alexametrics
Minggu, 28 Feb 2021
radarbali
Home > Dwipa
icon featured
Dwipa

Jalanan Nusa Penida Sempit Picu Kemacetan, Ini Rencana Bupati Suwirta

Dampak Tingginya Kunjungan Wisatawan

27 Desember 2020, 08: 14: 36 WIB | editor : ali mustofa

pariwisata nusa penida, turis berdatangan, jalanan sempit, jalanan nusa penida, picu kemacetan, bupati suwirta

Mobil yang mengangkut wisatawan melintasi jalanan di Nusa Penida yang sempit dan rusak (dok.radarbali)

Share this      

SEMARAPURA - Kecamatan Nusa Penida sejak beberapa tahun terakhir ini menjadi salah satu tujuan wisata. Kemacetan pun tidak bisa dihindari.

Tidak saja karena jumlah kendaraan yang bertambah, namun juga karena kecilnya lebar jalan. Bahkan, peristiwa mobil tergelincir beberapa kali terjadi karena kondisi tersebut.

Untuk itu, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, mengungkapkan, rencana dilakukannya pelebaran akses jalan dan pembuatan jalan lingkar Ceningan.

Menurut Suwirta, jalan di Nusa Penida rata-rata memiliki lebar sekitar 3 meter. Dengan lebar jalan seperti itu, kendaraan roda empat pada utamanya akan sangat sulit bergerak ketika berpapasan.

Sehingga kemacetan pun tidak bisa dihindari. Begitu juga dengan kecelakaan lalu lintas yang beberapa kali terjadi.

“Terkait rencana pelebaran akses jalan dan jalan lingkar Ceningan, kami berencana melakukan pelebaran jalan menjadi 7 meter,” terangnya.

Mengingat keterbatasan anggaran dan untuk mempercepat realisasi rencana tersebut, Suwirta berharap dukungan masyarakat.

Yakni dengan merelakan lahannya yang terkena rencana pelebaran jalan kepada pemerintah. Oleh karena itu pihaknya berencana bertemu dengan para pemilik lahan membahas hal tersebut.

“Pelebaran tersebut tidak terlepas dari upaya pemerintah memberikan kenyamanan dalam berkendara dan perencanaan transportasi listrik,” imbuh Bupati asal Nusa Ceningan tersebut.

Lebih lanjut, Bupati Suwirta menambahkan perkembangan pariwisata di Nusa Penida tumbuh pesat sejak beberapa tahun terakhir.

Untuk itu pihaknya akan terus berupaya mempercepat pembangunan infrastruktur khususnya antara di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

“Konsep perencanaan ke depan pulau Nusa Lembongan dengan Ceningan ini akan dijadikan agro wisata yang ramah lingkungan dengan menggunakan kendaraan listrik,” katanya. 

(rb/ayu/mus/JPR)

 TOP