Jumat, 17 Aug 2018
radarbali
icon featured
Events

Endek Lovers, Kiat Denpasar Lestarikan Kain Endek

Senin, 11 Jun 2018 20:35 | editor : ali mustofa

endek lovers, duta endek, kota denpasar

ENDEK LOVERS: Para peserta lenggak-lenggok di atas catwalk memperkenalkan endek yang dikenakan (Adrian Suwanto/Radar Bali)

DENPASAR – Kain endek sudah menjadi identitas Denpasar, umumnya. Untuk bikin booming kain endek, beragam cara dilakukan.

Salah satunya dengan menggelar Endek Lovers. Ajang ini sekaligus untuk menunjukkan kecintaan generasi muda terhadap produksi anak bangsa.

“Tahun ini kembali kita gelar Endek Lovers dengan mengangkat Tema Remarkable Of Endek menggaet insan anak-anak, anak muda hingga kalangan umum,’” ujar Ketua Duta Endek Denpasar I Putu Arik Alfian Wikancana.

Menurut Alfian yang didampingi Katua Panitia Endek Lovers 2018 Luh Komang Utari Candra Laksmi, lomba digelar dari Lomba photography yang terbuka untuk umum

mengambil  tema Stylish With Endek dengan pengumpulan foto dimulai dari tanggal 22 Mei-22 Juni 2018 bertempat di Gedung Sewaka Dharma Lumintang lantai 3.

“Lomba Photography para peserta dapat menghubungi kontak person 085739468671 atas nama Gung Putra,”ujarnya.

Sementara lomba pidato dengan Tema Endek is Our Produck of Culture dibagi dua kategori yakni Kategori A untuk kalangan SMP dan Kategori B untuk tingat SMA,

dengan pelaksanaan pendaftaran pada 22 Mei sampai 8 Juni 2018 bertampat di Gedung Sewaka Dharma Lumintang.

Lomba mewarnai dengan Tema Remarkable of Endek  dibagi menjadi dua kategori yakni TK dan SD dari kelas 1-3.

Untuk mewarnai pelaksanaan registrasi pendaftaran pada 22 Mei hingga 22 Juni di Lantai 3 Gedung Sewaka Dharma Lumintang. Lomba Fashion Show dibagai menjadi lima kategori.

Meliputi Kategori A dari siswa Kelas 3 SD – 6 SD menggunakan seragam Endek menyesuaikan dengan seragam sekolah, 50 persen Endek atasan dan 50 persen seragam sekolah.

Sedangkan  kategori B untuk tingkat SMP menggunakan busana Endek berupa kaos atau Polo T-Shirt  dengan 30 persen Endek dan 70 persen polosan.

Kategori SMA menggunakan baju pesta berbahan Endek atau Evening Gown modifikasi Endek, serta kategori umum dari umur 18 tahun – 25 tahun

menggunakan busana Endek kantoran dan untuk big size umur 18 tahun hingga 25 tahun menggunakan busana Endek kantoran.

“Kami mencoba dalam lomba fashion show ini melibatkan berbagai umur dan berbagai kalangan dengan tema Endek For All Generation,

sehingga kita nantinya dapat melihat berbagai ragam motif, dan desain Endek dari kalangan siswa sekolah hingga kantoran,”ujarnya.

Kadis Perindag Denpasar Wayan Gatra mengatakan, Endek Lovers sebagai program kerja Duta Endek untuk mengangkat kualitas dari endek tersebut tanpa

melupakan pakemnya di dalam berbagai inovasi dan kreasi baik dari segi keterampilan, wirausaha, entertain dan perkembangan fashion.

“Dari penyelenggaraan kegiatan ini, yaitu untuk menyadarkan masyarakat Bali khususnya anak-anak, remaja, maupun masyarakat umum dalam melestarikan endek,” pungkas Gatra.

(rb/feb/mus/mus/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia