alexametrics
Kamis, 24 Jun 2021
radarbali
Home > Hiburan & Budaya
icon featured
Hiburan & Budaya

Tertunda 20 Tahun, Mr Botax Akhirnya Rilis Api Perjuangan Bung Karno

07 Juni 2021, 15: 17: 31 WIB | editor : Yoyo Raharyo

Mr Botax, rilis single, lagu baru, Api Perjuangan Bung Karno, Sukarno, tertunda 20 tahun,

Cuplikan di video klip lagu Api Perjuangan Bung Karno yang dirilis Mr Botax.   (IST)

Share this      

DENPASAR - Mr Botax akhirnya merilis single terbarunya. Bertepatan dengan hari lahir Bung Karno pada Senin (6/6/2021), Mr Botak merilis single terbaru bertajuk Api Perjuangan Bung Karno.

Lagu dan video klip lagu ini dirilis resmi di Gentleman Garage, Denpasar, Senin (6/6/2021) malam.

Kepada awak media, pria bernama asli Gede Lanang Darma Wiweka ini menerangkan, lagu Ini sejatinya telah dia ciptakan di tahun 2001 silam, sebelum dirinya bersama De Waba membentuk band Lolot.

Baca juga: Cok Ace Minta Pembukaan Pariwisata Mancanegara Tak Ditunda Lagi

"Lagu ini saya buat sebelum saya dan De Bawa membuat project Lolot," katanya keoada awak media di sela rilis lagu tersebut. 

Dijelaskannya, lagu ini memiliki makna yang mendalam bagi dirinya. Saat itu dia kerap melihat gambar Bung Karno di kamar kakeknya. Dari sana pria yang akrab disapa Lanang Botax ini mulai mencari tahu tentang sosok Bung Karno.

Didukung dengan profesi ayahnya yang saat itu sekrang guru sejarah, Lanang Botax mulai membaca tetnag Bung Karno dari buku-buku yang dimiliki sang ayah. 

"Saat saya SD, saya banyak membaca buku sejarah milik bapak saya yang juga guru sejarah. Dari sana saya mulai mengenal lebih banyak bagaimana sosok Bung Karno," imbuhnya. Lalu, saat mulai menulis lirik lagu itu tahun 2001, dia sempat ragu untuk serius menjadikannya sebuah lagu. 

Lalu, di tahun 2021, ide untuk membuat lagu itu jadi karya yang serius pun terbesit di benaknya. Lirik pada reefnya digubah kembali dari lirik aslinya yang dibuat pada tahun 2001. Sedangkan sekitar 80 persen sisanya masih lirik aslibyang ditulis pada tahun 2001.

"Dari liriknya masih asli sebanyak 80 persen. 20 persen sisanya pada reff saya ubah," tandasnya.

Dia pun berharap agar sekiranya lagu ini bisa menginspirasi anak muda untuk selalu menjiwai nilai-nilai kebangsaan yang diwariskan Bung Karno.

(rb/mar/yor/JPR)

 TOP