saat ini ada absen yang bisa dilakukan secara online dengan berbasis cloud. Sehingga, untuk infrastruktur yang dibutuhkan hanyalah komputer pada bagian server saja.

Ada juga beberapa perusahaan yang memberikan fitur absen karyawan bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone.

Tentu saja untuk perusahaan yang menerapkan absen dengan sistem tersebut dapat memberikan pekerjaan lebih efektif lagi.

pada perusahaan yang ingin melakukan penyusunan data presensi biasanya hanya membutuhkan dua fitur sangat penting. Untuk dua fitur yang dibutuhkan pada sistem kali ini adalah HR Analytics dan Report.

Era perkembangan teknologi yang terus mengalami peningkatan seperti sekarang, banyak sekali macam-macam software untuk bisa dipilih oleh kalangan masyarakat.

Akan tetapi, perlu diingat lagi bahwa tidak semua software yang tawarkan kepada anda bisa memenuhi keinginan.

Apalagi masalah sistem absen karyawan tidak bisa ketika memilih software secara sembarangan. Salah satu software yang bisa dipilih oleh para perusahaan adalah Talenta.co.

Tentu saja untuk beberapa kalangan perusahaan sudah tidak asing lagi dengan software dari Talenta.co. Bahkan sudah banyak juga perusahaan yang menggunakan software tersebut sebagai pembantu sistem absen karyawan.

Ada banyak sekali fitur-fitur yang diberikan kekinian yang diberikan oleh Talenta.co dan bisa dipilih oleh kalangan perusahaan. Tentu saja dengan banyaknya fitur tersebut juga akan memberikan pengaruh dengan harga jual.

Meski Talenta.co terkenal dengan sistem absen harga murah atau ramah dikantong. Akan tetapi, untuk perusahaan yang menggunakan atau memilih sistem absen canggih juga mempunyai harga berbeda.

Semua proses pengerjaan yang dilakukan oleh Talenta.co ini mempunyai masa garansi. Sehingga, untuk para perusahaan yang ingin menggunakan software dari Talenta.co tidak perlu merasa khawatir lagi ketik ada kendala di kemudian hari.

Selama masih masa garansi pihak perusahaan bisa langsung menghubungi pihak Talenta.co untuk melakukan perbaikan.

Lebih menariknya lagi semua teknisi yang ada di Talenta.co ini sudah berpengalaman di dalam bidangnya masing-masing.

Sehingga untuk proses pengerjaan yang dilakukan oleh Talenta.co ini tidak membutuhkan waktu lama. Meski tidak membutuhkan waktu lama ketika melakukan pengerjaan, akan tetapi pihak Talenta.co tetap memberikan hasil pengerjaan yang rapi dan sesuai dengan harapan perusahaan.

Itulah dia penjelasan secara lengkap, jelas dan detail mengenai absen online pada sebuah perusahaan.

Besar harapan setelah adanya pembahasan di atas membuat kalangan masyarakat yang bekerja di perusahaan tidak menganggap remeh lagi dengan sistem absen secara online. (rba/han)



DENPASAR, Radar Bali – Absen online menjadi salah satu hal sudah sering didengar oleh kalangan masyarakat yang sudah bergabung dengan sebuah perusahaan.

Sayangnya, untuk sampai dengan sekarang masih banyak dari kalangan masyarakat yang belum mengenal lebih banyak lagi dengan absen online

.Satu hal harus diketahui oleh kalangan masyarakat yang bekerja di perusahaan dan sudah menggunakan sistem absen secara online adalah semua data yang berhubungan absen akan tersimpan secara otomatis.

Sehingga, untuk masalah jumlah hari kerja dan gaji yang sudah diperhitungkan oleh perusahaan tidak bisa diganggu gugat.

Pada kesempatan kali ini akan jelaskan secara tuntas mengenai absen online. Sedangkan untuk anda yang penasaran dengan pembahasan mengenai absen online bisa langsung saja simak lebih lengkap dan jelasnya di bawah ini.

Pengertian Absen Online

Sebelum membahas lebih jauh lagi tentang absen online lebih baik dimulai dulu dari segi pengertian.

Secara sederhana untuk pengertian dari absen online adalah sistem yang digunakan oleh perusahaan sebagai mengelola kehadiran para karyawannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) absen secara online adalah kehadiran karyawan. Jadi, untuk perusahaan yang ingin tahu tentang kehadiran para karyawannya sering disebut dengan absen.

Mengapa sebuah perusahaan juga membutuhkan absen online? Untuk jawabannya adalah, karena dengan adanya sistem absen secara online memudahkan perusahaan untuk menilai karyawan tersebut mempunyai produktivitas yang meningkat atau tidak.

Saat ini absen online juga sangat penting untuk menilai perkembangan bisnis pada sebuah perusahaan pada tingkat produktivitas.

Bahkan, dengan hanya melihat pada absen online sudah bisa langsung melakukan penilaian terhadap kalangan masyarakat.

Mengapa Absen Online Menjadi Salah Satu Hal yang Sangat Penting?

Sebuah perusahaan yang mempunyai sistem absen secara online kini bukan menjadi salah satu tanpa alasan lagi. Dengan adanya absen online ini dapat membuat karyawan perusahaan lebih disiplin.

Selain itu, ada beberapa alasan lagi, kenapa absen secara online kali ini sangat penting. Untuk beberapa alasan yang harus diketahui oleh para pemilik perusahaan adalah:

  1. Sebagai Alat untuk Mencatat Kehadiran Para Karyawan

Alasan utama perusahaan menggunakan absen secara online yaitu dapat mencatat kehadiran para karyawannya. Anda tentu saja dapat membayangkan ketika perusahaan yang mempunyai banyak karyawan, rasanya tidak mungkin ketika proses absen dilakukan secara manual.

Semua karyawan yang akan melakukan pekerjaan di sebuah perusahaan akan diminta untuk melakukan absen online. Untuk proses absen ini juga dilakukan oleh para karyawan ketika waktu pulang.

Data absen yang ada di sistem online tersebut akan dijadikan dasar untuk berbagai keperluan perusahaan. Salah satu keperluan pada data absen ini adalah untuk membayar gaji para karyawan.

Bahkan, dengan adanya data absen yang sudah tercatat oleh sistem absen ini bisa dijadikan untuk proses kenaikan gaji. Maka dari itu, para karyawan jangan pernah beranggapan bahwa melakukan absen ini menjadi hal yang sepele.

  1. Sebagai Dasar untuk Menghitung Gaji Karyawan

Alasan penting dari absen online adalah sebagai dasar penghitungan gaji para karyawan perusahaan. Meski penggajian karyawan dilakukan pada setiap bulan, akan tetapi untuk setiap karyawan mempunyai nominal gaji yang jumlahnya berbeda-beda.

Bahkan, terkadang perusahaan juga bisa melakukan perhitungan jumlah yang didapat dari gaji pokok dibagi dengan jumlah hari kerja di dalam kurun waktu satu bulan.

Maka dari itu, pihak HR sebuah perusahaan harus mempunyai jumlah kehadiran karyawan supaya dapat menghitung berapa gaji yang harus dibayarkan.

Baca Juga:  bank bjb Kolaborasi dengan LPEI Dorong Ekspor Indonesia

Apabila terjadi pengurangan pada gaji yang akan dilakukan oleh perusahaan akan dijelaskan secara rinci di dalam slip gaji. Sehingga, karyawan bisa mengerti lebih jelas dan detail apa saja pengurangan biaya yang sudah dilakukan oleh perusahaan.

  1. Dapat Melihat Sisa Cuti yang Dimiliki Oleh Karyawan

Seperti yang anda ketahui, bahwa setiap karyawan pasti akan diberikan beberapa hari jumlah cuti. Akan tetapi, untuk karyawan yang ingin melakukan cuti lebih baik bisa konfirmasi terlebih dahulu oleh pihak perusahaan.

Ada satu alasan kenapa karyawan yang ingin cuti harus izin terlebih dahulu pada perusahaan, untuk jawabannya adalah supaya data pada absen online ini tidak berbeda dengan jumlah hari kerja.

Selain itu, dengan adanya absen online juga dapat mengetahui berapa sisa cuti yang dimiliki oleh karyawan tersebut.

  1. Memberikan Catatan Administrasi Supaya Lebih Rapi

Perusahaan yang mempunyai catatan administrasi, tentu akan membantu para HR ketika akan melakukan beberapa perhitungan penting. Untuk beberapa perhitungan penting yang bisa dilakukan pada absen online adalah gaji, cuti, bonus dan masih banyak lainnya.

  1. Sebagai Alat Untuk Meminimalisir Terjadinya Kecurangan

Karyawan melakukan perbuatan yang curang kini bukan menjadi salah satu hal asing lagi bagi para perusahaan. Akan tetapi, di saat perusahaan sudah menerapkan absen online semua karyawan tidak bisa melakukan manipulasi di dalam hal kehadiran.

Kecurangan yang sering terjadi oleh kalangan karyawan perusahaan adalah “titip absen”. Akan tetapi, untuk sistem absen secara online yang sudah diterapkan oleh perusahaan ini sudah tidak bisa lagi melakukan kecurangan dalam bentuk apapun.

Keuntungan Menggunakan Absen Online

Setiap melakukan sesuatu hal tentu saja mempunyai keuntungan masing-masing. Untuk masalah keuntungan juga bisa didapatkan oleh perusahaan yang menggunakan sistem absen online.

Pada saat menggunakan sistem absen online ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh para penggunanya. Untuk beberapa keuntungan yang bisa didapatkan adalah:

  1. Menggunakan Absen Sistem Online Dapat Mempermudah Para Penggunanya

Tentu saja dengan adanya teknologi yang terus mengalami peningkatan seperti sekarang semua kegiatan bisa dilakukan secara mudah dan cepat. Sama halnya ketika menggunakan absen secara online tidak perlu lagi karyawan perlu antri di depan mesin fingerprint.

Pihak perusahaan pun juga bisa menentukan seberapa jauh radius mana saja karyawan bisa melakukan input kehadiran. Bahkan, untuk saat ini sistem absen secara online sudah dilengkapi dengan GPS.

Sehingga dengan adanya fitur tersebut mempunyai perusahaan bisa melihat posisi karyawan di mana ketika melakukan live attendance. Sistem absen secara online ini sangat berguna dan membantu perusahaan yang memberlakukan karyawannya WFH.

Dengan adanya sistem absen secara online, pihak perusahaan bisa memastikan bahwa karyawan tetap berada di rumah dan bekerja.

Adanya sistem absen secara online juga tidak ada lagi kecurangan yang dapat dilakukan oleh perusahaan ketika sedang diberlakukan WFH.

  1. Semua Data Mempunyai Keakuratan Lebih Terjamin

Keuntungan kedua yang bisa didapatkan ketika menggunakan absen online adalah semua data mempunyai tingkat keakuratan lebih terjamin.

Dengan adanya sistem absen secara online tidak perlu HR perusahaan meluangkan banyak waktu untuk melakukan verifikasi data kehadiran kepada masing-masing karyawan.

Semua data yang berhubungan absen karyawan akan terupdate secara otomatis oleh sistem. Pihak HR perusahaan tinggal menanyakan kembali kepada karyawan yang tidak melakukan input kehadiran pada sistem tersebut.

  1. Bisa Melakukan Integrasi dengan Payroll
Baca Juga:  Astra Honda Motor Raih 3 Penghargaan Sekaligus

Payroll kini menjadi salah satu fitur pada sistem absen secara online. Sampai dengan saat ini semua sistem absen secara online sudah terhubung langsung pada payroll.

Data yang berhubungan dengan payroll ini akan terupdate secara cepat atau real time. Pihak HR perusahaan juga bisa melakukan rekapan gaji karyawan dengan cepat, karena semua data kehadiran sudah disediakan pada sistem absen tersebut.

  1. Dapat Lebih Menghemat Budget

Keuntungan yang paling pada saat menggunakan absen online adalah dapat menghemat budget.

Selain itu, untuk sistem absen secara online seperti fingerprint dan mesin biometrik ini bukan menjadi hal yang murah ketika diaplikasikan secara langsung.

Bentuk absen yang sudah menggunakan dua fitur tersebut biasanya berupa seperti perangkat keras. Sehingga, untuk biaya yang dibutuhkan oleh perusahaan juga lebih ekstra.

Saat ini ada absen yang bisa dilakukan secara online dengan berbasis cloud. Sehingga, untuk infrastruktur yang dibutuhkan hanyalah komputer pada bagian server saja.

Ada juga beberapa perusahaan yang memberikan fitur absen karyawan bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone.

Tentu saja untuk perusahaan yang menerapkan absen dengan sistem tersebut dapat memberikan pekerjaan lebih efektif lagi.

pada perusahaan yang ingin melakukan penyusunan data presensi biasanya hanya membutuhkan dua fitur sangat penting. Untuk dua fitur yang dibutuhkan pada sistem kali ini adalah HR Analytics dan Report.

Era perkembangan teknologi yang terus mengalami peningkatan seperti sekarang, banyak sekali macam-macam software untuk bisa dipilih oleh kalangan masyarakat.

Akan tetapi, perlu diingat lagi bahwa tidak semua software yang tawarkan kepada anda bisa memenuhi keinginan.

Apalagi masalah sistem absen karyawan tidak bisa ketika memilih software secara sembarangan. Salah satu software yang bisa dipilih oleh para perusahaan adalah Talenta.co.

Tentu saja untuk beberapa kalangan perusahaan sudah tidak asing lagi dengan software dari Talenta.co. Bahkan sudah banyak juga perusahaan yang menggunakan software tersebut sebagai pembantu sistem absen karyawan.

Ada banyak sekali fitur-fitur yang diberikan kekinian yang diberikan oleh Talenta.co dan bisa dipilih oleh kalangan perusahaan. Tentu saja dengan banyaknya fitur tersebut juga akan memberikan pengaruh dengan harga jual.

Meski Talenta.co terkenal dengan sistem absen harga murah atau ramah dikantong. Akan tetapi, untuk perusahaan yang menggunakan atau memilih sistem absen canggih juga mempunyai harga berbeda.

Semua proses pengerjaan yang dilakukan oleh Talenta.co ini mempunyai masa garansi. Sehingga, untuk para perusahaan yang ingin menggunakan software dari Talenta.co tidak perlu merasa khawatir lagi ketik ada kendala di kemudian hari.

Selama masih masa garansi pihak perusahaan bisa langsung menghubungi pihak Talenta.co untuk melakukan perbaikan.

Lebih menariknya lagi semua teknisi yang ada di Talenta.co ini sudah berpengalaman di dalam bidangnya masing-masing.

Sehingga untuk proses pengerjaan yang dilakukan oleh Talenta.co ini tidak membutuhkan waktu lama. Meski tidak membutuhkan waktu lama ketika melakukan pengerjaan, akan tetapi pihak Talenta.co tetap memberikan hasil pengerjaan yang rapi dan sesuai dengan harapan perusahaan.

Itulah dia penjelasan secara lengkap, jelas dan detail mengenai absen online pada sebuah perusahaan.

Besar harapan setelah adanya pembahasan di atas membuat kalangan masyarakat yang bekerja di perusahaan tidak menganggap remeh lagi dengan sistem absen secara online. (rba/han)


Artikel Terkait

Most Read


Artikel Terbaru


/