alexametrics
Selasa, 22 Jun 2021
radarbali
Home > Metro Denpasar
icon featured
Metro Denpasar

Gara-Gara Bule Lukis Masker di Wajah, Pihak Supermarket Diancam Denda

Wabup Badung Juga Ancam Cabut Izin

23 April 2021, 16: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

gara-gara bule, bule lukis wajah, bule lukis masker, supermarket popular, dipanggil pemkab, Pemkab Badung, diancam denda, cabut izin,

Wabup Suiasa saat memanggil pemilik Supermarket Popular beserta jajarannya yang menjadi lokasi kejadian di Puspem Badung, Kamis (22/4). (IST)

Share this      

MANGUPURA- Viralnya video yang memperlihatkan Warga Negara Asing (WNA) yang mengelabui petugas keamanan dengan wajah dilukis mirip masker di media sosial mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Badung. 

Kamis (22/4) Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Camat Kuta Utara I Putu Eka Permana, Kepala Desa Tibubeneng I Made Kamajaya beserta petugas dari Satpol PP Kabupaten Badung memanggil secara langsung pemilik Supermarket Popular beserta jajarannya. Pemanggilan tersebut bertempat di Ruang Pertemuan Wakil Bupati di Puspem Badung.

Wabup Suiasa memberikan arahan kepada pengelola Supermarket Popular yang berada di Desa Tibubeneng, karena sudah diketahui dan sudah dipastikan terjadinya kelalaian dari pihak pengelola melalui tugasnya yang tidak secara ketat dalam melakukan protokol kesehatan (prokes) kepada para pengunjungnya khususnya WNA. 

Baca juga: PLN Ingatkan Subsidi Listrik Tak Lagi 100 Persen, Hanya Separuh

Dikatakan WNA tersebut sudah mengelabui petugas yang ada di Supermarket Popular, sehingga para petugas tidak cermat mengamati tamunya saat mendatangi tempat belanja tersebut.

“Hari ini (Kamis, kemarin) kita lakukan pemanggilan kepada pengelola pengusaha supermarket. Dalam pemanggilan ini kita berikan peringatan ringan secara lisan, selanjutnya akan ditindaklanjuti secara administrasi, ” terang Wabup dua periode ini.

Pihak pengelola juga wajib menandatangani surat pernyataan untuk tidak mengulangi terjadinya hal yang sama. Begitu juga bagi para pengusaha untuk berkomitmen tetap menjalani tugas dengan tegas, sungguh-sungguh dalam menerapkan protokol kesehatan kepada siapapun.

Apabila nanti ditemui pelanggaran serta terjadinya kelalaian lagi maka akan ada penegakan hukum baik itu sifatnya denda administratif sebesar Rp 1 juta, ataupun penutupan selama 7 hari.

“Apabila terulang lagi akan dikenakan denda berlipat ganda atau pencabutan izin operasional. Langkah ini sebagai awal kita lakukan peringatan secara lisan serta kita suruh untuk menandatangani surat pernyataan kepada manajemen pengusaha tersebut,” ujar Wabup asal Pecatu Kuta Selatan ini.

Sementara Manager Supermarket Popular I Wayan Kariana dalam kesempatan tersebut menyampaikan permohonan maafnya kepada Pemkab Badung atas kelalaian yang terjadi di supermarketnya.

“Selaku pimpinan kami memohon maaf kepada Bapak Wakil Bupati Badung. Kejadian tersebut tidak kami rencanakan seperti yang ada di video. Sebelumnya tim keamanan kami sudah berusaha untuk memberikan peringatan bahwa harus tetap memakai masker dan mengedepankan protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku. Namun customer tersebut seperti pada video berbalik menuju mobilnya untuk mengelabui keamanan kami, sehingga customer tersebut kelihatan memakai masker,” teran Kariana.

Sementara itu I Wayan Suparta dari PT. Handaru Sakti selaku pengelola security mengatakan dari hasil video disertai hasil interogasi terhadap petugas security serta staff di Supermarket Popular dikatakan warga WNA ini sudah merencanakan hal seperti itu untuk membuat video yang sudah disiapkan secara matang.

Diceritakan kronologis kejadian itu berawal dari WNA tersebut datang dengan tidak memakai masker, sehingga petugas yang sedang bertugas sudah menegur agar memakai masker.

Namun dia berbalik entah ke mana namun nampak terlihat dari video menuju mobil. Di dalam mobil sudah disiapkan cat muka untuk membuat gambar seolah menggunakan masker.

“Dia balik lagi ke Supermarket Populer dengan menghindarkan bibirnya untuk melihatkan nampak samping saja. Sehingga di sinilah adanya keteledoran dari security bahwa dengan pikiran positif kesannya menggunakan masker,” pungkasnya.

(rb/dwi/yor/mus/JPR)

 TOP