Senin, 20 Aug 2018
radarbali
icon featured
Events
Poltek Bali Jalin Kerjasama dengan ST. Regis

Beri Bekal Pengembangan Karir & Profesionalisme Bagi Mahasiswa-Dosen

Rabu, 21 Mar 2018 19:24 | editor : ali mustofa

edukasi mahasiswa, pengembangan karir, pengembangan profesionalisme

ANTUSIAS: Para mahasiswa Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali saat mengikuti Professional Career Development di ST. Regis, Selasa (20/3) kemarin. (Tiara Virgianti/Radar Bali)

NUSA DUA- Sejak tahun 2015, Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali sudah mengembangkan model inovatif aliansi dengan perusahaan kepariwisataan di Bali, bahkan dengan perusahaan jaringan internasional seperti Hilton Worldwide, ST. Regis, Accor Group, Media Group dan sebagainya.

Menurut Ketua Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali I Ketut Suarta, SE., M.Si, model yang dikembangkan adalah Professional Advisory Council (PAC). Pada model ini perusahaan dirangkul secara terstruktur dan systemic berinvestasi dalam dunia pendidikan.

“Hal ini dilakukan dalam rangka membangun sumber daya manusia bidang kepariwisataan yang professional yang nantinya dapat mengangkat harkat dan martabat serta daya saing bangsa,” jelas Suarta.

Setelah terbentuknya model kerjasama yang berbasis PAC, terdorong pula kerjasama yang bersifat simbolik antara jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali dengan berbagai jaringan Hotel Internasional yang beroperasi di Bali.

 Telah banyak kegiatan yang dilakukan, diantaranya Kelas Industri, Validasi Kurikulum, Penulisan Buku Ajar, Professional Development Dosen, Professional Career Development Mahasiswa dan Dosen serta Applied Research.

Untuk kegiatan Professional Career Development Mahasiswa dan Dosen tahun 2018 dilakukan selama empat hari berturut-turut mulai dari Senin, 20 Maret sampai dengan Minggu 25 Maret.

Pada hari pertama pelaksanaan Professional Career Development Mahasiswa dan Dosen tahun 2018, para mahasiswa mendapatkan banyak sekali pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan industri pariwisata yang dilaksanakan pada ST. Regis.

“Kegiatan ini kami harapkan dapat meningkatkan pengetahuan profesional para mahasiswa untuk dapat menyiapkan diri bekerja di hotel dan peningkatan wawasan dosen terhadap perkembangan industri pariwisata abad 21, sehingga dapat mengajarkan mata kuliah terrkait sesuai dengan kebutuhan riil di industri,” papar Suarta.

 “Melalui kegiatan ini mahasiswa bisa mendapatkan materi sedini mungkin tentang sikap profesional yang diperlukan nanti sebagai seorang karyawan yang bekerja pada dunia pariwisata,” imbuh Suarta.

Kegiatan Professional Career Development Mahasiswa dan Dosen ini menjadi kegiatan annual yang digelar oleh Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali. “Kegiatan ini berlangsung setiap tahun untuk mahasiswa semester dua dan untuk dosen di lingkungan jurusan Pariwisata,” papar Suarta.

 Sementara itu, Sekretaris Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali, Dr. I Ketut Budarma, M.Par., MMTHRL mengatakan kegiatan ini juga dilakukan untuk memotivasi mahasiswa melalui seminar motivasi yang menjadi rangkaian dalam kegiatan.

“Kami juga ingin mahasiswa kami dapat termotivasi. Pengetahuan mahasiswa mengenai branding hotel tempat digelarnya Professional Career Development juga akan meningkat dan mahasiswa kami juga akan mengetahui syarat agar bisa bekerja sampai jenjang Manager,” tutur Budarma.

 Pihak ST. Regis juga memberikan dukungan penuh seperti yang dikatakan oleh Dewa Putrayadnya selaku Assistant Manager, Learning and Development-Complex.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Politeknik Negeri Bali dalam kesempatan ini mempercayai ST. Regis untuk melaksanakan kegiatan ini. Menurut kami program ini sangat positif untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa,” ucapnya.

(rb/tir/mus/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia