alexametrics
Senin, 18 Oct 2021
radarbali
Home > Radar Jembrana
icon featured
Radar Jembrana

2 Bulan 20 Kali Swab, Pasien Corona Terlama di Bali Tak Kunjung Sembuh

15 Juni 2020, 10: 54: 04 WIB | editor : ali mustofa

wabah corona, virus corona, dua bulan, 20 kali swab, pasien corona, tak kunjung sembuh, rsu negara

Ilustrasi test swab (Adrian Suwanto/Radar Bali)

Share this      

NEGARA – Pasien positif Coronavirus Disease (Covid-19) yang menjalani perawatan di ruang isolasi di RSU Negara, satu persatu pulang karena dari hasil swab dua kali negatif.

Namun, ada salah satu pasien menjadi pasien paling lama dibandingkan pasien di rumah sakit rujukan Covi-19 lain di Bali.

Direktur RSU Negara I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata mengatakan, jumlah pasien positif Covid-19 di Jembrana yang sudah pulang dengan hasil swab dua kali negatif sebanyak 18 orang.

Baca juga: Lagi Cari Kayu Bakar, IRT di Abang Teriak Histeris Temukan Suami Tewas

Dari seluruh pasien positif yang sudah sembuh, rata-rata lama perawatan pasien di ruang isolasi RSU Negara mencapai 8,5 hari.

Kecepatan kesembuhan pasien itu sangat tergantung kondisi masing-masing individu. Baik itu faktor stres maupun faktor penyakit komorbid yang dibawa.

“Semakin enjoy kondisi pasien dan minim tingkat stressnya, maka makin cepat juga penyembuhannya," ujar Gusti Ketut Oka Parwata.

Namun demikian, masih ada satu pasien yang sudah dirawat 2 bulan lebih, sejak 4 Mei belum sembuh.

Pasien asal kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, saat pertama dirawat merupakan pasien transmisi lokal pertama di Jembrana.

"Pasien ini sudah kita rawat cukup lama. Ini termasuk rekor paling lama juga di Bali,” jelasnya. Swab ulang yang dilakukan, sudah mencapai 20 kali.

Hasil swab terakhir sudah negatif Covid-19, namun belum bisa dipulangkan sebelum swab berikutnya negatif. Jika hasil swab kembali negatif secara beruntun, maka bisa dipulangkan. 

(rb/bas/mus/JPR)

 TOP