Selasa, 12 Nov 2019
radarbali
icon featured
Politika

Woow…Pensiun, Dewan Gianyar Terima “Pesangon” Puluhan Juta

18 Mei 2019, 06: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

uang pensiun, dewan gianyar, pesangon dewan

Ilustrasi (dok.jawapos.com)

Share this      

GIANYAR – Pelantikan Anggota DPRD Gianyar periode 2019-2024 akan dijadwalkan pada 12 Agustus mendatang.

Bagi dewan periode sebelumnya (2014-2019), akan memperoleh dana purnabakti dan uang jasa pengabdian mencapai puluhan juta.

Dana tersebut akan dibayarkan melalui Yayasan Purnabakti DPR. Menurut Sekretaris DPRD Gianyar Wayan Artana, untuk dana purnabakti itu sifatnya seperti tabungan yang dibayarkan setiap bulan selama 5 tahun bertugas.

“Dewan setiap bulan dipotong dana purnabakti. Nanti dana itu akan diserahkan kepada dewan ketika mengakhiri masa tugas,” ujar Artana kemarin.

Kata dia, dana purnabakti itu jumlahnya bervariatif tergantung jabatan di DPRD. Untuk Ketua DPRD dipotong Rp 700 ribu per bulan, wakil ketua dipotong Rp 600 ribu per bulan dan anggota DPRD dipotong Rp 500 ribu per bulan.

Sehingga, ketika mengakhiri masa tugas, ketua dewan akan memperoleh Rp 700 ribu selama 5 tahun atau sebesar Rp 42 juta.

Sedangkan, wakil ketua dewan memperoleh Rp 36 juta dan anggota memperoleh Rp 30 juta.

Selain itu, dewan juga memperoleh uang jasa pengabdian yang jumlahnya 6 x uang representasi. Untuk ketua dewan memperoleh uang representasi sebesar Rp 2,1 juta dan anggota memperoleh Rp 1,7 juta.

Sehingga, apabila dikalikan 6, maka uang jasa pengabdian untuk ketua dewan mencapai Rp 12,6 juta dan anggota memperoleh Rp 10,2 juta.

Dari dua “pesangon” tersebut, ketua dewan akan memperoleh dana akhir periode dengan total Rp 54, 6 juta dan anggota dewan memperoleh total Rp 40,2 juta.

“Itu sesuai dengan aturan yang ada. Itu baru perkiraan,” terangnya. Menurut Artana, apabila berkaca pada periode sebelumnya, dewan diresmikan pada tanggal 11 Agustus 2014 lalu.

“Karena nanti 11 Agustus hari Minggu, kemungkinan besar jadwal peresmian dewan tanggal 12 Agustus 2019,” jelasnya.

Namun, Sekretariat DPRD akan menunggu keputusan KPU RI untuk menetapkan caleg terpilih. “Lalu ditetapkan berdasarkan Pergub. Setelah itu baru kami bisa menyiapkan pakaian dewan, dan pin,” jelasnya.

Nantinya, format peresmian, dewan periode sebelumnya akan hadir bersama dewan periode baru. “Nanti seperti serah terima jabatan. Yang lama ikut hadir, digantikan oleh yang baru,” tukasnya. 

(rb/dra/mus/JPR)

 TOP