Sabtu, 20 Apr 2019
radarbali
icon featured
Hukum & Kriminal

Salahgunakan VoA, Jadi Instruktur Ilegal, Dua WNA Dideportasi Imigrasi

26 Maret 2019, 07: 08: 59 WIB | editor : ali mustofa

langgar izin tinggal, penyalahgunaan voa, wn italia, wn ceko, imigrasi singaraja

WNA Italia berinisial PC dimintai keterangan sebelum dideportasi Imigrasi. PC diduga melanggar izin tinggal selama di Bali (Imigrasi Singaraja for Radar Bali)

SINGARAJA – Sebanyak dua orang warga negara asing (WNA) yang sempat singgah di Kabupaten Buleleng, terpaksa dideportasi.

Keduanya diduga menyalahgunakan izin tinggal yang diterbitkan pihak imigrasi. WNA yang dideportasi itu masing-masing berinisial PC, 34, asal Italia.

Ia masuk ke Singaraja beberapa pekan lalu menggunakan Visa on Arrival (VoA). Faktanya pihak imigrasi menemukan PC bekerja sebagai instruktur zumba.

Selain itu seorang WNA asal Republik Ceko berinisial LB, 27, juga dideportasi. Dia diduga menyalagunakan VoA yang dikantongi.

Sebab LB ditemukan sebagai instruktur yoga pada sebuah hotel di Kecamatan Tejakula. Mestinya ia mengurus visa sebagai pekerja, bila ingin menjadi instruktur yoga.

Kedua WNA itu telah dideportasi Kantor Imigrasi TPI Singaraja belum lama ini, melalui Bandara Ngurah Rai.

Kantor Imigrasi juga mengusulkan pad Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi, agar keduanya dicekal selama enam bulan kedepan.

Kasi Intelijen Kantor Imigrasi TPI Singaraja Thomas Aries Munandar mengatakan, dua WNA itu dipastikan menyalahi izin tinggal.

“Mereka berdua itu masuk ke Bali menggunakan VoA. Itu visa untuk kunjungan, atau berlibur. Tapi saat kami melakukan pengawasan, kami menemukan mereka sedang bekerja,” kata Thomas

didampingi Kasi Informasi Kantor Imigrasi Singaraja, Hartono, saat memberikan keterangan pers pagi kemarin.

(rb/eps/mus/JPR)

 TOP