alexametrics
Jumat, 23 Oct 2020
radarbali
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Gencar Razia Prokes, Puluhan Pelanggar Langsung Bayar Denda di Tempat

Sisanya Lagi Disita KTP, Teguran, dan Push Up

17 September 2020, 20: 15: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

razia Prokes, Pergub 46/2020, Satpol PP Buleleng, Polres Buleleng, denda seratus ribu, tanpa masker, TNI Polri, sanksi Push Up, Sita KTP, zona merah,

SANKSI PUSH UP : Salah satu pelanggar saat terjaring razia tim yustisi di Jalan Komodo, Banyuning dan disanksi push up (Juliadi)

Share this      

SINGARAJA-Terus meningkatkan angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Buleleng membuat Tim yustisi gencar melakukan razia prokes (protokol kesehatan).

Selain kawasan zona merah dan pusat keramaian di Kecamatan Sukasada, Kubutambahan, dan Buleleng. Razia masker oleh aparat gabungan yang terdiri dari  Satpol PP, Dishub, TNI, dan Satgas Aman Nusa Polres Buleleng , juga menyasar sampai ke desa-desa.

Hasilnya, dari gelaran razia yang dilaksanakan sejak empat hari terakhir, puluhan pelanggar terjaring.

Kapolres Buleleng AKBP I Made Sinar Subawa, Kamis (17/9) menyebutkan, sejak pelaksanaan razia prokes, tercatat ada puluhan pelanggar prokes.

Rinciannya, 50 orang pelanggar prokes (tidak memakai masker) dikenakan sanksi denda sebesar Rp 100 ribu dan langsung bayar di tempat, 5 (lima) orang dilakukan penyitaan KTP, dan puluhan lainnya hanya diberikan peringatan dan teguran secara lisan.

“Meski ada pembayaran denda, namun (denda) itu tidak menjadi patokan bagi tim yustisi. (Poin-nya) bukan denda, tetapi bagaimana masyarakat taat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.

Pun dengan masih banyak masyarakat di desa-desa yang belum mematuhi protokol kesehatan, kapolres menegaskan jika hal itu akan menjadi fokus tim yustisi.

“Jadi tidak hanya di perkotaan saja. Kami juga akan turun ke desa-desa. Kemudian untuk masyarakat kami berharap lebih patuh sehingga tidak terjaring tim yustisi nanti,” tandasnya.

Sementara itu, dari pantauan Jawa Pos Radar Bali, saat gelaran razia prokes di Jalan Komodo, Kelurahan Banyuning, tim yustisi masih menemukan warga yang tidak menggunakan masker.

Tercatat, ada empat warga asal Kelurahan Banyuning yang kedapatan tidak menerapkan prokes saat berkendara.

Hanya saja, saat razia di Banyuning, petugas atau aparat tidak langsung memberikan sanksi denda seebsar Rp 100 ribu.

Melainkan, petugas lebih mengedepankan sisi edukasi dan humanis dengan memberi hukuman push up bagi warga yang tidak mengenakan masker sebanyak lima kali

(rb/jul/pra/JPR)

 TOP