Selasa, 16 Jul 2019
radarbali
icon featured
Ekonomi

Kejar Hasil Tangkapan,Nelayan Badung Dibantu Alat Tangkap Ratusan Juta

24 Juni 2019, 02: 15: 59 WIB | editor : ali mustofa

kejar hasil tangkapan, nelayan badung, alat tangkap jutaan

Perahu Nelayan Kedonganan berjejer selepas mencari ikan di lautan lepas (dok.radarbali)

Share this      

MANGUPURA - Sejumlah Kelompok Nelayan di Kabupaten Badung kembali mendapat bantuan sarana dan prasarana untuk menangkap ikan.

Bantuan ini diberikan untuk meningkatkan tangkapan ikan bagi nelayan di Badung. Kasi Tangkap Ikan, Dinas Perikanan Kabupaten Badung I Gusti Made Aryana mengatakan,

pengadaan sarana dan prasarana pemberdayaan usaha skala kecil masyarakat kelautan dan perikanan (kelompok nelayan) untuk masyarakat kabupaten Badung.

Bantuan tersebut akan di berikan kepada dua kelompok nelayan yakni Kelompok Nelayan Sama Jaya dan Tanjung Sari yang lokasinya di Kelurahan Tuban Kecamatan Kuta, Badung.

Pengadaan lelang  sudah dimenangkan  CV Sarana Global Raya dan masih tahap pengerjaan selama tiga bulan sehingga September 2019 nanti baru bisa diserahkan.

“Ya, sudah ada pemenangnya dengan tawaran sebesar Rp 442.200.000 untuk pengadaan sarana dan prasarana ini dari pagu keseluruhan kami anggarkan sebesar Rp 519.600.600,” ujarnya.

Kata dia,  ada empat jeni sarana yang akan dihibahkan ke kelompok nelayan di Kabupaten Badung yakni jukung fiber model Cilacap, mesin motor tempel 15 PK, pancing (joran + kerek/reel overhead) dan juga life jaket.

Mengenai harga satuannya, jukung fiber model Cilacap akan dihibahkan sebanyak 6 unit  dengan total harga per unit Rp 26.180.000. 

Begitu juga mesin motor triplek 15 PK sebanyak 6 unit dengan harga per unit sebesar Rp 29.865.000. Pancing dihibahkan 6 unit pula dengan harga Rp 17.435.00 per unitnya.

Sedangkan 6 jaket dengan harga Rp 220.000 per unit. “Jadi totalnya semua Rp 442.200.000 yang akan kami hibahkan kepada kelompok nelayan di Badung. Kami harap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” terangnya.

Sementara dia berharap dengan adanya bantuan kepada kelompok nelayan membuat Kabupaten Badung menjadi sentra kelautan dan perikanan yang mandiri.

Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan Kabupaten Badung.

“Yang jelas dengan bantuan sarana dan prasarana ini kami mengharapkan hasil produksi atau tangkapan ikan di Badung makin meningkat,” pungkasnya.

(rb/dwi/mus/JPR)

 TOP