alexametrics
Minggu, 01 Aug 2021
radarbali
Home > Dwipa
icon featured
Dwipa

Target Zona Hijau, Vaksinasi Masal di Nusa Penida Mulai Digas 5 Mei

05 Mei 2021, 13: 45: 59 WIB | editor : ali mustofa

Target Zona Hijau, Vaksinasi Masal, Nusa Penida, Mulai Digas, 5 Mei 2021, Klungkung,

Ilustrasi vaksinasi Covid-19 di Klungkung. (DOK RADAR BALI)

Share this      

SEMARAPURA - Setelah pelaku pariwisata, kini giliran masyarakat umum di Kecamatan Nusa Penida yang mendapat vaksinasi Covid-19. Ada 15 ribu warga Kecamatan Nusa Penida yang ditargetkan mendapat vaksin Covid-19 mulai digas pada Rabu (5/5) hingga Selasa (18/5).

Dengan semakin banyaknya warga Nusa Penida mendapatkan vaksin Covid-19, diharapkan target Nusa Penida sebagai kawasan wisata zona hijau dapat segera terealisasi.

Camat Nusa Penida, I Komang Widyasa Putra, Selasa (4/5) mengungkapkan, vaksin Covid-19 untuk saat ini diperuntukkan bagi warga berusia 18 tahun ke atas. Adapun berdasarkan data Dinas Kesehatan Klungkung, menurutnya jumlah penduduk Kecamatan Nusa Penida yang berusia 18 tahun ke atas sekitar 46 ribu jiwa.

Baca juga: Genjot PAD, DPRD Tabanan Suruh Eksekutif Bentuk PD Parkir

Setelah tenaga kesehatan, petugas layanan publik, lansia pelaku pariwisata, dan lainnya, kini giliran masyarakat umum yang ditargetkan mendapat vaksin Covid-19.

“Ada 15 ribu masyarakat umum di Nusa Penida yang akan diberikan vaksin tersebut mulai 5-18 Mei,” bebernya.

Agar protokol kesehatan dapat diterapkan dengan baik selama pelaksanaan vaksinasi belasan ribu warga Nusa Penida itu, lokasi pelaksanaan vaksinasi tersebar di sejumlah tempat. Seperti kantor desa, bale banjar, bale adat, dan bale desa.

“Lima belas ribu sasaran vaksin itu tersebar di Desa Lembongan dan Jungutbatu sebanyak 1.500 sasaran. Sementara di Nusa Gede sebanyak 13.500 sasaran vaksin,” jelasnya.

Pihaknya berharap dengan semakin banyaknya warga Nusa Penida yang mendapatkan vaksin Covid-19 maka harapan Nusa Penida sebagai kawasan wisata zona hijau dapat segera terealisasi.

“Bapak Bupati memang konsen agar Kecamatan Nusa Penida bisa masuk zona hijau,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Klungkung dr. Ni Made Adi Swapatni mengungkapkan sasaran vaksin untuk masyarakat umum secara umum berusia 18 tahun ke atas. Adapun di Kabupaten Klungkung, jumlah penduduk yang berusia 18 tahun ke atas sebanyak 151.788 jiwa.

Dari kegiatan vaksinasi yang telah berjalan, menurutnya realisasi vaksinasi untuk tenaga kesehatan mencapai 117,76 persen. Sementara sasaran vaksin dari kalangan masyarakat umum untuk dosis pertama mencapai 112, 42 persen sedangkan lansia dosis pertama realisasinya mencapai 49,32 persen.

“Saat ini Klungkung baru saja mendapat distribusi vaksin Astra Zeneca sebanyak 25 ribu dosis yang diperuntukkan untuk seluruh kelompok masyarakat. Vaksinasi akan segera dilaksanakan mulai besok (hari ini). Distribusi vaksin dilakukan secara bertahap. Bila habis, kami dapat mengusulkan kembali,” tandasnya.

(rb/ayu/yor/mus/JPR)

 TOP