alexametrics
Jumat, 23 Apr 2021
radarbali
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Fortuna Shoes Luncurkan Limited Series Kulit Sapi Jawa 26 Tahun

08 April 2021, 14: 08: 47 WIB | editor : ali mustofa

FORTUNASHOES

KEKINIAN: Sepatu kulit sapi Jawa model sneaker Fortuna Shoes (FORTUNA FOR RADAR BALI)

Share this      

Bandung, Radar Bali – Fortuna Shoes, pembuat sepatu kulit ekspor ke Eropa dan Jepang asal Bandung sejak tahun 1969 baru-baru ini meluncurkan seri terbatas menggunakan bahan Kulit Sapi Jawa terbaik atau Well-Curated Javanese Leather Full-Grain yang telah disimpan selama 26 tahun. Seri terbatas ini memiliki empat model bergaya kasual yaitu Chukka Boots, Tanker Boots, Penny Loafers, dan Sneakers.

Melalui seri terbatas ini, Fortuna Shoes ingin mengakomodir kebutuhan masyarakat saat ini akan sepatu bergaya kasual dan sporty, namun dengan tetap mengedepankan kualitas sehingga sepatu-sepatu ini dapat bertahan selama bertahun-tahun mendatang. Mengedepankan keunggulan Kulit Jawa Kulit Sapi Jawa yang digunakan pada seri terbatas ini adalah bagian Full Grain dengan karakteristik pori yang sangat halus dan masakan kulit yang empuk, kenyal namun tetap kuat.

Menurut penelusuran yang dilakukan Fortuna Shoes, Indonesia memang memiliki sejarah pemanfaatan kulit sapi sejak zaman Pangeran Diponegoro seperti kulit sapi Jawa dan Madura yang digunakan untuk 'Bedug' dan 'Wayang' serta kerajinan kulit atau produk kulit.

Baca juga: Permudah Pelanggan Bali, OLX Kenalkan Fitur Memilih Mobil Berkualitas

Namun seiring dengan perubahan budaya, kebutuhan masyarakat Indonesia juga mengalami pergeseran. Sapi Jawa kemudian lebih banyak digunakan untuk sapi potong dan Qurban. Untuk itu cara beternak Sapi Jawa juga telah mengalami banyak perubahan dan hal ini mempengaruhi hasil akhir kulit sapi termasuk pori-pori dan serat/grainnya.

Sementara, kualitas dan karakteristik kulit yang sesuai untuk membuat sepatu tahan lama, kuat dan fleksibel memang sangat bergantung pada cara beternak sapi dan penyamakan kulitnya. Dengan demikian, karakteristik kulit yang sama dengan Kulit Sapi Jawa berusia 26 tahun ini tidak dapat ditemukan lagi di Indonesia saat ini. Hal inilah yang menjadi alasan produk baru keluaran Fortuna Shoes kali ini menjadi sangat terbatas.

“Karena kebiasaan saya jika melihat barang bagus selain digunakan untuk produksi juga disimpan sebagai koleksi,” ujar Dede Chandra, pendiri Fortuna Shoes, ketika ditanya alasan masih menyimpan Kulit Sapi Jawa ini selama 26 tahun.

Sneakers Pertama di Indonesia

Melalui seri terbatas ini pula, Fortuna Shoes meluncurkan Sneakers dengan konstruksi Handwelted Goodyear pertama di Indonesia. Konstruksi Handwelted Goodyear telah menjadi spesialisasi Fortuna Shoes untuk hampir seluruh sepatu yang diproduksinya selama ini.

Handwelt adalah proses jahit tangan untuk menggabungkan bagian muka sepatu dengan sol menggunakan teknik saddle stitch yang dianggap sebagai teknik jahitan terkuat hingga saat ini. Dikatakan terkuat karena teknik ini menggunakan seutas benang yang setiap ujungnya melewati satu sama lain melalui satu lubang jahitan.

Jadi, jika nantinya ada benang yang putus, jahitan lainnya akan tetap utuh dan bahkan perbaikannya pun dapat dilakukan hanya pada area yang benangnya putus, tanpa perlu memperbaiki seluruh alur jahitan. Dengan demikian, usia pakai sepatu pun dapat diperpanjang menjadi lebih lama, karena outsole yang sudah rusak dapat diganti dengan yang baru (re-soleable).

Menurut riset yang dilakukan oleh beberapa sumber kredibel di dunia akan pergeseran industri fashion saat ini adalah gaya kasual akan semakin banyak digandrungi oleh banyak orang untuk dipakai sehari-hari, terutama setelah aktivitas working from home menjadi kebiasaan baru di masa pandemi. Diperkuat dengan pengamatan Fortuna Shoes akan permintaan konsumen di Indonesia, rangkaian produk seri terbatas ini diciptakan untuk menunjang kebutuhan masyarakat tersebut.

Dede Chandra mengatakan, “meski modelnya kasual, kami ingin tetap menjaga tradisi dan spesialisasi kami yaitu Handwelted Goodyear supaya sepatu-sepatu buatan kami tetap terjaga kualitasnya dan harapannya dapat menjadi investasi bagi banyak orang yang memakainya karena bisa awet sampai bertahun-tahun nanti.”

 

#BertahanDenganKualitas

Setiap model yang dikeluarkan pada seri terbatas kali ini masing-masing hanya dibuat sejumlah 50 pasang dan tersedia dalam Ready to Wear maupun Made to Order. Dalam rangka peluncuran seri terbatas ini juga, Fortuna Shoes mengadakan challenge bertajuk #BertahanDenganKualitas untuk mengajak masyarakat ikut membagikan cerita akan koleksi pribadi buatan Indonesia dengan kualitas yang masih terjaga hingga saat ini.

Masyarakat dapat membagikan foto benda tersebut di akun Instagram atau Twitter disertai dengan caption yang berisi cerita mengenai benda tersebut yang masih #BertahanDenganKualitas.

Cerita yang paling berkesan akan berkesempatan mendapatkan sepasang sepatu seri terbatas dari Kulit Sapi Jawa ini, dan dua cerita terpilih lainnya akan mendapatkan voucher Fortuna Shoes senilai Rp 500,000 dan Rp 750,000.

Untuk sementara toko offline Fortuna Shoes masih berpusat di Bandung. Bagi pelanggan yang ada di luar Kota Bandung, seperti Jakarta, Medan, Bali dan lainnya, bisa melakukan pembelian via online melalui Tokopedia, Instagram, ataupun WA Customer Service. Lebih lanjut bisa mengunjungi fortunashoes.co.id Follow instagram.com/fortuna_shoes_indonesia atau twitter.com/fortunashoesid

(rb/han/mus/JPR)

 TOP