alexametrics
Minggu, 26 Sep 2021
radarbali
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Salah Jalur, Dua Pendaki Gunung Batur Terpeleset ke Jurang

Selamat Setelah Teriakan Didengar Warga

31 Juli 2021, 23: 15: 59 WIB | editor : Didiek Dwi Praptono

pendaki terpeleset, pendaki gunung batur, jatuh ke jurang, Basarnas, BPBD,

Para pendaki Gunung Batur usai diselamatkan tim rescue (Istimewa)

Share this      

BANGLI– Dua pendaki Gunung Batur, di Kecamatan Kintamani, nyaris celaka.

Kedua pendaki yang berangkat Jumat malam (30/7) terpeleset ke jurang dengan kedalaman kurang lebih 15 meter. Kedua korban berhasil diselamatkan, namun satu korban mengalami luka lecet.

Menurut Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar, Agus Sutapa, dua pendaki diantaranya, I Made Yoga, 29, beralamat di Jalan Badak Agung, Renon, Kecamatan Denpasar Timur.

Baca juga: Usulkan 55 Ribu Lebih, Pusat Hanya Setujui 28.307 Penerima BPUM

Sedangkan korban kedua, Michael, 25, berasal dari Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

“Korban Yoga dalam keadaan selamat dan korban Michael keadaan mengalami lecet pada kaki dan punggung,” ujar Agus Sutapa, Sabtu (31/7).

Lebih lanjut, Agus menambahkan, berdasarkan pengakuan korban, mereka awalnya hendak melakukan pendakian Gunung Batur pada Jumat (30/7) bersama empat orang.

Namun dua temannya mendadak batal. Sehingga hanya dua orang yang naik ke gunung.

“Korban mulai melakukan pendakian sekitar pukul 22.00, tanpa pemandu. Mereka naik dari Pura Pucak Pasar Agung Batur, sekitar pukul 24.00,” jelasnya.

Selanjutnya, menjelang dekat kawah gunung, korban salah jalur.

“Dan tanpa disangka terpeleset ke jurang sedalam 15 meter. Situasinya, medan penuh bebatuan dan suasana gelap,” terang Agus.

Beruntung, meski sempat terpeleset ke jurang, Korban berhasil diselamatkan berkat teriakan korban terdengar oleh warga lokal setempat.

“Baru tadi pagi (Sabtu, 31 Juli, red) seorang warga lokal, saksi yang kebetulan ada di lokasi mendengar teriakan korban,” jelasnya.

Selanjutnya, setelah mendengar teriakan, warga kemudian memberikan pesan berantai untuk minta pertolongan ke Tim Rescue.

Kemudian, tim gabungan yang mendengar informasi ada korban minta tolong langsung meluncur ke lokasi kejadian.

Tim yang terdiri dari Basarnas Denpasar, BPBD Bangli, Polsek Kintamani, Koramil Kintamani, serta pemandu lokal langsung melakukan peyusuran ke jalur pendakian.

“Baru berhasil  mengangkat korban dari dasar jurang sekitar dua jam. Dari pukul 11.00, sampai dengar pukul 13.00,” jelasnya.

Korban berhasil diselamatkan. Namun korban Michael mengalami luka lecet di sejumlah badannya. “Korban diarahkan ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis,” pungkas Agus. 

(rb/dra/pra/JPR)

 TOP