Rabu, 16 Oct 2019
radarbali
icon featured
Dwipa

Sebulan Tiga Jabatan Kadis Berstatus Plt, Dewan Tabanan Protes

17 Maret 2019, 07: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

jabatan kadis, status plt, dewan tabanan, pemkab tabanan

Ilustrasi (dok.jawapos.com)

Share this      

TABANAN – Pasca merotasi Pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Tabanan bulan Februari lalu, ada tiga jabatan di eselon IIB atau kepala dinas yang masih dibiarkan kosong.

Hingga kini pemerintah Tabanan melalui Badan Pengembangan Kepegawaian dan Sumber daya manusia (BKPSDM) belum melakukan pelelangan jabatan.

Tiga jabatan kepala dinas yang masih kosong itu sementara diisi pelaksana tugas (Plt). Tiga jabatan kepala dinas yang diisi oleh Plt di antaranya Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kepala Dinas Kominfo.

Kekosongan tiga jabatan kadis ini sontak mendapat sorotan sejumlah kalangan, termasuk anggota DPRD Tabanan.

Ketua Komisi I DPRD Tabanan I Putu Eka Putra Nurcahyadi menyatakan, tiga jabatan strategis sekelas kepala dinas tidak boleh dibiarkan lowong terlalu lama.

Meskipun sudah berstatus Plt, harus segera disiapkan pengganti. Khususnya jabatan kepala dinas pendidikan yang tanggung jawabnya dan pekerjaan begitu banyak dan besar.

 “Kalau urusan siapa yang akan menduduki jabatan, silakan jalankan dengan mekanisme yang ada. Dan siapa yang dipilih nantinya itu keputusan pimpinan. Namun, jangan dibiarkan jabatan strategis sekelas kepala dinas diulur-ulur lama,” ungkap Eka.

Eka mengaku sudah mengingatkan pimpinan di lingkungan eksekutif agar segera dilakukan lakukan pelelangan jabatan.

Dengan membentuk panitia seleksi (tim pansel) dan tim pansel tersebut harus independen. Pihaknya berharap pansel segera dibentuk dan dilaksanakan lelang jabatan kadis.

Jangan menunggu lama. Banyak persoalan dan pekerjaan yang sudah menunggu kepala dinas pendidikan.

“Apalagi kadis jabatan strategis dalam sebuah OPD yang juga banyak keputusan dan kebijakan yang urgen, masak harus Plt yang ambil,” imbuhnya Jumat kemarin.  

Di sisi lain, Kepala BKPSDM Tabanan I Wayan Sugatra mengaku belum melakukan pelelangan tiga jabatan kadis.

Pihaknya masih menyusun tahapannya, jadwal dan menyiapkan tim panselnya. “Tiga jabatan kadis kosong kan sudah diisi Plt,” kata Sugatra

Khususnya  kadis pendidikan yang masih kosong dan jabatan kadis yang lain tidak akan ada pengaruh. Meskipun pekerjaan, persoalan dan tugas yang banyak.    

“Pengisian waktu di PLt tidak ada batasannya menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Jadi tak ada masalah,” ungkapnya.

Untuk diketahui, ketiga jabatan kadis yakni Plt Kepala Dinas Pendidikan kini masih oleh Asisten I I Wayan Miarsana.

I Made Yasa yang telah digeser menjadi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM kembali ditunjuk jadi Plt Kepala Dinas Pariwisata, dan untuk Plt Kadis Kominfo diserahkan pada Kepala Dinas Perhubungan, Made Agus Hartawiguna. 

(rb/jul/mus/JPR)

 TOP