alexametrics
Sabtu, 23 Jan 2021
radarbali
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

KM Cahaya Berlian Tujuan Bima Terbakar di Perairan Bali Utara

Sembilan ABK Berhasil Diselamatkan

28 November 2020, 18: 30: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

kapal terbakar, KM Cahaya Berlian, 9 ABK Selamat, Perairan Bali Utara, Polsek Tejakula, Surabaya, Bima,

Para ABK KM Cahaya Berlian yang berhasil diselamatkan (Eka Prasetya)

Share this      

SINGARAJA-Kejadian nahas dialami Kapal Motor (KM) Cahaya Berlian, Sabtu (28/11) sekitar pukul 12.00 Wita.

Kapal yang sebelumnya berangkat dari Surabaya tujuan Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan membawa 9 (Sembilan) anak buah kapal, ini terbakar di perairan utara Pulau Bali.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bali, insiden terbakarnya KM Cahaya Berlian pertama kali diketahui seorang nelayan asal Desa Tejakula, Ketut Suyasa, 30, tengah melaut.

Dari rumahnya, ia melaut ke arah timur laut. Setelah menempuh jarak sekitar 5 mil laut, ia berencana menurunkan jangkar dekat rumpon yang ada di wilayah itu.

Tiba-tiba ia melihat ada beberapa orang yang melambaikan tangan.

Suyasa pun merasa penasaran. Karena sangat jarang orang lain melambaikan tangah di tengah laut, kecuali bila membutuhkan pertolongan.

“Pas saya cari, ternyata sudah ada asap. ABK yang di kapal itu langsung pindah ke perahu saya. Langsung saya bawa ke daratan,” ujar Suyasa.

Begitu sampai di pantai, peristiwa itu langsung dilaporkan pada aparat kepolisian setempat. Para ABK itu kini berada di Mapolsek Tejakula. Guna menunggu proses penjemputan dari pemilik kapal.

Kapolsek Tejakula AKP Nyoman Adika mengatakan, ada sembilan orang ABK yang berhasil diselamatkan oleh nelayan.

Kesembilan ABK yang selamat itu, yakni Hidwan, 42, yang juga nakhoda kapal; Amar Maruf, 21; Arifudin, 34; Suhardin, 32; Syahril Ramadhan, 26; Andri, 32; Masdan, 46; Erfan, 18; dan Muksin, 21.

Seluruhnya berasal dari Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurut Adika, kapal tersebut tadinya melaut dari Surabaya hendak menuju Bima. “Kapalnya berangkat hari Kamis kemarin,”jelasnya.

(rb/eps/pra/JPR)

 TOP