Minggu, 08 Dec 2019
radarbali
icon featured
Events
Selaras dengan Pergub dan Program Pemprov

Wagub Bali Siap Mendukung Aksi Bersih "Go Clean Our River 2019"

05 Juli 2019, 18: 36: 07 WIB | editor : ali mustofa

aksi bersih sungai, GCOR 2019, Wagub Bali, Cok Ace, Pemprov Bali, TNI/Polri, Pramuka Peduli Lingkungan, peduli lingkungan,

APRESIASI : Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (tengah) seusai menerima tim Jawa Pos Radar Bali (Marcell Pampur)

Share this      

DENPASAR-Upaya mendukung program lingkungan yang digalakkan Pemerintah Provinsi Bali Kita Bersih Sampah (KBS), tim radarbali.id (Radar Bali Digital) bersama panitia event “Go Clean Our River (GCOR 2019” menggelar audensi dengan Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.

Saat audensi yang juga melibatkan tim dari Jawa Pos Radar Bali (Radar Bali Koran) di ruang Wagub Bali, Kantor Gubenur Bali Jalan Basuki Rahmat No.1 Renon, Denpasar, Wagub Bali mewakili Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Karo Humas dan Protokol Setda Pemprov Bali AAN Oka Sutha Diana, menegaskan siap memberikan ruang dan dukungan penuh terhadap event bersih sungai yang rencananya akan dilaksanakan di kawasan Taman Mangrove Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai, Pemogan, Denpasar Selatan, pada Minggu (25/8) mendatang .

Dukungan Wagub Cok Ace-Sapaan Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, itu karena wagub menilai aksi kegiatan Bersih Sungai “Go Clean Our River 2019” ini selain sejalan dengan program KBS yang sudah digalakkan oleh Pemprov Bali, juga selaras dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali No 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai dan visi misi Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) “ Nangun Sad Kerthi Loka Bali” .

"Kami sangat berterima kasih. Kegiatan (Bersih sungai) di bulan Agustus “Go Clean Our River 2019” itu sangat positif. Apalagi even ini juga sangat sejalan dengan Pergub No.97/2018," terang Wagub Cok Ace di hadapan tim Go Clean Our River 2019.

Selanjutnya, dengan rencana kegiatan yang nantinya akan melibatkan seluruh elemen masyarakat (desa pekraman), institusi pemerintah seperti TNI, Polri, komunitas peduli lingkungan, Pramuka Peduli Lingkungan, mahasiswa, dan pelajar tingkat SMP/SMA, lanjut Cok Ace, pihaknya juga akan segera merekomendasikan dan berkoordinasi pihak terkait. “Nanti karena ada keterlibatan masyarakat, pelajar dan institusi lain, kami juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata,”tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia event “Go Clean Our River 2019” Didik D.Praptono usai audensi, menerangkan, selain mendukung program pemerintah daerah, kegiatan social peduli lingkungan bersih sungai ini juga digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) radarbali.id ke-1 dan menyemarakkan Hari Jadi Pemprov Bali ke-61

"Tentunya kami berterima kasih dengan dukungan yang disampaikan wagub terhadap kegiatan ini. Harapannya tentu melalui dukungan ini, apa yang menjadi visi misi Pemprov Bali serta komitmen untuk terus menjaga Bali bebas dari sampah khususnya sampah plastic bisa terwujud dan even ini lancar sesuai harapan,”terangnya

Selain itu, Didik juga menambahkan jika saat kegiatan nanti, selain melakukan aksi bersih sampah dengan memungut dan menganngkut sampah dari sungai, untuk mengurangi dampak pencemaran, juga akan dilakukan pemasangan jarring, bak sampah serta papan himbauan larangan sebagai bagian sosialisasi sekaligus edukasi kepada masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan dan tidak membuang sampah ke sungai.

“Mudah-mudahan melalui gerakan kecil “Memerdekakan Sungai dari Cemaran Sampah” ini, mampu menggugah kepedulian masyarakat untuk ikut bersama menjaga lingkungan. Sehingga kelestarian air dan ketersediaan air tetap terjaga,”tukas Didik.

(rb/pra/mar/mus/JPR)

 TOP