alexametrics
Minggu, 28 Feb 2021
radarbali
Home > Dwipa
icon featured
Dwipa

Dipicu Hujan Angin, Pohon Tumbang Timpa Truk Melintas di Bypass Mantra

05 Januari 2021, 07: 39: 40 WIB | editor : ali mustofa

hujan angin, pohon tumbang, timpa truk, jalan bypass mantra, polres gianyar

Pohon tumbang timpa truk di Jalan By Pass IB Mantra, Gianyar kemarin. (Istimewa)

Share this      

GIANYAR – Hujan disertai angin kembali membawa bencana. Senin (4/1) kemarin, pohon tumbang terjadi di Kabupaten Gianyar dan Bangli.

Di Gianyar, pohon tumbang menimpa truk yang melintas di Jalan By Pasa IB Mantra Gianyar.

Pohon mahoni setinggi kurang lebih 15 meter dengan diameter 60 centimeter tumbang ke tengah jalan By Pass Mantra. Tepatnya di timur simpang empat Pantai Purnama, di Banjar Gelumpang, Desa/Kecamatan Sukawati.

Ketika pohon tumbang pukul 06.00, saat yang bersamaan, melintas truk DK 8774 SA yang dikendarai oleh I Komang Ariawan, 29, warga Desa Ban, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem.

Bagian kaca depan truk pecah tertimpa batang pohon. Beruntung, sopir truk tidak mengalami luka. Pihak truk mengalami kerugian materi sebesar Rp 3 juta.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar, Ngakan Dharma Jati, yang memperoleh informasi itu langsung menerjunkan sejumlah petugas menuju lokasi kejadian.

“Petugas sudah kami turunkan ke lokasi untuk melakukan evakuasi,” ujarnya. Dibantu oleh petugas kepolisian, proses evakuasi akhirnya selesai pukul 08.17. “Pohon tumbang sudah dapat ditangani,” jelasnya.

Kasubbaghumas Polres Gianyar AKP I Nyoman Hendrajaya mengatakan, saat kejadian truk yang dikendarai I Komang Ariawan datang dari arah barat menuju ke timur.

“Kondisi cuaca saat itu dalam keadaan hujan lebat serta angin kencang,” tegasnya. Tiba di lokasi kejadian, di sebelah timur perempatan Pantau Purnama mendadak pohon tumbang.

“Tiba-tiba pohon Mahoni, pohon perindang jalan yang berada di sisi jalan sebelah utara tumbang melintang ke jalan raya dan menimpa kendaraan truk tersebut,” jelasnya.

Akses kendaraan sempat tersendat akibat peristiwa tersebut. “Setelah dilakukan proses evakuasi akhirnya akses kendaraan normal kembali,” pungkasnya.

Di Kabupaten Bangli, pohon Akasia tumbang melintang di Jalan Raya Utama Susut Bangli, tepatnya di Banjar Penatahan, Kecamatan Susut.

Pohon tumbang diketahui Senin pagi (4/1) sekitar pukul 03.45. Sekitar pukul 06.00, dilakukan proses evakuasi. Pohon tumbang di jalur provinsi itu sempat membuat kemacetan sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer.

Kapolsek Susut, AKP I Made Gede Widia Adnyana, mengatakan, pohon Akasia tersebut tumbang akibat hujan seharian.

“Begitu menerima informasi, kami langsung perintahkan anggota untuk mendatangi TKP guna melakukan tindakan yang diperlukan

serta memonitor keadaan lokasi dan apabila terjadi sesuatu agar langsung adakan koordinasi dengan Instansi terkait,” ujar Kapolsek.

Sejumlah instansi terlibat dalam proses evakuasi tersebut. Di antaranya BPBD Bangli, Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Pelaksanaan pemotongan pohon Akasia yang tumbang di jalan dapat dievakuasi pada pukul 08.50.

“Nihil korban jiwa dan material dalam musibah itu. Astungkara, berkat sinergitas Polri dan masyarakat, arus lalin di TKP kembali lancar,” pungkasnya

(rb/dra/mus/JPR)

 TOP