Minggu, 19 Aug 2018
radarbali
icon featured
Metro Denpasar

Denpasar Raih Rata-rata Nilai Tertinggi Unas SMP, SMPN 3 Jagoannya…

Jumat, 25 May 2018 13:19 | editor : ali mustofa

unas smp, disdik denpasar, smpn 3 denpasar

SERVER MATI: Pelajar SMP di Jembrana terpaksa belajar lagi setelah terganggu server mati saat UNBK beberapa waktu lalu (dok.radarbali)

DENPASAR - Hasil ujian nasional (unas), baik ujian nasional berbasis komputer (UNBK) atau Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) diumumkan hari ini.

Untuk 10 besar rata-rata nilai Unas tertinggi di Bali,  diborong  7 sekolah dari Kota Denpasar. Sedangkan untuk siswa yang meraih nilai tertinggi di Bali diborong SMPN 3 Denpasar.

Kadisdikpora Denpasar I Wayan Gunawan mengatakan, SMP dengan rata-rata nilai Unas tertinggi di Bali, yakni SMPN 1 Denpasar dengan nilai rata-rata 353,41.

SMPN 9 Denpasar dengan nilai rata-rata 337,61; SMNP 3 Denpasar dengan nilai rata-rata 336,40; SMP AMI Denpasar dengan nilai rata-rata 335,19; SMPTK Bali Star Academy Denpasar

dengan nilai rata-rata 324,90; SMPN 7 Denpasar dengan nilai rata-rata 312,83, dan SMP Taman Rama School Denpasar dengan nilai rata-rata 302,62.

Untuk siswa yang memperoleh nilai Unas tertinggi diborong pelajar SMPN 3 Denpasar, yaitu Made Dwinanda Prabawa Mahardana, dengan nilai 392,00, dan

Vianta Vicakkhana Wiguna dengan nilai 389,50. Ketiga dengan jumlah nilai sama, yakni Made Swastika Nata Negara dan Putu Tanisya Putri Wirawan mencapai 397,50.

Mantan Kadis Pariwisata ini mengimbau, agar anak kelas 3 SMP yang baru lulus ini untuk berkonsentrasi melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA.

Dia meminta agar kelulusan ini jangan dirayakan secara berlebihan, apalagi sampai menganggu lingkungan.

Sebab, menurutnya, peserta Unas berjumlah 13.422  kemungkinan bisa melakukan euforia. Maka dari itu, Gunawan akan bekerjasama dengan pihak Polresta agar ikut mengawasi.

“Kami menginformasikan kepala sekolahnya  untuk memberi tahu anak-anak. Kami minta Polresta  untuk ikut mengawasi siapa tahu 13 ribu peserta yang lulus UN melakukan euforia,” ucapnya.

Nah, untuk siswa yang berhasil masuk tiga besar nilai tertinggi, dari pihak Disdikpora memberikan penghargaan berupa uang tunai.

Untuk peringkat pertama mendapatkan uang sebesar Rp 7 juta, kedua Rp 6 juta, dan ketiga Rp 5 juta. 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 3 Denpasar, Wayan Murdana sangat berterimakasih kepada semua pihak terutama orang tua siswa yang mendukung secara penuh.

Murdana mengaku melawati ujian nasional tahun ini penuh dengan rasa cemas dan kekhawatiran. Sebab, pada hari pertama Unas, tiba-tiba ada gangguan pada server yang mengakibatkan ujian tertunda selama dua jam.

Lanjutnya, hal itu pun berdampak pada mental dan psikologi anak-anak. Dan Murdana tidak menyangka keempat siswanya berhasil masuk tiga besar nilai Unas tertinggi.

“Terbukti juga anak kami tahan banting. Saya juga sudah takut. Saya ngeri waktu itu. Bersyukur anak kami tidak terpengaruh oleh hal-hal itu. Buktinya mereka masih bisa bertahan. Dari segi mental. Kami tidak terpengaruh,” jelasnya.

SMP DENGAN RATA-RATA NILAU UN TERTINGGI DI BALI

NAMA                                                                            NILAI RATA-RATA

SMPN 1 DENPASAR                                                         353,41

SMPN 9 DENPASAR                                                         337,61

SMPN 3 DENPASAR                                                         336,40

SMP AMI DENPASAR                                                       335,19

SMPTK BALI STAR ACADEMY DENPASAR                           324,90

SMPN 1 GIANYAR                                                           315,46

SMPN 7 DENPASAR                                                         312,83

SMP WIDIATMIKA BADUNG                                              311,09

SMP CENDEKIA HARAPAN BADUNG                                   304, 81

SMP TAMAN RAMA SCHOOL DENPASAR                             302, 62

(rb/feb/mus/mus/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia