Rabu, 24 Apr 2019
radarbali
icon featured
Metro Denpasar

2.000 Penari Pendet Sambut Jokowi, Pasar Badung siap Grand Opening

21 Maret 2019, 21: 15: 59 WIB | editor : ali mustofa

pasar badung, presiden jokowi, 2.000 penari pendet, grand opening

Ratusan siswi saat gladi bersih di Jalan Gajah Mada untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi besok (Miftahuddin Halim/Radar Bali)

DENPASAR – Waktu yang ditunggu-tunggu itu akhirnya datang. Presiden Joko Widodo dipastikan akan meresmikan Pasar Badung, Jumat (22/3) besok.

Dirut PD Pasar IB Kompyang Wiranata menjamin tidak ada masalah serius saat Pasar Badung diresmikan Presiden Jokowi. Permasalahan air, misalnya.

“Saya kira yang menimbulkan masalah yang besar tidak ada, mungkin hanya hal-hal kecil saja, seperti kebocoran kecil, toilet juga sambil jalan kita atasi,” katanya.

Tidak hanya itu, PD Pasar juga menyiapkan parkir online dan saat ini sudah masuk tahap pemasangan komputer.

Jika sudah selesai dilanjutkan dengan pelatihan petugas parkir karena PD Pasar baru pertama kali melaksanakan parkir online dan perlu adaptasi.

 “Setelah peresmian ini kami optimis parkir online sudah jalan, sama dengan pungutan online plus ada transaksi nontunai yang bekerjasama dengan Bank CMB Niaga, Go-Pay.

Untuk sosialisasi sudah, sekarang cuma mengubah perilaku pedagang saja karena transaksi online ini barang baru, kalau diketahui manfaatnya, nanti pedagang bisa  jual barangnya juga lewat online.

Karena masing-masing provider sudah punya link untuk bisa jualan online dan kalau ada wisatawan nggak bawa uang, bisa pakai kartu untuk bayar,” katanya.

Pantauan Jawa Pos Radar Bali, protokoler kepresidenan sudah memantau lokasi Pasar Badung untuk mensinkronkan antara rundown acara yang dibuat Pemkot Denpasar dengan protap (prosedur tetap) Paspampres.

“Rencana lokasi panggungnya yakni di depan lobi pasar. Kemudian bapak presiden datang dari barat dan disambut 2000 penari Pendet. Pak Presiden akan lewat Jalan Thamrin naik mobil, lalu turun di Jalan Gajah Mada di dekat pasar yang langsung disambut penari,” katanya.

2000 penari dibagi menjadi 1800 penari akan menari di Jalan Gajah Mada, dan 200 penari akan menari di halaman Pasar Badung.

Presiden Jokowi akan masuk lewat gapura di depan Pasar Badung menuju ke tempat undangan dan akan dilaksanakan acara seremonial.

 Usai menandatangani prasasti, Jokowi akan naik ke lantai satu pasar memantau kondisi pasar. “Saat itu akan disetting, dimana Pak Wali Kota akan memberikan penjelasan mengenai Pasar Badung ini.

Pedagang sudah kami atur yang di lantai satu agar tetap buka, kemudian dia menyapa pedagang, lantai satu saja rencananya yang akan dikunjungi,” imbuhnya.

 Selesai memantau pasar, Presiden Jokowi akan diarahkan ke mural yang berada di timur Pasar Badung dan juga dijelaskan mengenai makna mural tersebut.

Selanjutnya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini akan diajak turun ke Tukad Badung (Tukad Korea) untuk meninjau lukisan kopi.

Kemudian, meninjau lukisan kopi, langsung menuju ke Jalan Gajah Mada untuk meninggalkan lokasi. Peresmian ini akan digelar pukul 17.00  dan pukul 15.00 undangan sudah hadir.

“Untuk Jalan Gajah Mada, tiga jam sebelum acara sudah harus steril,” katanya. 

(rb/feb/mus/JPR)

 TOP