Kamis, 21 Nov 2019
radarbali
icon featured
Dwipa

Polisi Mulai Tertibkan Rental Motor Nakal di Nusa Penida

09 November 2019, 21: 15: 59 WIB | editor : ali mustofa

Polres Klungkung, Pulau Nusa Penida, Pelanggar Lalu Lintas, Rental Motor, Rental motor nakal, wisata nusa penida,

TANPA HELM DAN PLAT MOTOR : Salah satu contoh wisatawan di Nusa Penida yang tak mengenakan helm dan motor sewa yang tanpa TNBK (Istimewa)

Share this      

SEMARAPURA-Meski angka kecelakaan lalu lintas di Nusa Penida masih sangat kecil, namun sesuai data Satuan Lalu Lintas Polres Klungkung mencatat angka pelanggaran di wilayah ini cukup mengejutkan.

Bahkan dari data Satlantas Polres Klungkung, jumlah pelanggaran lalu lintas di Pulau Nusa Penida sangat tinggi.

“Kecelakaan lalu lintas di Nusa Penida terbilang masih lebih kecil dibandingkan dengan Klungkung daratan,” terang Kasat Lantas Polres Klungkung, AKP Made Teja Dwi Permana beberapa waktu lalu.

Meski jumlah laksa lantas di Nusa Penida cukup kecil, menurutnya pelanggaran lalu lintas di Nusa Penida cukup tinggi.

Bahkan akibat tingginya jumlah pelanggaran lalin, pihaknya kini sedang mengatensi.

Adapun pelanggaran yang banyak terjadi di Kecamatan Nusa Penida, kata Made Teja, yakni kendaraan yang tidak dilengkapi dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dan pengendara roda dua tidak menggunakan helm.

“Di Nusa Penida banyak sekali rental kendaraan yang tidak melengkapi kendaraan rentalnya dengan TNKB. Selain itu, penyewa kendaraan juga tidak memberikan helm kepada penyewanya. Di sana kan tujuan wisata yang sedang berkembang. Banyak wisatawan mancanegara yang menyewa sepeda motor dan tidak diberikan helm,” bebernya.

Untuk menekan jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di Nusa Penida, pihaknya mengaku telah menggencarkan sosialisasi. Sosialisasi yang dilakukan Satlantas Polres Klungkung itu utamanya ditujukan bagi pengusaha rental sepeda motor.

“Setiap rental motor harus menyediakan helm juga,” tukasnya. 

(rb/ayu/pra/mus/JPR)

 TOP