alexametrics
Selasa, 09 Mar 2021
radarbali
Home > Dwipa
icon featured
Dwipa
Cara Polsek Kediri Membantu Tangani Covid-19

Salut! Polsek Kediri Razia Prokes sambil Bagikan Sayuran Gratis

05 Februari 2021, 15: 06: 57 WIB | editor : ali mustofa

Polsek Kediri, Tabanan melakukan penegakan protokol kesehatan plus membagikan sayuran kepada warga secara gratis di Banjar Delod Uma, Desa Buwit, Kecamatan Kediri, Tabanan, Kamis (4/2).   

Polsek Kediri, Tabanan melakukan penegakan protokol kesehatan plus membagikan sayuran kepada warga secara gratis di Banjar Delod Uma, Desa Buwit, Kecamatan Kediri, Tabanan, Kamis (4/2).   (IST)

Share this      

Jiwa sosial yang dilakukan aparat penegakan hukum Polsek Kediri Tabanan memang patut ditiru. Bukan serta-merta harus melakukan penegakan disiplin protokol kesehatan semata bagi masyarakat. Melainkan melakukan aksi sosial dengan membagikan sayuran dari banjar ke banjar untuk membantu masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang susah saat ini. 

JULIADI, Tabanan

SETIAP hari mobil patroli Polsek Kediri berkeliling di wilayah Kecamatan Kediri, Tabanan. Melalui pelantang suara di mobil patrol itu, petugas kepolisian mengimbau dan mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Namun kali ini ada yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Pada bak bagian belakang mobil patroli itu dimodifikasi dengan menambahkan sebuah penutup atap. Bak mobil patroli itu juga difungsikan untuk membawa sejumlah sayur-sayuran hasil pertanian dari petani Baturiti. 

Mobil patroli Polsek Kediri tersebut masuk ke jalan-jalan banjar dan desa. Sembari berpatroli mengimbau masyarakat disiplin prokes sembari juga membagikan sayuran-sayuran yang sudah dikemas plastik kepada warga secara gratis Kamis (4/2). 

Kapolsek Kediri Kompol Fachmi Hamdani mengatakan, kegiatan ini sebenarnya berawal dari keprihatinan dirinya dan anggotanya melihat kondisi masyarakat di tengah pandemi yang memang susah. Lantaran kehidupan ekonomi masyarakat yang semakin terpuruk. 

“Jujur saja kita sebagai aparat setiap hari di lapangan kepikiran juga dengan kondisi masyarakat. Bagaimana cara membantu warga, namun tanpa mengurangi edukasi disiplin penerapan protokol kesehatan. Sehingga kami rembuk dengan anggota dan tercetus ide bagiamana penegakan prokes sambil memberikan bantuan sayuran kepada masyarakat,” ungkapnya.

Diakui, Kompol Fachmi, di saat kondisi seperti ini protokol memang penting untuk memutus rantai penularan Covid-19. Akan tetapi masyarakat juga membutuhkan bantuan. Meskipun sayuran kecil nilai namun manfaatnya lebih besar. Sebagai asupan makanan untuk meningkat imun tubuh. 

Lanjutnya berpatroli prokes sambil membagikan sayuran gratis kepada masyarakat lebih mengedepankan edukasi.

“Jadi kami bagikan sayuran gratis kepada warga tidak sembarang. Dengan syarat mereka melaksanakan protokol kesehatan 3M (masker, mencuci tangan dan menjaga jarak),” ucapnya.  

Dia menambahkan pendisplinan prokes sembari membagikan sayuran gratis tidak hanya membatu warga. Melainkan juga membantu petani sayuran Baturiti Tabanan. Apalagi saat ini sedang panen sayuran dan banyak sayuran tidak terbeli lantaran sejumlah hotel tutup. 

“Ketimbang sayuran tidak laku terjual sehingga kami urunan dari anggota untuk membeli sayuran petani Baturiti. Artinya ikut membantu petani,” tuturnya. 

Membagikan sayuran dan edukasi prokes pihaknya akan lakukan kontinyu dan bergilir di setiap desa di Kecamatan Kediri. Pihaknya baru menyasar satu lokasi di Banjar Delod Uma, Desa Buwit Kecamatan Kediri. Dalam sehari itu, sambal kampanye prokes, mereka membagikan sebanyak 26 paket sayuran untuk warga. 

“Kami tidak hanya membagikan paket sayur-mayur, termasuk juga membagikan masker secara gratis,” tandasnya.

(rb/jul/yor/mus/JPR)

 TOP