alexametrics
Senin, 30 Nov 2020
radarbali
Home > Dwipa
icon featured
Dwipa

Bupati Buleleng Masih Uring-Uringan Soal Pemulihan Ekonomi Nasional

21 November 2020, 20: 15: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

dana pen, pemuluhan ekonomi nasional, bupati buleleng, Putu agus suradnyana, bupati uring-uringan,

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana (Eka Prasetya)

Share this      

SINGARAJA– Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana nampaknya masih uring-uringan dengan dinamika politik yang terjadi sepekan terakhir.

Terutama yang terkait dengan rencana daerah mengajukan pinjaman dana Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Dalam berbagai kesempatan Agus kembali menyinggung soal peminjaman dana PEN.

Agus menyatakan dana pinjaman itu tak hanya digunakan untuk memulihkan kondisi perekonomian Buleleng pasca-pandemi.

Dana juga diharapkan dapat meningkatkan distribusi Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) masyarakat, sehingga ujungnya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Harus ada perbaikan Daerah Tujuan Wisata (DTW) juga, agar terjadi peningkatan kunjungan setelah covid. Contohnya di Danau Buyan.

Itu akan kami perbaiki, sehingga benar-benar jadi destinasi unggulan. Itu maksud saya sebenarnya. Teman-teman (dewan) biar paham. Selalu ditanyakan bagaimana nanti mengembalikan dana PEN,” kata Agus saat ditemui di Singaraja pada Sabtu (21/11).

Dari sisi peningkatan distribusi PDRB misalnya, Agus mengatakan dana PEN akan digunakan untuk memperbaiki infrastruktur jalan dan jembatan. Total dana pinjaman yang diajukan mencapai Rp 126,2 miliar. Dana itu juga akan dimanfaatkan untuk perbaikan jalan pertanian.

“Jalan pertanian itu akan kami perbaiki. Supaya orang bawa hasil pertanian cepat. Biaya angkutnya murah. Orang kalau mau bawa sapi juga bisa mudah. Risikonya sedikit. Tidak patah kaki sapinya. Distribusi seperti ini yang kami rancang,” kata Agus.

(rb/eps/pra/JPR)

 TOP