alexametrics
Rabu, 04 Aug 2021
radarbali
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Kandang Terbakar, Puluhan Ribu Bibit Ayam Boiler Hangus Terpanggang

Dipicu Tabung LPG Bocor,Pemilik Rugi Miliaran

06 Mei 2021, 21: 45: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

kandang ayam terbakar, bibit ayam hangus, ayam broiler, elpiji bocor, Polsek rendang, rugi miliaran,

Kondisi kandang yang hangus terbakar (Istimewa)

Share this      

AMLAPURA- Satu bangunan kandang berisi puluhan ribu bibit ayam boiler warga Banjar Dinas Abuan, Desa Rendang, Kecamatan Rendang hangus terbakar pada Kamis pagi (6/5).

Akibat kebakaran hebat tersebut membuat pemilik yakni I Putu Pertama, 50, mengalami kerugian miliaran rupiah.

Kapolsek Rendang, Kompola I Made Sudartawan saat dikonfirmasi menerangkan, peristiwa kebakaran kandang ayam milik I Putu Partama diketahui pertama kali sekitar pukul 03.00 WITA oleh pekerjanya Mohammad Yusuf.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Program ke Gerakan Koperasi Jembrana

Saat itu, Saksi Mohamad Yusuf baru saja bangun tidur dan bermaksud untuk mengecek ayam ternak jenis broiler yang baru berumur satu minggu.

Namun saat menuju kandang ia terkejut melihat api sudah menyalak hebat dan sudah melahap bangunan kandang berukuran 120x12 meter pada sisi sebelah utara kandang.

Mendapati api yang semakin membesar, Mohamad Yusuf langsung membangunkan teman-temannya dengan maksud untuk memadamkan api.

Namun karena api semakin membesar, Yusuf langsung menghubungi pemilik ayam sambil meminta bantuan kepada penduduk sekitar.

“Selanjutnya Yusuf ini menyuruh anaknya untuk melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Rendang dan dikordinasikan ke petugas Damkar,” kata Sudartawan.

Beberapa saat dari laporan itu, tepatnya pukul 05.00 tiga unit mobil pemadam milik Kabupaten Karangasem dibantu dua unit mobil pemadam milik Kabupaten Klungkung tiba di lokasi untuk memadamkan api yang masih menyalak.

Pemadaman saat itu juga dibantu masyarakat sekitar. “Api baru bisa dipadamkan sekita pukul 06.00 pagi,” kata Sudartawan.

Dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), kebakaran dipicuk kebocoran tabung gas LPG yang ada di dalam kandang. Akibatnya kandang beserta bibit ayam sebanyak 39 ribu ekor yang baru berusia beberapa hari hangus dilalap api.

“Dari peristiwa ini, pemilik mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp2 miliar,” tandasnya.

(rb/zul/pra/JPR)

 TOP