alexametrics
Selasa, 02 Mar 2021
radarbali
Home > Travelling
icon featured
Travelling

Objek Wisata di Klungkung Diawasi CCTV, Mayoritas di Nusa Penida

13 Februari 2021, 11: 44: 06 WIB | editor : ali mustofa

pariwisata klungkung, objek wisata, kamera cctv, diskominfo klungkung, nusa penida, klungkung daratan

Rekaman CCTV di Kabupaten Klungkung yang terpantau di Semarapura Command Center Klungkung beberapa waktu lalu (Dewa Ayu Pitri Arisanti/Radar Bali)

Share this      

SEMARAPURA - Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Klungkung akan memasang 9 titik CCTV tahun ini.

Sebagian besar CCTV itu akan dipasang di objek wisata yang ada di Kecamatan Nusa Penida. Selain untuk meningkatkan pengamanan, pasalnya keberadaan CCTV di objek wisata juga sebagai media promosi.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Klungkung, I Wayan Parna, Rabu (10/2) mengungkapkan, saat ini ada sebanyak 30 CCTV yang telah dipasang Diskominfo Klungkung.

Sebagian besar CCTV itu berada di Klungkung daratan dan hanya satu saja yang terpasang di Kecamatan Nusa Penida.

“Untuk di Nusa Penida, baru ada satu CCTV yang kami pasang. Itu kami tempatkan di Jembatan Kuning,” katanya.

Tahun ini, diungkapkannya, Diskominfo berencana memasang 9 CCTV lagi. Sebagian besar akan dipasang di objek wisata yang ada di Kecamatan Nusa Penida.

Seperti di objek wisata Pantai Atuh, Pantai Penida, Pantai Klingking, Pantai Pasih Uug, Pantai Angel Billabong, Pantai Devil Tears.

“Sementara di Klungkung daratan, rencananya akan dipasang di Pantai Klotok dan Goa Lawah,” bebernya.

CCTV tersebut dipasang di objek wisata, menurutnya selain untuk meningkatkan keamanan juga untuk mempromosikan objek wisata tersebut.

Mengingat apa yang terekam oleh CCTV tersebut bisa diakses masyarakat umum pada aplikasi CCTV Klungkung. “Untuk anggaran pengadaan 9 CCTV itu sekitar Rp 400 juta,” ungkap Parna.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, 30 CCTV yang ada saat ini dalam kondisi baik. Meski begitu diungkapkannya, CCTV yang terpasang di Jembatan Kuning kerap mengalami kerusakan lantaran posisinya yang dekat dengan pantai.

Untuk itu pemeliharaan secara berkala dilakukan dengan jumlah anggaran Rp 8,2 juta lebih di tahun ini.

“Keberadaan CCTV ini sangat membantu terutamanya dalam pengungkapan kasus. Untuk kebutuhan CCTV di Kabupaten Klungkung masih cukup besar. Terutamanya di ruas jalan yang kerap terjadinya kecelakaan,” tandasnya. 

(rb/ayu/mus/JPR)

 TOP