alexametrics
Minggu, 20 Jun 2021
radarbali
Home > Features
icon featured
Features

Olahraga Kardio Efektif Cegah Penyebaran Covid-19

06 Juni 2021, 02: 15: 59 WIB | editor : ali mustofa

olahraga kardio, penyebaran covid-19, pandemi covid-19

Ilustrasi (dok.jawapos.com)

Share this      

SEPERTI yang kita ketahui bumi kita sedang dilanda bencana virus yang menyerang manusia.

Virus tersebut bernama novel coronavirus (2019-nCoV) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Covid-19 yang muncul pertama kalinya di Kota Wuhan, China pada akhir tahun 2019.

Dunia medis mencatat bahwa virus Covid-19 ini sudah menyebar ke 190 negara di seluruh dunia.

Baca juga: Jalan Kabupaten Rusak, Minta Bupati Mahayastra Manfaatkan Dana PEN

Virus Covid-19 ini termasuk virus yang menyerang organ vital manusia yaitu jantung dan paru-paru.

Gejala umum yang dirasakan antara lain demam, batuk, pilek, dan sesak napas. Penularan virus ini dapat terjadi melalui kontak langsung dengan orang yang sudah

terinfeksi atau dapat menular melalui droplets atau tetesan saliva seseorang yang terinfeksi saat batuk atau bersin, atau melalui benda-benda yang telah tersentuh dengan penderita Covid-19.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk melawan virus Covid-19. Yaitu dengan cara menghentikan penyebaran virus tersebut dan menjaga daya tahan tubuh kita sendiri.

Untuk menghentikan penyebaran virus di lingkungan sekitar, kita harus rajin melakukan 3M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

Sedangkan untuk menjaga daya tahan tubuh dapat kita lakukan dengan makan makanan yang bergizi dan melakukan aktivitas olahraga ringan antara lain olahraga kardio ringan.

Olahraga kardio merupakan jenis olahraga yang dapat memicu detak jantung dan memompa darah lebih cepat.

Komponen kekebalan utama tubuh manusia terletak pada sirkulasi darah yaitu leukosit. Leukosit adalah sel darah putih yang berperan penting dalam membantu tubuh melawan infeksi atau penyakit lainnya.

Leukosit dapat ditingkatkan dengan olahraga kardio ringan, misalnya melakukan latihan fisik ringan, seperti olahraga ringan selama 30 menit lima kali seminggu, sehingga mampu mengaktifkan kerja leukosit.

Contoh olahraga kardio ringan seperti: lompat tali (jump rope), lari ditempat, gerakan jumpig jacks, mountain climbers, burpees, dan plank.

Contoh olahraga kardio lainnya dapat kita lihat di berbagai media sosial seperti Youtube, Instagram, dan lain sebagainya.

Kekebalan tubuh menurun merupakan salah satu penyebab tubuh mudah terinfeksi penyakit.

Olahraga atau latihan fisik yang disarankan untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah olahraga yang cukup dan tidak berlebihan.

Olahraga yang berlebihan, akan berakibat negatif karena menyebabkan imun menjadi tertekan atau terjadi penurunan fungsi imun.

Oleh karena itu, olahraga kardio ringan merupakan pilihan yang tepat sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19.

 

Mario Azriel I. C

Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

(rb/mus/mus/JPR)

 TOP