alexametrics
Kamis, 29 Oct 2020
radarbali
Home > Metro Denpasar
icon featured
Metro Denpasar

Ny. Seniasih Panen dan Serahkan Tanaman Urban Farming di Kuta

Tinjau Program Hatinya PKK

20 September 2020, 17: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

program hatinya pkk, ny seniasih, panen urban farming, tanaman urban farming, kuta, pemkab badung

Ny. Seniasih Giri Prasta saat melakukan kunjungan sekaligus panen serta penyerahan tanaman urban farming kepada ibu-ibu PKK Kelurahan di salah satu rumah warga Banjar Jaba Jero, Kelurahan Kuta, Minggu (20/9). (Humas Pemkab Badung for Radar Bali)

Share this      

MANGUPURA - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta mengapresiasi pelaksanaan urban farming

(konsep pertanian perkotaan) sebagai wujud program halaman, asri, teratur, indah dan nyaman (Hatinya) PKK yang dilaksanakan di Kelurahan Kuta.

Hal tersebut disampaikan Ny. Seniasih Giri Prasta saat melakukan kunjungan sekaligus panen ke salah satu rumah warga

yang berhasil melakukan program Hatinya PKK yakni Putu Mariati warga Banjar Jaba Jero, Kelurahan Kuta, Minggu (20/9).

Putu Mariati berhasil memanfaatkan pekarangannya untuk tanaman sayuran-sayuran, buah, dan ikan lele.

Kunjungan yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ini turut dihadiri oleh Camat Kuta I Nyoman Rudiarta bersama Sekcam I Made Agus Suantara serta anggota TP PKK Kecamatan Kuta.

Pada kesempatan tersebut Ny. Seniasih Giri Prasta juga menyerahkan Urban Farming berupa apotik hidup seperti tanaman daun sirih, kunyit, dan jahe serta dapur hidup seperti tanaman lemon,

terong, seledri, paras seli, cabe, tomat dan karang sari berupa tanaman gumitir sekaligus  menyerahkan masker sebanyak 100 pcs kepada TP. PKK Kelurahan Kuta.

Disela-sela melakukan kunjungan Ketua TP.PKK Ny. Seniasih Giri Prasta mengatakan dari hasil peninjauan Hatinya PKK yang berada di wilayah Kuta sudah berjalan dengan sangat bagus.

”Disini semuanya terlihat bagus, mudah-mudahan ini sebagai salah satu contoh di Kabupaten Badung karena kita melihat di dalam pekarangan rumahnya terdapat semua tanaman

yang bermanfaat bagi kesehatan kita semuanya. Saya harapkan kepada ibu-ibu yang punya lahan sempit seperti ini,

agar bisa memanfaatkan halamannya untuk menanam cabe, sayuran dan sebagainya ataupun tempat ikan lelenya,” katanya.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh anggota TP PKK agar menerapkan program Hatinya PKK dengan melakukan mulai dari

halaman rumah sendiri yang selanjutnya dapat dikembangkan ke seluruh anggota PKK mulai dari tingkat banjar sampai kabupaten.

“Saya berharap kepada PKK di Kabupaten Badung agar kedepannya tetap maju, mulai desa dan kelurahan harus

 ada kegiatan seperti ini apalagi di musim Covid-19 ini agar bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan dan kesehatan bagi tubuh kita,” terangnya.

Lebih lanjut Ny. Seniasih Giri Prasta mengingatkan kepada ibu-ibu PKK dalam upaya mencegah dan memutus penyebaran Covid-19,

untuk senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan yang dihimbau oleh pemerintah dengan tetap menggunakan

masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir serta menjaga jarak dan sebisa mungkin mengurangi kegiatan di luar rumah kalau tidak penting sekali.

Sementara itu, Camat Kuta I Nyoman Rudiarta bersama jajaran TP PKK Kecamatan mengucapkan terima kasih kepada Ny. Seniasih Giri Prasta

selaku Ketua TP PKK Kabupaten Badung yang sudah berkenan hadir untuk ikut melaksanakan panen urban farming di Kuta.

Disamping itu pihaknya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh PKK berupa Urban Farming dengan memanfaatkan lahan

yang ada di pekarangan rumah untuk ditanami tanaman berupa sayur-mayur baik itu apotik hidup, dapur hidup, maupun karang sari.

Diharapkan ini bisa menjadi contoh bagi seluruh masyarakat bagaimana memanfaatkan pekarangan dengan menanam tanaman yang bermanfaat terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.

“Besar harapan kami, hal ini bisa sebagai contoh dan menjadi sebuah momentum serta sebagai penyemangat bagi seluruh masyarakat khususnya ibu-ibu PKK yang berada

di masing-masing lingkungan di Kecamatan Kuta,” katanya seraya menambahkan untuk panen selanjutnya akan dilaksanakan di Kelurahan Seminyak.(rba)

(rb/dwi/mus/JPR)

 TOP