Selasa, 30 Nov 2021
Radar Bali
Home / Events
icon featured
Events

16 Komunitas Gelar Donor dan Bagi Sembako di Denpasar

08 November 2021, 08: 30: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

16 Komunitas Gelar Donor dan Bagi Sembako di Denpasar

EMPATI: 16 komunitas dari berbagai latar belakang gelar donor darah di Denpasar. (Istimewa)

Share this      

DENPASAR, radarbali.id- Sebanyak 16 komunitas dari berbagai latar belakang seperti anak motor Bold Riders, fans club, kemudian karang taruna atau warga di banjar menggelar donor darah yang digelar dua pekan lamanya mulai 14 Oktober sampai dengan 28 Oktober 2021.

Kegiatan ini diikuti 141 pendaftar. Dari jumlah itu hanya 123 orang yang bisa diambil darahnya oleh PMI karena memenuhi syarat kesehatan.

Koordinator acara donor darah di Denpasar Fransiscus Stevy mengatakan kegiatan dipusatkan di sejumlah balai banjar di Denpasar, serta PMI.

Baca juga: Munas X PPNI, Pastikan Perawat Hadir di Tengah Masyarakat

Warga cukup antusias untuk menyumbangkan darahnya yang akan digunakan PMI untuk memenuhi kebutuhan darah saat pandemi.

"Warga cukup antusias. Yang pasti kegiatan ini mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Semua harus menerapkan 3M. Mencuci tangan, memakai masker dan selalu menjaga jarak saat kegiatan berlangsung," katanya.

Sementara itu, Fendy Hidayat perwakilan dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) di Denpasar mengatakan, kegiatan tahun kedua ini selain melibatkan komunitas, juga melibatkan warga banjar untuk berpartisipasi.

Dalam kegiatan ini juga ada pembagian sembako bagi warga yang terdampak pandemi yang kebetulan ikut serta dalam donor darah ini.

"Semoga pembagian paket sembako ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, ke depan harapan kami bisa lebih banyak lagi warga yang berpartisipasi, sehingga komunitas Kolaborasi KITA di Denpasar ini bisa makin memberikan nilai manfaat bagi sesama, salah satunya dengan menyumbangkan darahnya," jelas Fendy pada Minggu (7/11).

Sejumlah komunitas yang ikut dalam kegiatan ini adalalah fans club INDOMANUTD BALI, AIS BALI, kemudian karang taruna BANJAR KAJA dan BANJAR SUWUNG BATANG KENDAL. lalu anak motor Bold Riders yakni HCRC Bali, MOTO X, FRC, DENSEFIC, GCI BALI, VIB, XODA Bali, RVI BALI. 

Lalu ada sejumlah mahasiswa yang ikut berdonor juga dari BEM Hukum Warmadewa, BEM Teknik Warmadewa, BEM Fak Sastra Warmadewa, serta ada lagi dari anak musik Regaeneration.

Data sampai Jumat 5 November 2021, untuk kegiatan donor darah di Indonesia Timur tercatat melibatkan 715 komunitas, dengan ribuan anggota di 91 Kota/Kabupaten di Indonesia Timur.

Program donor darah ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah di inisiasi oleh Kolaborasi KITA sejak tahun 2020.  Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi KITA didukung berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur.

Kegiatan Donor Darah serentak di wilayah Indonesia Timur dengan tema #SetetesDarahUntukNegeri2021 ini akhirnya memecahkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu  Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. (rba)

(rb/mar/ken/pra/JPR)




 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia