Selasa, 18 Jun 2019
radarbali
icon featured
Radar Buleleng

Oven Kelapa untuk Jadi Kopra, Gudang Wabup Jembrana Bali Terbakar

11 Februari 2019, 07: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

gudang kelapa, oven kopra, wabup jembrana, polres jembrana

Gudang kelapa milik keluarga Wabup Jembrana Kembang Hartawan ludes terbakar (Anom Suardana/Radar Bali)

Share this      

NEGARA - Pekerja di gudang kelapa milik Ni Ketut Wiarti, 60, di banjar Cepaka, Pangyangan, Pekutatan Minggu (10/2) sore dikagetkan oleh kepulan asap tebal dari lokasi pengovenan.

Ternyata setelah di telisik ternyata api sudah membesar membakar gudang kelapa itu. Awalnya sekitar pukuk 10.00 Ni Made Ariani, 40, bersama pekerja lain melakukan pengasapan kelapa (oven) di gudang kelapa itu.

Selain mengoven kelapa untuk dijadikan kopra, mereka juga melakukan kegiatan lain seperti ikut menurunkan kelapa butiran dari atas kendaraan.

Lalu sekitar pukul 16.30 Ariani melihat asap mengepul dan api sudah mulai membesar. Para pekerja kemudian berusaha memadamkan api namun tidak berhasil.

Karena api sudah terlalu besar, api kemudian melalap gudang kelapa milik keluarga Wabup I Made Kembang Hartawan itu.

Mereka kemudian menghubungi pemadam kebakaran  Pemkab Jembrana. Tiga unit mobil pemadam kemudia meluncur ke lokasi dan setelah tiba langsung berusaha memadamkan api dibantu warga sekitar.

Setelah dua jam berusaha padamkan api, akhirnya api yang melalap gudang kelapa ukuran 7X5 meter berdinding batako dan beratap  di seberang jalan depan rumah Wabup Kembang Hartawan itu berhasil dipadamkan.

Namun gudang bersama sekitar 5 ribu butir kelapa didalamnya ludes terbakar. "Penyebab kebakaran masih diselidiki. Kerugian yang ditimbulkan sekitar limapuluh juta rupiah,"ujar Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP  Pramagita.

(rb/nom/mus/JPR)

 TOP