alexametrics
Jumat, 07 May 2021
radarbali
Home > Travelling
icon featured
Travelling

Yuk Konsumsi Wortel dan Rasakan Manfaatnya Semeton

24 April 2021, 08: 28: 19 WIB | editor : ali mustofa

konsumsi wortel, manfaat wortel, kandungan wortel, jenis wortel, harga wortel

Ilustrasi sayur wortel (Istimewa)

Share this      

DENPASAR - Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang punya banyak vitamin khususnya Vitamin A. Wortel sendiri juga jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh makhluk hidup.

Baik dikonsumsi oleh hewan dan juga manusia. Harga wortel yang terbilang murah ini memang menjadi pilihan banyak orang ketika akan membelinya.

 

Baca juga: Ada Promo Keren Untuk Parts dan Apparel di Honda Virtual Exhibition

Mengenal Kandungan di Dalam Wortel

Wortel ini punya rasa yang khas di mana rasanya manis dan juga renyah. Umbi akar wortel ini juga punya kandungan gizi yang cukup tinggi.

Beberapa kandungan vitamin yang ada di dalamnya seperti Vitamin A, Vitamin K, Karbohidrat, Protein, Antioksidan dan juga kaya akan serat.

Mengenal Beberapa Jenis Wortel

Apakah Anda paham ada beberapa jenis wortel yang dijual di pasaran? Bahkan, mungkin salah satunya adalah salah satu wortel yang sering Anda beli. Nah, untuk beberapa jenis wortel yang mungkin bisa Anda beli diantaranya sebagai berikut ini:

Imperator

Jenis wortel pertama adalah wortel Imperator. Jenis wortel ini punya bentuk yang unik, di mana bentuknya bulat panjang dengan ujung yang runcing. Untuk umbi akarnya bisa dibilang cukup sempit karena lebarnya hanya 2 sampai 3 cm saja.

Chantenay

Jenis wortel kedua adalah wortel Chantenay. Jenis wortel ini punya ukuran yang gemuk dan juga pendek. Untuk panjang umbi akarnya ini sekitar 10 sampai 12 cm.

Untuk tekstur dari wortel ini punya tekstur yang halus, berair, dan daging umbinya dengan warna merah.

Wortel ini disukai oleh banyak orang karena punya rasa yang manis. Ditambah lagi jika sudah direbus, maka rasa manisnya akan lebih meningkat tajam.

Wortel ini cocok untuk Anda makan secara langsung, bahkan dicampurkan pada beberapa makanan seperti gado-gado.

Nantes

Jenis wortel berikutnya adalah Nantes. Wortel ini juga dianggap sebagai salah satu peralihan dari wortel Chantenay dan juga Imperator.

Tekstur permukaan untuk umbinya sendiri ini halus dan warnanya orange sampai kemerahan. Untuk daging umbinya juga empuk, mengandung banyak air dengan rasa yang manis.

Apa Manfaat Mengonsumsi Wortel?

Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh apabila Anda akan mengonsumsi wortel. Nah, untuk beberapa manfaat mengonsumsi wortel ini sendiri diantaranya sebagai berikut ini:

Bisa Menurunkan Risiko Kanker

Dengan mengonsumsi wortel, baik dimakan secara langsung dengan direbus, di jus dan lain sebagainya, mampu mencegah terjadinya kanker.

Di mana untuk makanan yang kaya akan antioksidan ini bisa membantu untuk melindungi dari penyakit kanker darah atau leukemia.

Bisa Menurunkan Tekanan Darah dan Melindungi Jantung

Wortel punya kandungan serat, kalium, bahkan antioksidan seperti likopen. Beberapa zat gizi ini bahkan dipercaya bisa menjaga tekanan darah agar bisa tetap stabil.

Jika tekanan darah tetap terjaga, pastinya Anda bisa terhindar dari hipertensi dan juga penyakit jantung.

Mencegah Penyakit dan Kerusakan Mata

Wortel ini punya kandungan Vitamin A yang sangat baik untuk mata. Di mana kandungan di dalam wortel bisa membantu mencegah banyaknya permasalahan khususnya pada mata.

Beberapa contohnya seperti glaukoma, katarak, kelainan penglihatan dan masih banyak lainnya.

Menjaga Kesehatan Otak

Ketika usia kita bertambah, maka fungsi otak juga bisa mengalami penurunan. Di mana kondisi ini juga bisa mempengaruhi radikal bebas.

Di mana radikal bebas ini juga merupakan salah satu bagian dari reaksi kimia tubuh. Di dalam wortel, juga memiliki kandungan yaitu beta karoten yang bisa mencegah dampak radikal bebas terhadap otak.

Beta karoten juga termasuk salah satu antioksidan yang kuat dan bisa membantu dalam menghambat penurunan fungsi otak.

Mengetahui Berapa Harga Wortel Saat Ini?

Beberapa jenis sayuran saat ini memiliki harga yang cukup melambung tinggi. Di mana untuk harga wortel pun terbilang cukup tinggi.

Untuk harga per kilonya khususnya wortel impor ini diperkirakan per 250 gramnya seharga Rp 20 ribu. Sedangkan untuk beberapa harga pasaran wortel bisa mencapai 8.000 per kg-nya.

Harga ini akan terus berubah-ubah baik menyesuaikan dengan permintaan pasar dan juga tergantung dari petani wortel sendiri.

Jadi, itulah informasi tentang salah satu sayuran yaitu wortel. Di atas juga telah disebutkan untuk jenis-jenis wortel, manfaat wortel sampai dengan harga wortel itu sendiri. Jadi, tunggu apalagi? Yuk makan wortel sekarang juga!

(rb/mus/mus/JPR)

 TOP