Senin, 25 Mar 2019
radarbali
icon featured
Politika

TERHARU! Menangis di Pelukan Ayah, Suwirta Janji Sejalan dengan Koster

17 Desember 2018, 17: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

gubernur koster, bupati suwirta, pelantikan bupati, pembangunan klungkung

PELUK AYAH: Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memeluk ayahnya sambil berurai air mata usai dilantik jadi bupati kemarin (Ni Kadek Novi Febriani/Radar Bali)

DENPASAR - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Wakil Bupati I Made Kasta resmi kembali ke tampuk pimpinan tertinggi di Bumi Serombotan.

Keduanya dilantik Gubernur Bali I Wayan Koster sebagai wakil Mendagri di daerah di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali kemarin.

Kepada bupati dan wakil bupati terpilih, Gubernur Koster mengarahkan keduanya untuk lebih mengutamakan bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur,

pariwisata, dan perbaikan lingkungan dengan tetap memperhatikan asas-asas pengelolaan anggaran serta undang-undang yang lebih tinggi.

Sementara untuk penyusunan RPJMD Kabupaten Klungkung ke dapan dia berharap sesuai dengan konsep pembangunan yang telah tertuang dalam program provinsi.

Selain itu, Koster juga mengapresiasi pelaksanaan pilkada serentak termasuk pemilihan bupati dan wakil bupati Klungkung bisa berjalan dengan aman, damai dan lancar serta telah menghasilkan pemimpin terbaik pilihan rakyat.

“Hal ini tidak terlepas dari partisipasi aktif seluruh komponen yang terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pilkada,” tandasnya.

Sementara itu, Suwirta yang ditemui usai pelantikan menjamin programnya tidak ada menyimpang dengan visi misi gubernur Bali.

Ia akan lebih melakukan pemberdayan masyarakat dengan wirausaha masuk desa.  Disamping itu, dalam mengentaskan kemiskinan, hal yang dia tekankan akan menyelesaikan bedah rumah pada tahun 2020.

Jadi, caranya dia meminta perbekel serta kepala dusun mendata warganya yang butuh bedah rumah. Jika ada terlewat, perbekel dan kepala dusun siap-siap menerima sanksi.

“Menuntaskan kemiskinan ya bicara bedah rumah. Target saya, tahun 2020 bedah rumah selesai. Bagaimana  caranya 2019 data rehab rumah harus masuk semuanya.

Kalau tidak masuk, perbekel dan kepala dusun akan saya kenakan sanksi. Apakah berupa sanksi teguran atau lainnya,” cetusnya.

Ada hal yang menarik usai pelantikan kemarin. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sempat menangis ketika berpelukan dengan ayahnya.

Bahkan, dia harus meminta tisu karena matanya terus mengeluarkan air mata dan wajahnya pun tiba-tiba berubah warna menjadi merah. 

(rb/feb/mus/JPR)

 TOP