alexametrics
Sabtu, 31 Jul 2021
radarbali
Home > Hiburan & Budaya
icon featured
Hiburan & Budaya

Pesta Kesenian Bali Terdampak PPKM Darurat, Jadi Online, Stan Ditutup

05 Juli 2021, 13: 15: 59 WIB | editor : Yoyo Raharyo

PPKM Darurat, Pesta Kesenian Bali, PKB, dialihkan online, stan ditutup,

Gong Kebyar Wanita (GKW) Sida Gita Karya, Desa Sidakarya Duta Kota Denpasar saat pengambilan gambar untuk gelaran PKB 2021. (ADRIAN SUWANTO/ RADAR BALI)

Share this      

DENPASAR -  PPKM Darurat menyebabkan banyak tempat ditutup. Bahkan, agenda tahunan yang diselenggarakan tahun ini, Pesta Kesenian Bali (PKB) yang sedang berlangsung ikut kena imbasnya.

Kegiatan tahunan yang digelar secara daring dan luring dari Taman Budaya Art Centre, Denpasar ditutup selama PPKM Darurat yang berlangsung pada 3 Juli hingga 20 Juli. Sementara penutupan PKB yang diagendakan pada 10 Juli ini juga akan digelar penuh secara daring, dan ditutup oleh Gubernur Bali, Wayan Koster. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Gede Arya Sugiartha. Dia menjelaskan, pihaknya telah menutup aktivitas yang ada di Taman Budaya, Art Centre, Denpasar pada hari pertama penerapan PPKM Daruat, Sabtu kemarin.

Baca juga: Jadi Pro-Kontra Warga, Investasi TPS di Desa Bhuana Giri Capai Rp50 M

Sebab sebelum PPKM itu diterapkan, beberapa UMKM masih ada yang membuka stand pameran di areal Gedung Ksiarnawa.

"Pameran sudah tutup kemarin, pertunjukan sudah pindah semua ke virtual," jelasnya saat dikonfirmasi, Minggu (4/7).

Meski PKB masih akan berlangsung selama delapan hari ke depan, mantan Rektor ISI Denpasar ini mengaku tidak ada agenda yang tertunda ataupun dibatalkan dari penerapan PPKM Darurat tersebut. Sebab semua pertunjukan semuanya telah melalui virtual yang sebelumnya dilakukan perekaman.  

Hanya saja beberapa stan pameran yang ada di areal Gedung Ksiarnawa ditutup lebih awal sebelum penutupan PKB digelar.

"Kegiatan tidak ada yang ditunda, semua jalan pertunjukan dari media yutube Disbud Provinsi Bali. Pameran-pameran sudah kami tutup juga, gak ada kegiatan di taman budaya, memang sudah kami tutup sejak kemarin," tegasnya. 

Sementara disinggung dengan penutupan PKB yang akan dilangsungkan pada 10 Juli, Sugiartha menjelaskan akan ditutup oleh Gubernur Bali, secara virtual penuh. Baik dalam memberikan sambutan, pementasan, hingga undangan terkait dalam penutupan.

"Pak Gubernur yang menutup, Gubernur berpidato dari Jaya Sabha, sedangkan pertunjukan sudah melalui perekaman, sudah disetting," tandas Arya.

(rb/feb/yor/JPR)

 TOP