Kamis, 14 Nov 2019
radarbali
icon featured
Ekonomi
CEO Insight

Dana Pendidikan Anak Jadi Kebutuhan, Ini Tips Rio Christian…

23 Juni 2019, 07: 20: 48 WIB | editor : ali mustofa

dana pendidikan anak, ceo bpr kas, rio christian, investasi pendidikan

Founder BPR KAS Indonesia Rio Christian (Istimewa)

Share this      

DENPASAR – Memberikan pendidikan terbaik bagi anak, merupakan salah satu upaya Kita sebagai orang tua, dalam memberikan masa depan lebih baik baginya.

Pendidikan itu, salah satu upaya memutus rantai kemiskinan, atau menciptakan kehidupan lebih baik.

Namun, seringkali Kita sebagai orang tua dengan latar belakang ekonomi dan pengetahuan financial berbeda-beda, menganggap tidak serius menyiapkan dana pendidikan bagi sang anak.

Memersiapkan dana pendidikan anak, sebenarnya tidak susah-susah amat. Namun, butuh komitmen tinggi. Salah satu cara memersiapkannya; mulailah membuka tabungan sejak dini.

Pilihlah, produk tabungan berjangka. Produk tabungan berjangka, ’’memaksa” Kita disiplin menyetor sebagian pendapatan setiap bulannya, dalam jangka waktu tertentu.

Tabungan berjangka memiliki keajaiban dalam penghitungan bunga, yang disebut sistem bunga majemuk (compounding interest).

Albert Einstein, salah satu ilmuwan jenius dunia, menyatakan; ’’Compound interest is the eighth wonder of the world. He who understands it, earns it… He who doesn't, pays it…”

Bagaimana cara compounding interest bekerja menciptakan keajaiban? Sederhananya, pendapatan bunga yang didapatkan setiap bulannya akan kembali diinvestasikan ke dalam pokok tabungan secara otomatis.

Dengan jangka waktu tabungan berjangka cukup panjang (10 sampai dengan 15 tahun), keajaiban itu riil terjadi.

Contohnya, jika Kita setiap bulan menabung Rp 1 juta dengan suku bunga majemuk 7,5 persen, selama 10 tahun.

Maka, hasil akhirnya menjadi Rp 181 juta. Kemudian, dengan nominal sama, namun dengan jangka waktu 15 tahun, maka hasil akhirnya Rp 336 juta.

Memulai tabungan berjangka beserta berapa nilai Kita menabung, tergantung tujuan akhir tabungan Kita. Tujuan akhir itu, akan Kita ketahui, jika Kita sudah tahu akan ke mana sang anak disekolahkan.

Dengan tahu sekolah mana yang dipilih, carilah tahu berapa biaya untuk masuk, serta informasi berapa persen biasanya kenaikan biaya di sekolah tersebut.

Kemudian, ukurlah berapa tahun lagi sang anak akan bersekolah di sana. Dengan tahu berbagai informasi tersebut, Kita akan tahu berapa nominal yang harus diinvestasikan dalam tabungan berjangka.

Simpanan Masa Depan Anak (SIMAPAN) adalah produk tabungan berjangka dari BPR KAS Indonesia. SIMAPAN itu produk tabungan lahir dengan misi membantu generasi milenial, memersiapkan sejak dini dana pendidikan anak.

Dengan misi tersebut, suku bunga jauh di atas rata-rata persentase inflasi 10 tahun terakhir. Tabungan SIMAPAN juga dilengkapi sistem auto debet dari rekening tabungan regular di BPR KAS.

Tujuan akhir misi SIMAPAN agar semakin banyak putra putri Bali dapat bersekolah di tempat terbaik. Sehingga, masa depannya cerah. Salam Perjuangan!. (*)

(rb/mus/mus/JPR)

 TOP