alexametrics
Sabtu, 23 Jan 2021
radarbali
Home > Dwipa
icon featured
Dwipa

Komisi V DPR RI Adakan Kunjungan Kerja Spesifik di Desa Kutuh

26 November 2020, 19: 45: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

kunjungan kerja, kunja, Kadis PMD Badung, Pemkab badung, Komisi V DPR-RI, Desa Kutuh, Pjs Bupati Badung, Ketut Lihadnyana,

Kadis PMD Komang Budi Argawa saat menerima Kunja Komisi V DPR RI Spesifik di Desa Kutuh, Kuta Selatan Kabupaten Badung di Wantilan Gunung Payung Cultural Park Desa Kutuh, Kamis (26/11). (Humas Pemkab Badung for Radar Bali)

Share this      

MANGUPURA-Komisi V DPR RI mengadakan Kunjungan Kerja (Kunja) Spesifik di Desa Kutuh, Kuta Selatan Kabupaten Badung.

Kunja terkait program dan kegiatan kementerian PDT ini diterima oleh Pjs. Bupati Badung diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Komang Budi Argawa bertempat di Wantilan Gunung Payung Cultural Park Desa Kutuh, Kamis (26/11).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kabag Pemerintahan Setda Badung Dewa Gede Sudirawan, Camat Kuta Selatan Ketut Gede Arta, Pj. Perbekel Kutuh serta Bendesa Adat Kutuh.

Pjs. Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Kadis PMD Komang Budi Argawa menyampaikan apresiasi atas kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Kabupaten Badung.

Dikatakan ini sebagai bentuk perhatian terhadap pembangunan di daerah, sekaligus menjaring aspirasi daerah terkait program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah sekaligus berharap dukungan pengelolaan dan pemanfaatan dana desa dari Komisi V DPR RI.

Lebih lanjut disampaikan pemanfaatan dana desa dalam pengelolaan BUMDes dan pengembangan desa wisata merupakan salah satu cara penting untuk meningkatkan daya saing daerah, karena keberadaan BUMDes dan desa wisata mampu memberdayakan potensi daerah dalam meningkatkan kesejahteraan dan taraf perekonomian masyarakat.

Selanjutnya, pihaknya mengharapkan dukungan Komisi V DPR RI  terhadap pengelolaan dan pemanfaatan dana desa dalam mengembangkan BUMDes karena terbukti mampu meningkatkan nilai tambah produk, diversifikasi usaha dan penyerapan tenaga kerja, serta mendorong desa di Badung menjadi kawasan perekonomian andalan di masa depan.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang juga Ketua Tim Rombongan Kunjungan Kerja Komisi V Ridwan Bae mengatakan, BUMDes sebagai salah satu mitra pemerintahan desa dalam mewujudkan rencana-rencana pembangunan perekonomian dituntut mampu menyediakan kebutuhan-kebutuhan masyarakat dalam mengembangkan usaha.

"BUMDes memiliki peran strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membantu melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan ekonomi desa.

Disamping itu membantu pemerintahan desa dalam upaya mengembangkan sumber-sumber potensi alam dan manusia di desa untuk dikembangkan menjadi sumber-sumber ekonomi dan menjadi media pemerintah desa untuk mewujudkan rencana-rencana pembangunan khususnya dibidang ekonomi, serta membantu penyerapan tenaga kerja di tengah pandemic Covid-19," ucapnya

Ridwan Bae juga meminta kepada mitra Komisi V DPR RI yakni Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal yang juga ikut dalam kunjungan kerja ini untuk bisa menampung usulan-usulan dari Pemerintah Kabupaten Badung

Usai pertemuan di Wantilan Gunung Payung Cultural Park, rombongan Komisi V DPR RI melaksanakan peninjauan ke objek wisata andalan Desa Kutuh yaitu Pantai Pandawa.(humas pemkab badung/adv)

(rb/dwi/pra/JPR)

 TOP