Sabtu, 19 Jan 2019
radarbali
icon featured
Politika

Didepak dari Kursi Ketua Fraksi Golkar, Gunawan: Biasa Saja, Tak Kaget

10 Januari 2019, 16: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

golkar bali, sumarjaya linggih, wayan gunawan, fraksi golkar, dprd bali

Mantan Ketua Fraksi Golkar Bali I Wayan Gunawan (Adrian Suwanto/Radar Bali)

DENPASAR – Baru beberapa minggu menjabat sebagai Plt Ketua Golkar Bali, Gde Sumarjaya Linggih alias Demer mulai menunjukkan ketegasannya sebagai pemimpin partai berlambang pohon beringin.

Setelah aksi gebrak meja, kemudian demo musdalub, sekarang tiba-tiba Demer mencopot I Wayan Gunawan sebagai ketua Fraksi Golkar DPRD Bali.

Gunawan adalah politisi Golkar asal Bangli yang menjabat sebagai ketua fraksi tiga periode terakhir. pergantian ini berdasar SK DPD Golkar Bali Nomor : Kep-01/Golkarda/I/2019.

Dikonfirmasi secara terpisah dengan I Wayan Gunawan, ia mengaku tidak ada pemberitahuan mengenai  pencopotan dirinya sebagai ketua fraksi.

Bahkan, dia mengaku baru tahu dari media. Selain itu, anehnya Gunawan tak kaget dirinya diganti  dan menerima saja keputusan partai.

“Saya tahu baru tadi (kemarin pagi) dari media. Saya menerima saja. Karena saya merupakan perpanjangan tangan dari partai.

Siap melaksanakan tugas. Maksimal sudah menjalankan amanat partai dan tugas partai. Saya tidak kaget lah urusan seperti ini,” jelasnya.

Menurutnya, belasan tahun menjadi ketua Fraksi di DPRD Bali, Gunawan sudah bekerja sesuai tugas partai.

Ia menanggapi  biasa-biasa saja dan menerima tanpa melakukan protes atau perlawanan. “Ya biasa-biasa saja. Tidak kagetlah. Apa yang dikagetkan,” ucapnya.

Di lain sisi, I Made Dauh Wijana mengatakan  bahwa sudah ada pemberitahuan mengenai pergantian tersebut. Tinggal diselesaikan ditingkat lembaga DPRD Bali. 

Saat ditanya penugasan ini  apakah  mendadak, Dauh mengaku tidak tahu, karena kewenangan ada ditingkat DPD I.

Dirinya yang menjabat di DPD II hanya menerima saja. Dan Ia menganggap suatu hal yang biasa. “Mungkin sudah ada prosedur yang sudah dilakukan hal biasa saja itu ya,” pungkasnya.

Pendapat berbeda dikatakan Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Daerah DPD  I Golkar Bali, I Gusti Putu Wijaya. Dia mengatakan tidak tahu terkait pergantian I Wayan Gunawan sebagai ketua Fraksi Golkar di DPRD Bali.

Apalagi pergantian tersebut tanpa melalui rapat pleno. Karena pergantian fraksi berdasar Peraturan Organisasi Nomor 04/DPP/Golkar/VII/ 2010 harus ditetapkan di rapat pleno.

Dikatakan usulan boleh dari rapat harian, tetapi penetapan diplenokan. “ Saya juga belum lihat suratnya.  Ya sesungguhnya mekanismenya dengan pleno. Kalau belum pleno kan jangan di SK kan dulu ya,” jelasnya.

PENGURUS FRAKSI GOLKAR DPRD BALI 2014-2019

Penasehat          : I Nyoman Sugawa Korry

Ketua                    : Made Dauh Wijana

Wakil Ketua        : IB Gede Udiyana

Wakil Ketua        : Wayan Rawan Atmaja

Sekretaris                            : IGK Kresna Budi

Bendahara                          : Ni Putu Yuliartini

Anggota                               : Nyoman Wirya

                                                  I Made Suardana

                                                  IB Pada Kusuma

                                                  I Ketut Suwandi

                                                  Wayan Gunawan

(rb/feb/mus/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia