alexametrics
Senin, 21 Jun 2021
radarbali
Home > Sportainment
icon featured
Sportainment

Target Sabet Emas di PON Papua, TI Bali Gelar Try Out Tingkat Nasional

07 Juni 2021, 19: 45: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

Pengprov TI Bali, Taekwondo Indonesia, PON XX Papua, Tryout nasional, KONI Bali, target emas, atlet taekwondo, PBTI,

Suasana pelaksanaan try out tingkat nasional di GOR Purna Krida, Kerobokan Kabupaten Badung, Bali, 5-6 Juni 2021 (Humas TI Bali for Radar Bali)

Share this      

DENPASAR-Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) Bali memastikan akan ambil bagian di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Bahkan, di ajang pesta olahraga nasional yang digelar empat tahun sekali, Pengprov TI membidik capaian tinggi dengan bisa meraih medali emas.

Seperti disampaikan Ketua Pengprov TI Bali, Anak Agung Suryawan Wiranatha, Senin (7/6).

Baca juga: Menko Airlangga Optimistis Ekonomi Tumbuh 7-8 Persen pada Kuartal II

Kata AA Suryawan, meski di ajang PON sebelumnya, pihak TI Bali belum pernah menorahkan medali emas. Namun, target capaian itu merupakan target realistis.

Dikatakannya, berdasarkan peta kekuatan atlet yang dimiliki Pengprov TI Bali saat ini, optimism capaian target, karena TI Bali memiliki atlet taekwondo yang sedang bergabung dalam Pelatnas Sea Games.

Untuk itu, guna memastikan target medali emas di PON Papua XX Tahun 2021, kata AA Suryawan, Pengprov TI Bali selain berencana mematangkan atlet dalam program Pelatda Jangka Panjang (PJP) Bali. TI Bali juga telah melaksanakan try out tingkat nasional untuk mendongkrak kemampuan atlet.

“Kami juga telah melaksanakan try out tingkat nasional di GOR Purna Krida, Kerobokan Kabupaten Badung, Bali sejak tanggal 5-6 Juni,”tandas AA Suryawan.

Try out Taekwondo tingkat Nasional yang digelar di tengah pandemi Covid 19 ini menerapkan Protokol Kesehatan yang sangat ketat dengan melaksakan wajib rapid tes bagi seluruh peserta baik atlet maupun official.

Try out selama dua hari dan langsung dihadiri Ketua Umum PBTI Letjen TNI (Pur) Marzuki Thamrin, tersebut diikuti 13 Provinsi, termasuk Provinsi Papua sebagai tuan rumah PON XX tahun 2021.

“Try out ini selain bisa meningkatkan pengalaman bertanding dengan tim lain peserta PON XX, juga sekaligus sebagai evaluasi kemampuan atlet hasil pelatda selama setahun ini.

Kalau berkutat pada kejuaraan di Bali saja, nilai kompetisinya masih kalah dibanding kalau kita mendatang tim-tim yang notabene atlet-atlet terbaik yang akan bertanding di PON XX Papua,” terang Agung Suryawan.

Agung Suryawan menambahkan, dengan pelaksanaan try out nasional ini, diharapkan para taekwondoin Bali bisa meningkatkan level kemampuannya sehingga setara dengan atlet-atlet di tingkat Nasional.

“Hal itu penting karena kompetisi di PON sangatlah ketat. Sehingga dengan begitu, kami yakin kemampuan atlet Bali juga ikut terdongkrak,”tegas Suryawan.

Terakhir, imbuh AA Suryawan, selain tray out tingkat nasional, sebagai upaya pembinaan, Pengprov TI juga secara internal terus meningkatan kemampuan atlet dan sumber daya manusia (SDM) taekwondo di lingkungan Pengprov Bali.

“Program kerja dan pembinaan tambahan itu mulai dari ujian kenaikan tingkat, penataran bagi pelatih, wasit dan juri, serta aktif di setiap kejuaraan atau try out seperti saat ini. Tujuannya tentu karena kami ingin menghasilkan medali emas di PON XX nanti,” tukasnya. 

(rb/pra/pra/JPR)

 TOP