Senin, 18 Nov 2019
radarbali
icon featured
Travelling

Wisatawan Mulai Sesaki Bali, Lampaui Target Kementerian Pariwisata

14 Desember 2018, 01: 15: 59 WIB | editor : ali mustofa

wisatawan domestik, pariwisata bali, pariwisata badung, kementerian pariwisata

RAMAI: Wisatawan domestik kunjungi Pantai Pandawa, Badung (Miftahuddin Halim/Radar Bali)

Share this      

MANGUPURA - Jelang pergantian tahun baru, kunjungan wisatawan Nusantara (Wisnus) ke Bali merangkak naik.

Sejumlah objek wisata di Badung mulai disebut wisatawan. Seperti Pantai Kuta, Pantai Pandawa, dan sejumlah objek wisata lain.

Kepala Dinas Pariwisata Badung I Made Badra mengatakan, jumlah perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) yang pada tahun 2018 ditargetkan sebesar 265 juta perjalanan.

Namun, angka itu telah melampaui target di angka 277 juta perjalanan atau 104.53 persen. Sementara capaian wisatawan nusantara via Bandara Ngurah Rai Bali pada 2018 sebanyak 9.835.633 orang.

“Sudah melampaui target kami,” kata Badra. Kata dia, pencapaian ini didorong banyaknya libur ganda dan libur nasional,

event yang berskala nasional yang terjadwal secara tepat (Calendar of Event), maupun event di daerah perbatasan (cross border tourism).

“Selain itu faktor lain yang mendukung adalah pertumbuhan telekomunikasi yang cukup pesat serta teknologi informasi, dan semakin banyaknya konektivitas penghubung antar pulau melalui angkutan darat, laut dan udara,” jelasnya.

Sebagai catatan, kunjungan wisatawan mancanegara ke Badung mengalami peningkatan. Dari target 6.502.400 orang wisatawan, terealisasi 6.045.979 orang kunjungan wisatawan ke Badung.

Angka tersebut mengalami peningkatan dibanding kunjungan wisatawan di tahun 2017 yakni 5.522.000 orang kunjungan wisatawan.

“Kami tetap optimistis akan mencapai target sampai Desember 2018 atau akhir tahun ini. Asalkan tidak ada bencana alam atau penutupan bandara saja,” pungkasnya. 

(rb/dwi/mus/JPR)

 TOP