alexametrics
Senin, 12 Apr 2021
radarbali
Home > Dwipa
icon featured
Dwipa

Hujan Siang Bolong Picu Banjir, Pohon Tumbang Timpa Tiang Listrik

05 Maret 2021, 06: 27: 41 WIB | editor : ali mustofa

hujan lebat, hujan siang bolong, bencana banjir, pohon tumbang, tiang listrik, bpbd gianyar

Pohon tumbang menimpa tiang listrik tegangan tinggi dipotong petugas (Istimewa)

Share this      

GIANYAR – Sejumlah kejadian bencana terjadi di Gianyar saat hujan lebat Kamis siang kemarin (4/3). Di antaranya pohon tumbang menimpa tiang listrik bertegangan tinggi.

Hujan yang lebat yang mengguyur siang bolong juga menyebabkan air got meluap dan mengenangi jalan raya.

Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar, sekitar pukul 13.00 pohon jenis suar yang berada di Jalan By Pass Mantra tumbang di daerah Banjar Pabean, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati.

Baca juga: Dengar Suara Ledakan saat Tidur, Warga Gunaksa Syok Rumahnya Terbakar

Yang mengerikan, pohon tumbang menimpa listrik bertegangan tinggi. Pohon suar itu dengan tinggi sekitar 8 meter dan diameter 20 centimeter.

Akibat kejadian itu, menimbulkan gangguan listrik di wilayah tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, petugas BPBD mengerahkan anggota  Tim Reaksi Cepat (TRC) beserta armada dan alat perlengkapan ke lokasi kejadian.

Pohon langsung dipangkas untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, air dari selokan meluap ke jalan raya mengakibatkan

terganggunya akses Jalan By Pass IB Mantra, tepat di depan warung makan Uban di wilayah Banjar/Desa Medahan, Kecamatan Blabatuh. Saluran meluap diakibatkan tersumbat sampah.

TRC BPBD Gianyar diterjunkan untuk melakukan penanganan. Kerja keras petugas BPBD akhirnya sampah yang menyumbat saluran irigasi dapat ditangani dan dibersihkan.

Kini saluran irigasi sudah kembali normal dan akses lalulintas sudah kembali normal. Genangan air juga meluap ke Jalan Raya Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh.

Air meluap diakibatkan selokan tersumbat tumpukan sampah. Kepala BPBD Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Putu Suamba mengakui musim hujan yang disertai angin kencang menimbulkan sejumlah bencana alam di Kabupaten Gianyar.

 “Karena cuaca extrim sekarang ini, BPBD Gianyar menugaskan anggota secara bergilir siang dan malam,” ujarnya.

Kepala BPBD juga mengimbau kepada masyarakat saat musim hujan waspada dan hati-hati.

 “Masyarakat diharapkan untuk  menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan,” pungkasnya. 

(rb/dra/mus/JPR)

 TOP