alexametrics
Minggu, 06 Dec 2020
radarbali
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Cabai dan Tomat Mendadak Busuk, Petani Karangasem Terancam Merugi

20 November 2020, 09: 39: 40 WIB | editor : ali mustofa

petani cabai, petani tomat, tanaman membusuk, petani merugi

Tanaman cabai petani Karangasem membusuk di pohon. (Wayan Putra/Radar Bali)

Share this      

AMLAPURA  - Petani tomat dan cabai di Karangasem terancam merugi. Ini karena cuaca buruk yang terjadi di Karangasem membuat tanaman tersebut mengalami kerusakan.

Kerusakan terutama terjadi di Selat dan Rendang, Karangasem. Akibatnya petani pun terancam merugi karena hasil penen menurun.

Hal ini diakui salah satu petani asal Batusesa, Besakih, Rendang I Ketut Kebek Mariana kemarin. Menurut Kebek, untuk tanaman cabai per sekali tanam bisa panen sebanyak dua kali.

Di mana pada panen pertama diakui hasilnya lumayan bagus, namun sayang pada panen ketiga turun karena banyak yang busuk.

“Panen kedua busuk karena faktor cuaca,” ujarnya. Hal yang sama juga terjadi pada tomat. “Tomat saat penen pertama juga lumayan bagus, penen kedua banyak yang rusak,” bebernya.

Cabai dan Tomat buahnya mengalami busuk di pohon. Untuk diketahui di Batusesa sebagian petani mengantungkan nasibnya dari cabai dan tomat serta buah buahan lainya.

Untuk cabai yang banyak ditanam di Batusesa adalah cabai keriting dan cabai besar. Kedua jenis cabai ini juga sama saja tidak luput dari hama yakni busuk pada bagian buahnya.

Sekalipun begitu petani mengakui masih bisa memetik cabai dan tomat yang bagus sekalipun harus selektif.

(rb/tra/mus/JPR)

 TOP