Kamis, 20 Jun 2019
radarbali
icon featured
Politika

Viral! Beredar Calon Legislator dan Senator Asal Bali Lolos Ke Senayan

19 April 2019, 20: 15: 59 WIB | editor : ali mustofa

Pemilu 2019, Pileg 2019, Pilpres 2019, PDI Perjuangan Bali, Alit Kelakan, Caleg Lolos Senayan, Caleg DPR RI, DPD RI, tokoh bali, politisi Bali,

LOLOS KE SENAYAN : Empat dari sembilan nama calon legislatif asal Bali yang lolos ke Senayan (Istimewa)

Share this      

DENPASAR-Meski pihak DPD PDI Perjuangan Bali mengklaim telah mengamankan lima nama caleg yang juga kadernya duduk di gedung DPR RI, namun soal nama, pihak internal partai berlambang banteng moncong putih ini belum bisa memastikan.

Meski begitu, dari lima nama, empat kader yang lolos ke gedung Senayan di Jakarta itu sudah beredar luas melalui pesan watsapp (WA).

Keempat nama kader PDI Perjuangan Bali yang hampir dipastikan lolos ke gedung Senayan itu, yakni I Made Urip, I Nyoman Partha, I Wayan Sudirta, dan IGN Alit Kelakan.

Bahkan selain empat nama itu, ada nama lain dari PDI Perjuangan dan juga partai lain yang lolos ke DPR RI.

Sejumlah nama itu yakni IG Agung Rai Wirajaya (PDIP), I Ketut Kariyasa Adnyana/IG Agung Astrid Kartika (PDIP); Gde Sumerjaya Linggih (Golkar); Putu Supadma Rudana (Demokrat); dan Ni Luh Jelantik (Nasdem).

Terkait sejumlah nama yang lolos ke DPR RI, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDIP Bali, IGN Kesuma Alit Kelakan saat dikonfirmasi, Jumat (19/4) memberikan jawaban diplomatis. “Ya mirip-mirip lah. Tapi, menurut saya tetap harus menunggu hasil KPU,” tukasnya.

Disinggung calon anggota DPD RI, Alit juga mengaku optimistis jika calon yang diusung PDIP bisa melaju. Calon anggota DPD RI yang diusung PDIP adalah IB Ketut Purbanegara, AA Gde Agung, dan Sri Wigunawati.

Namun, untuk data perolehan suara DPD menurut Alit tidak bisa diketahui. Sebab, partai tidak bisa mengirim saksi untuk calon DPD. “Calon anggota DPD yang didukung partai kemungkinan besar terpilih karena digerakkan mesin partai dan dukungan masyarakat,” tukasnya.

Sebelumnya, Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster juga menyampaikan rasa optimistisnya mampu meraih minimal lima kursi, bahkan bisa lebih. Begitu juga di DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

Apalagi, perolehan suara partai untuk DPR RI sampai saat ini sudah diatas 55 persen. Demikian pula untuk perolehan suara DPRD Provinsi juga sudah di kisaran tersebut. Kursi yang bisa diraih diperkirakan meningkat dari 24 menjadi 30 kursi dari total 55 kursi DPRD Bali. Untuk DPRD kabupaten/kota, pihaknya meyakini persentase perolehan suara tidak akan jauh berbeda.

“Dulu kan kalah di Karangasem dan Klungkung. Di Klungkung kami menang, Karangasem menang. Dulu tujuh kursi, dugaan saya sekarang minimum 9 kursi keatas,” kata Koster. Koster mengimbau agar kemenangan ini tidak dirayakan dengan berpesta pora. Namun cukup memanjatkan doa sebagai ungkapan rasa syukur

Di lain sisi, sempat ramai beredar nama-nama calon anggota DPR RI dan DPD RI yang terpilih. Nama calon DPR RI dan DPD RI terpilih tersebut tersiar melalui WA. Dari pesan yang beredar, ada sembilan nama caleg DPR RI yang berpeluang lolos ke Senayan.

Sementara nama yang diprediksi bakal melaju menjadi anggota legislator atau DPD RI adalah Arya Weda Karna, Mangku Pastika, AA Gde Agung, dan Dewa Ayu Putu Sri Wigunawati. Yang menarik dari empat nama tersebut, hanya satu nama petahana yaitu Arya Weda Karna yang tercantum. Sisanya adalah pendatang baru.

(rb/san/pra/mus/JPR)

 TOP