Selasa, 30 Nov 2021
Radar Bali
Home / Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

WOW! Bea Cukai Bali Musnahkan Sex Toys dan Barang Ilegal Rp1,8 M Lebih

18 Oktober 2021, 16: 15: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

WOW! Bea Cukai Bali Musnahkan Sex Toys dan Barang Ilegal Rp1,8 M Lebih

Suasana barang illegal di halaman Kanwil Bea Cukai Bali dan Nusa Tenggara, l Airport Ngulah Rai, Tuban, Badung, Bali pada Senin (18/10) siang. (Marcell Pampurs)

Share this      

BADUNG- Kantor wilayah Bea Cukai Bali Nusa Tenggara bersama Bea Cukai Ngurah Rai dan Bea Cukai Denpasar memusnahkan sejumlah barang illegal di halaman Kanwil Bea Cukai Bali dan Nusa Tenggara, l Airport Ngulah Rai, Tuban, Badung, Bali pada Senin (18/10) siang. 

Sejumlah barang illegal yang dimusnahkan petugas itu, meliputi rokok ilegal, minuman beralkohol hingga sex toys, serta barang-barang lain yang tidak dilengkapi pita cukai dan cukai palsu.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Bali, NTB dan NTT, Susila Brata mengatakan, dari perkiraan sementara, nilai barang yang dimusnahkan mencapai Rp1.837.063.070. 

Baca juga: Alamak!! Mobil Bekas Si Bos Itu Pun Harganya Masih Miliaran

"Barang ilegal hasil penindakan yang dimusnahkan itu terdiri dari 1.879.340 batang rokok, 6.600 gram tembakau iris, 62 botol ditambah 11.450 gram hasil pengolahan tembakau lainnya, 1.827 botol ditambah 6 jerigen minuman beralkohol, 724 buah botol kaca kosong serta 674 paket yang terdiri dari obat-obatan, pakaian bekas, MMEA, bagian tubuh binatang dan hewan yang dikeringkan hingga sex toys," terang Susila kepada awak media. 

Barang yang ditempeli cukai palsu dan juga tanpa pita cukai itu dinyatakan telah melanggar ketentuan UU No. 39 Tahun 2007 tentang Perubahan atas UU No. 11 Tahun 1995 tentang cukai.

"Ini menunjukan keseriusan Bea Cukai untuk memberi perlindungan kepada masyarakat dan industri dalam negeri yang mematuhi ketentuan pemerintah. Sehingga pengawasan Bea Cukai dapat menciptakan daya saing yang adil antara pelaku usaha produk dalam negeri," imbuh Susila Brata. 

Diharapkannya, agar ke depannya, pemusnahan seperti ini dapat memberikan efek jera kepada sejumlah pihak yang masih berani menyelundupkan atau menjual barang tanpa pita cukai dari luar Bali ke Bali maupun NTB dan NTT.

(rb/mar/pra/JPR)




 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia