Jumat, 20 Jul 2018
radarbali
icon featured
Ekonomi

Produksi Ikan Turun Drastis, Harga Naik, Pembeli pun Menjerit

Kamis, 11 Jan 2018 16:55 | editor : ali mustofa

pasar ikan kedonganan, produksi ikan turun

SEPI PEMBELI: Aktivitas jual beli ikan di Pasar Ikan Kedonganan. Sejak memasuki musim hujan, hasil tangkapan nelayan turun drastis. (Zulfika Rahman/Radar Bali)

MANGUPURA – Sejak memasuki musim hujan November 2017 lalu hingga saat ini, tangkapan ikan di Pantai Kedonganan turun drastis.

Cuaca yang tidak mendukung akibat hujan dan angin, membuat nelayan memilih untuk tidak melaut.

Untuk memenuhi kebutuhan ikan di Pasar Ikan Kedonganan, para pedagang terpaksa mendatangkan dari Banyuwangi, Lamongan, Gresik, dan Madura, Jawa Timur.

Salah seorang penjual ikan di Pantai Kedonganan, Cikrak, 75, mengungkapkan, minimnya tangkapan membuat harga ikan yang diambil dari pemasok naik drastis.

Untuk ikan layang, misalnya, harga yang didapat penjual ikan dari pemasok dalam kondisi normal berkisar Rp 12 ribu per kilogram. Tapi, saat ini dia banderol Rp 20 ribu per kilogram.

“Makanya harga jual ikan layang bisa sampai Rp 25 ribu per kilogram,” ujar Cikrak kemarin. Entah ada hukum sebab akibat atau tidak, dalam kondisi pasokan ikan minim, pembeli ikut turun.

Pedagang ikan pun cukup kesulitan menjual barang dagangan mereka. “Beli ikan di tengkulak terpaksa ikut dikurangi,” imbuhnya.

(rb/zul/mus/mus/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia