Minggu, 15 Dec 2019
radarbali
icon featured
Bali United

Jacksen Bawa Persipura Jadi Tim Sangar, Sukadana Minta Teco Waspada

10 November 2019, 08: 43: 31 WIB | editor : ali mustofa

bali united, liga 1, persipura jayapura, coach jacksen, tim sangar, wayan sukadana, coach teco, minta waspada

Pelatih Bali United Stefano Teco Cugurra (Miftahuddin Halim/Radar Bali)

Share this      

DENPASAR - Lupakan dulu siapa pemain yang ada di Persipura musim ini saat akan bersua Bali United di Stadion Delta Sidoarjo.

Sebab, kunci kesuksesan Persipura hingga mampu merangsek ke peringkat ketiga adalah sosok Jacksen F Tiago.

Pelatih berpaspor Brazil tersebut bisa diibaratkan sebagai sosok ayah yang sudah lama merantau dan meninggalkan keluarga, lalu kembali lagi ke rumah dengan segudang hadiah.

Jacksen F Tiago menjadi sosok sentral di Persipura Jayapura. Dia juga menjadi pelatih yang cukup sukses di Persipura Jayapura.

Setidaknya selama menungkangi tim Mutiara Hitam – sebutan Persipura, Jacksen F Tiago berhasil mempersembahkan tiga gelar ISL musim 2008/2009, 2010/11, dan 2013.

Di AFC Cup 2014, dia mampu mengantarkan Boaz Solossa dkk menembus babak semifinal. Sosok pelatih berusia 51 tahun tersebut dianggap oleh legenda sepakbola Bali I Wayan Sukadana sebagai pelatih yang berkarakter.

Dia tahu betul bagaimana karakteristik Jacksen F Tiago. Saat masih menjadi bek Persegi Gianyar, Sukadana juga sempat berduel langsung dengan mantan Pelatih Barito Putera tersebut.

Kala itu, Jacksen F Tiago menjadi penyerang utama Persebaya Surabaya.“Jacksen ini sosok yang pintar dan sudah lama di Persipura. Dia tahu karakteristik pemain seperti apa,

karena saya lihat, pemain lokal tidak banyak yang berubah. Dia itu punya kelebihan seperti pendekatan kepada pemain dari hati ke hati,” ucap Sukadana.

Terlebih, dia sempat menjadi Pelatih Persebaya Surabaya pada tahun 2003 – 2005 dan Teco menjadi pelatih fisik saat itu.

“Apalagi dia tahu kualitas Teco kan? Tapi bedanya, sekarang Jacksen yang coba mengejar Teco untuk meraih juara. Intinya, Bali United harus waspada dan kalau tidak, mereka akan kesulitan,” tuturnya. 

(rb/lit/mus/JPR)

 TOP